by Nestho studio

Renovasi Rumah Tua: Perbaikan Tata Ruang yang Ideal!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Jika Anda memiliki rumah seluas 826 meter persegi, desain seperti apa yang Anda inginkan? Di Taichung, terdapat kasus serupa di mana pemilik rumah ingin menciptakan area rumah yang transparan namun tetap terjaga privasi serta kesan utama dan nomor dua di area-area dalam rumah.

Setelah berdiskusi, desainernya memutuskan untuk menjadikan lantai satu dalam rumah ini sebagai area penerimaan tamu, dan lantai dua sebagai area pribadi dengan komposisi dual ruangan. Rumah ini sudah berusia 33 tahun, sehingga transformasi dan perubahan dibutuhkan untuk mencapai relaksasi fisik dan mental dalam prosesnya. 

Desainernya menyatakan bahwa perubahan akan disesuaikan dengan pilihan favorit pemiliknya, yaitu desain modern yang sederhana dan apa adanya. Warnanya pun akan ada di seputar warna putih dan pencahayaan lainnya, sehingga ruangannya tetap memiliki penetrasi yang terang dan alami.

Layout rumah sendiri mengalami perubahan, antara lain:

1. Sebelum transformasi: ruangan kuno

2. Sebelum transformasi: kosong

Bentuk awal rumah ini berada dalam kondisi yang tidak baik, meskipun besar namun sangat gelap dan tua.

3. Setelah transformasi: jalan masuk

Setelah transformasi, Anda dapat melihat adanya jalan masuk yang terlihat dari keseluruhan kaca pudar, begitu juga area jalur masuk dan bantuan modeling warna putih yang sederhana, melalui cahaya yang menuntun ke ruangan selanjutnya.

4. Setelah transformasi: jalan masuk indoor

  by Nestho studio
Nestho studio

室內入口

Nestho studio

Pemilik rumah mengekspresikan keinginan untuk menjadikan lantai satu sebagai ruang penyambut tamu, sehingga desainnya menjadi seperti ini.

Anda dapat melihat adanya area jalan masuk indoor yang lebih tinggi, yang secara bertahap meluas, seolah tiba-tiba berubah di bagian dalamnya.

5. Setelah transformasi: jalan masuk indoor

  by Nestho studio
Nestho studio

室內入口

Nestho studio

Melalui warna alami bumi dan integrasi berbagai macam bahan bangunan, perubahan ruangan diwujudkan.

6. Setelah transformasi: area ramah tamah

  by Nestho studio
Nestho studio

待客區

Nestho studio

Desainer menjadikan lantai pertama lebih luas dengan menghilangkan kompartemen original.

Bagian kiri ruangan menggunakan dinding batu berwarna krem dan warna yang sama dengan ubin kayunya tanpa partisi fisik, yang menjadikannya area ramah tamah.

7. Setelah transformasi: perencanaan area penerimaan

  by Nestho studio
Nestho studio

待客區

Nestho studio

Dari bingkai geometrik berbahan marbel krem hingga ke area yang didominasi warna putih, terdapat kesan segar di area ini.

8. Ruang tamu

Ruang tamu utama sengaja dibuat dengan desain kosong untuk membuatnya lebih terbuka, dengan kepala kayu dari bahan kaca, dan melalui lantai dua ruangan, secara langsung memberikan kesan keindahan alami.

9. Ruang tamu

Menyisir garis yang lembut, harmonis dalam kesan keseluruhannya, untuk menciptakan tempat bermukim yang tenang dan rileks.

10. Dapur

Area penyambut tamu juga memiliki dapur yang cukup besar dan terbuka dari luar, jika Anda ingin mengadakan jamuan makan. Anda akan memiliki cukup ruangan untuk mempersiapkan makanan.

11. Restoran: penggunaan lampu gantung khusus

12. Restoran: dengan restoran terbuka, dikelilingi oleh langit-langit geometrik yang tidak beraturan dan kabinet kayu gelap, menunjukkan tingkatan yang berbeda

Area indoor menggunakan hingga 50 jenis bahan bangunan, dan bagaimana cara mengkoordinasi dan mengintegrasikannya satu sama lain tanpa membuatnya terkesan berantakan merupakan tantangan bagi desainernya.

13. Area rekreasi

  by Nestho studio
Nestho studio

休閒區

Nestho studio

Area bersantai di atap dan di area miring serta pada lantainya yang menggunakan bahan bertekstur berwarna coklat keabu-abuan menunjukkan sisi kalem.

