by Dirk Biotto – Industrial Design

9 Ide Brilian untuk Buat Dapur Makin Cantik, Fungsional, dan Elegan

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Ketimbang ruangan lain di rumah, bisa dibilang, dapur menjadi tempat di mana anggota keluarga paling sering berkumpul. Ini sebabnya, selain fungsional, dapur juga perlu ditata dengan apik agar dapat memberikan kenyamanan tersendiri. Nah, untuk mengubah dapur menjadi ruang yang indah, nyaman, dan luas, tentu diperlukan usaha dan kreativitas. Anda perlu menyatukan keanggunan, estetika, dan kepraktisan sekaligus supaya dapur terlihat sempurna. Jika tidak, ruangan yang satu ini bisa tampak mengerikan, lho!

Lewat Buku Ide berikut, hari ini Homify akan memberikan 9 ide bagus yang bisa Anda terapkan untuk dapur Anda. Yuk, amati dengan saksama agar Anda dapat mengubah tampilan dapur di rumah menjadi semakin cantik dan modern! Berikut selengkapnya:

1. Panggangan yang Stylish

country Kitchen by Küchen Quelle
Küchen Quelle

Siemens Domino-Kochstelle

Küchen Quelle

Memiliki panggangan sendiri untuk menyiapkan makanan favorit tiap anggota keluarga di rumah adalah hal yang bagus. Nah, tak sekadar membantu Anda membuat makanan favorit, panggangan stylish seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas juga membantu membuat dapur tampak makin modern dan berkelas!

2. Rak Gantung untuk Bumbu

 Kitchen by nordprodukt.de
nordprodukt.de

Bill, Steckregal

nordprodukt.de

Supaya meja dapur tidak terlalu penuh, hindari meletakkan semua bumbu di atas meja. Beberapa bumbu dapur dapat Anda masukkan ke dalam stoples-stoples kecil, kemudian letakkan pada rak gantung khusus bumbu, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Ide yang brilliant, bukan?

​3. Laci Khusus Perlengkapan Dapur

Umumnya, laci yang terdapat pada meja dapur tidak memiliki kompartemen kecil di dalamnya. Nah, supaya ruang dapur Anda lebih rapi dan menawan, buatlah kompartemen-kompartemen kecil di dalam laci dapur Anda. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Letakkan peralatan-peralatan kecil seperti piring, garpu, dan pisau makan di dalam laci penyimpanan dengan rapi. 

Dengan trik sederhana ini, dapur pun terkesan lebih lega dan tidak berantakan, ya.

4. Laci Piring Tersembunyi

modern Kitchen by DESIGNWERK Christl
DESIGNWERK Christl

Safer. Plates. – Stapelordnung

DESIGNWERK Christl

Seperti halnya sendok, garpu, pisau makan, gunting, dan peralatan kecil lain, piring juga bisa Anda letakkan pada laci piring tersembunyi. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Tak hanya membuat dapur terlihat lebih lapang dan estetis, trik ini juga membantu Anda menjaga tampilan piring tetap bagus dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Gantungan untuk Sodet dan Peralatan Masak Sejenis

Tak melulu menyembunyikan peralatan dapur di dalam laci, Anda juga bisa kok menggantungnya. Lagipula, beberapa peralatan dapur, seperti sodet, memang lebih efisien disimpan dengan cara digantung.

Nah, gambar di atas adalah contoh gantungan elegan untuk perkakas dapur Anda. Jadi, meski digantung di dinding, peralatan dapur tetap rapi dan tidak mengganggu estetika dapur, kan? Setuju?

​6. Parutan Praktis

Bila Anda penyuka salad dan sering membuat sendiri makanan sehat ini di rumah, ide berikut layak Anda praktikkan. Rancanglah sebuah parutan yang menyatu langsung dengan meja di dapur Anda. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. 

Saat hendak memarut apa pun, Anda cukup melakukannya di atas meja dapur Anda secara langsung. Selanjutnya, semua hasil parutan dapat Anda ambil di “laci” bawah. Tak hanya membuat kegiatan parut-memarut menjadi lebih praktis, ide ini juga membuat dapur Anda tetap bersih dari sampah sisa parutan kan?

O iya, setiap sehabis membuat salad, segera bersihkan kembali area parutan di atas meja dapur Anda, ya. Dengan begini, dapur pun senantiasa bersih.

​7. Lemari Sudut dengan Kapasitas Ekstra

modern Kitchen by Alaris London Ltd
Alaris London Ltd

Happiest when the skies are blue

Alaris London Ltd

Optimalkan pemanfaatan space di sudut ruang dapur Anda dengan menempatkan sebuah lemari berkapasitas ekstra. Meski sudut ruang dapur sempit, lemari yang Anda tempatkan di sana bisa kok tetap memiliki kapasitas ekstra. Triknya, pilihlah lemari yang didesain berbeda. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Dengan “rak-rak” yang bisa ditarik keluar, pemanfaatan space pada lemari kecil ini jadi bisa lebih optimal.

8. Pilih Material yang Mudah Dibersihkan

Supaya dapur selalu terlihat bersih dan menawan, ingat untuk memastikan semua perlengkapan dan peralatan di dalamnya terbuat dari material yang mudah dibersihkan. Misalnya, untuk kap lampu dapur, Anda bisa memilih bahan stainless. Sebab, di samping memiliki tampilan yang elegan, bahan ini juga terbilang cukup mudah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain yang agak basah, dan dalam seketika, kap lampu dapur pun kembali bagus seperti baru.

9. Meja yang Dapat Di-Expand

 Dapur by Schmidt Palmers Green
Schmidt Palmers Green

NEW! 2015 Kitchen: PORTLAND + ARCOS

Schmidt Palmers Green

Mengingat sewaktu-waktu Anda dan keluarga bisa saja membutuhkan meja dapur yang lebih luas, pertimbangkan untuk memilih meja yang bisa di-expand, ya. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Saat membutuhkan meja yang lebih luas, Anda cukup membentangkan sisi meja yang bisa di-expand. Sebaliknya, saat membutuhkan meja yang standar, sisi yang bisa di-expand tidak perlu dibentangkan.

Nah, itulah 9 ide brilliant yang bisa diterapkan pada dapur Anda untuk membuatnya terlihat lebih stylish dan modern. Dari kesembilan ide tadi, mana yang akan Anda terapkan terlebih dulu?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!