14. Area rekreasi

  by Nestho studio
Nestho studio

休閒區

Nestho studio

Areanya secara keseluruhan memiliki warna-warni yang kaya dan lampu gantung bundar, saling bersangkut paut dan berputar untuk menciptakan atmosfer yang hidup.

15. Area rekreasi

  by Nestho studio
Nestho studio

休閒區

Nestho studio

Ditempatkan pada desain mendasar dengan permukaan yang menonjolkan struktur ruangan.

16. Area bersantai: kursi berbentuk melingkar telah menjadi bagian dari pemandangan

17. Kolam renang

  by Nestho studio
Nestho studio

游泳池

Nestho studio

Di bagian luar yang nampak dari jendela adalah kolam renang sederhana nan luas, dengan bentuk geometris baja dan warna area dalam rumah yang seragam dan kompak.

18. Kolam renang dari sudut pandang lain

  by Nestho studio
Nestho studio

游泳池

Nestho studio

Terdapat pula kolam renang berukuran lebih kecil dengan level suhu yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

19. Langit-langit kolam renang dengan pencahayaan minimalis

  by Nestho studio
Nestho studio

游泳池

Nestho studio

20. Area bersantai kolam renang

  by Nestho studio
Nestho studio

游泳池休息區

Nestho studio

Terdapat pengaturan dari areanya, kesinambungannya, integrasi dan perbedaan antara halus dan jelas yang menciptakan atmosfer elegan.

21. Kolam renang dengan toilet umum yang desainnya seragam

22. Jalan masuk ke lantai dua

  by Nestho studio

Untuk mempertahankan desain orisinil dari lantai dua, sekaligus membuat konsep tempat tinggal tetap privat dan aman sehingga berbagai area nyaman dengan fungsi yang berbeda-beda, dibutuhkan perencanaan yang sesuai.

23. Bar

Penggunaan bahan yang bersifat reflektif dan tidak reflektif, tekstur biasa dan tekstur yang kasar, menonjolnya warna, berpadu di area ini.

24. Kabinet penyimpanannya dapat dibongkar dan dipersatukan menjadi sebuah tampilan depan.

  by Nestho studio
Nestho studio

收納櫃

Nestho studio

25. Ruang tamu

  by Nestho studio
Nestho studio

起居間

Nestho studio

Melangkahlah pada anak tangga pendek, di ruang tamu dengan bingkai kayu krem yang cerah, dengan platform kayu lebar yang cukup untuk menampung anggota keluarga dan aktivitasnya.

26. Ruang tamu

  by Nestho studio
Nestho studio

起居間

Nestho studio

Sofa berwarna kehijauan nampak seperti dipasang di sana, nyaman dan mengundang.

27. Berbagai ruangan: area yang lebar dapat diikutsertakan dalam area pemandangan

Di dalam strukturnya ditempatkan tanaman, dan dipilih sumber cahaya LED berwarna dan menurut warna ruangan dan teksturnya untuk menyesuaikan suhu warna dan jenis warnanya.

28. Berbagai ruangan: lemari penyimpanan yang terbuka dan tertutup, menurut akses yang lebih nyaman.

29. Berbagai ruangan: Dinding marbel dengan tekstur yang ditonjolkan

30. Ruangan: perencanaan ruangan untuk banyak orang

31. Sudut meja

  by Nestho studio
Nestho studio

書桌一角

Nestho studio

32. Balkon

Balkon terbuka seluas 7 meter merupakan bagian dominan dari rumah ini, yang menjadi tanda pengenal terhadap pemandangan indoor, matahari serta menjadi area pertukaran udara dan pengatur ventilasi. 

Di rumah ini, area terbukanya jelas mewakili pola transparan dengan tekstur, warna dan garis bayangan serta lapisan garis-garis geometris, melengkapi pemandangan paling harmonis dari rumah ini, atmosfer yang murni dan kalem bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat.

Terdapat banyak jenis bunga dan tanaman sebagai elemen dekorasi pada teras, dan elemen ini dapat menjadi kunci desain dan prinsip yang memimpin kesan area outdoor ini. Anda dapat menggunakan pot-pot warna-warni dan menggantungnya di dinding teras atau di atas permukaan lantai teras. Direkomendasikan bagi Anda untuk memilih spesies tumbuhan yang mudah dirawat dan tepat untuk kondisi iklim tempat tinggal Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!