Ruang Makan by Bruno Sgrillo Arquitetura

14 Ide Paling Berguna untuk Mendekorasi Rumah Mungil Anda

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Harus diakui, terkadang, mendekorasi rumah mungil bukanlah perkara mudah. Namun, bukan berarti hal ini tak mungkin dilakukan. Dalam Buku Ide kali ini, Homify akan menunjukkan pada Anda beragam tips-trik yang ekonomis, simpel, dan praktis untuk mendekorasi rumah mungil, agar setiap ruang di dalamnya jadi semakin menawan. Yuk, simak!

1. Satukan Ruangan

Menyatukan ruang yang satu dan yang lainnya adalah ide pertama yang bisa Anda coba dalam mendekorasi rumah mungil. Ya, dengan meniadakan dinding pembatas antar ruang, ruangan di rumah akan tampak lebih lega dan nyaman.

2. Berikan Cat Berwarna Terang

Pilih warna-warna cerah untuk cat dinding Anda. Warna cerah hampir tak pernah gagal menghadirkan ilusi lega pada ruangan, lho!

​3. Biarkan Sinar Matahari Turut Menerangi Rumah

 Ruang Makan by Bruno Sgrillo Arquitetura
Bruno Sgrillo Arquitetura

Integração com a Sala de Estar

Bruno Sgrillo Arquitetura

Jangan hanya mengandalkan lampu sebagai sumber cahaya! Manfaatkan pula sinar alami dari matahari sebagai penerang rumah Anda. Oleh sebab itu, ingat untuk menempatkan jendela pada salah satu sisi dinding rumah saat merancangnya, ya.

Di samping dapat membuat sirkulasi udara di rumah semakin lancar, keberadaan jendela dengan ukuran standar akan memudahkan cahaya matahari menerangi rumah Anda.

4. Pisah Ruangan dengan Trik yang Inovatif

Untuk beberapa alasan tertentu, terkadang kita ingin memberikan batas yang jelas antar ruang yang satu dengan yang lain. Nah, alih-alih memisahkan ruang yang satu dengan yang lain menggunakan tembok, Anda bisa mencoba trik di atas.

Dengan menjadikan furnitur sebagai pembatas, ruang yang satu dengan yang lain berhasil terpisah dengan baik, tanpa membuat rumah terlihat jadi sempit. Setuju?

5. Bermain dengan Padu-padan Warna yang Serasi

Berikutnya, bermainlah dengan padu-padan warna yang serasi. Contohnya seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.  Dengan padu-padan warna yang serasi, ruangan jadi terlihat lebih cantik dan nyaman ditempati meski ukurannya tidak terlalu luas.

6. Pilih Perabotan Berukuran Mini

Semakin dipenuhi perabotan, ruangan akan terlihat semakin sempit. Oleh sebab itu, minimalkan penempatan perabotan di dalam ruangan, ya. Anda juga disarankan untuk memilih perabotan berukuran mini agar ruangan tidak terlihat penuh dan berantakan.

7. Perhatikan Bentuk Furnitur Pengisi Ruangan

Tahukah Anda? Bentuk furnitur yang tepat dapat membuat ruangan terkesan lebih lega, lho! Jadi, perhatikan bentuk furnitur dengan baik sebelum membelinya, ya.

Untuk ruang dapur, furnitur berbentuk huruf ‘L’ seperti gambar di atas akan membantu memaksimalkan tiap inchi ruang di dapur Anda.

8. Beri Sentuhan Elemen Kayu

 Dapur by homify

Boleh dibilang, kayu hampir tak pernah gagal menyempurnakan ruang dapur. Oleh sebab itu, coba untuk memilih furnitur dengan sentuhan elemen kayu, atau gunakan elemen kayu untuk melapisi furnitur lama di dapur Anda agar terlihat kembali baru.

9. Pilih Furnitur Berdesain Sederhana

 Ruang Keluarga by Kali Arquitetura
Kali Arquitetura

SDV | Estar

Kali Arquitetura

Dengan ukurannya yang mungil, rumah Anda memerlukan furnitur berdesain sederhana sebagai pelengkapnya. Furnitur dengan desain sederhana dianggap lebih cocok, karena tidak akan membuat rumah terkesan penuh dan sempit.

10. Perhatikan Interior Design Kamar Mandi

 Kamar Mandi by Marion Rocher
Marion Rocher

Salle de bain

Marion Rocher

Akali kamar mandi mungil Anda dengan pencahayaan, furnitur, dan dekorasi yang tepat agar terkesan lebih lega. Dekorasi pada ruang kamar mandi di atas adalah contoh sempurna untuk ditiru!

11. Akali Ruang Penyimpanan dengan Cerdas

 Kamar Mandi by Cris Nunes Arquiteta
Cris Nunes Arquiteta

Lavabo e banheiros, Maceió AL

Cris Nunes Arquiteta

Dengan memiliki ruang penyimpanan yang tepat, Anda bisa menghemat penggunaan ruang di rumah mungil Anda, sehingga rumah tampak lebih lega. Jadi, ayo, manfaatkan rak kecil ramping seperti gambar di atas!

12. Ubah Warna Dinding Kamar

Bila sebelumnya warna dinding kamar Anda bukanlah warna cerah, ubahlah dengan warna yang cerah dan tenang. Warna-warna seperti putih, krem, dan putih gading bisa menjadi pilihan.

Selain menghadirkan atmosfir baru pada ruang kamar Anda, warna-warna cerah dan tenang itu juga sekaligus membuat kamar tampak lebih lega, lho!

13. Pilih Warna Ranjang yang Tepat

Bila Anda tak ingin mengganti warna dinding kamar, Anda masih punya opsi lainnya, kok! Opsi lainnya yaitu gantilah warna ranjang pada kamar Anda. Pilihlah warna yang cerah dan lembut. Voila! ruang kamar Anda pun dapat tampak lebih luas seketika.

14. Pilih Ranjang Berdesain Fungsional untuk si Kecil

Terakhir, pilihlah ranjang dengan desain fungsional untuk si Kecil. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Dengan model ranjang yang fungsional ini, kakak dan Adik dapat tetap tidur nyaman, meski harus berada dalam satu kamar.

Nah, itulah 14 ide paling berguna untuk mendekorasi rumah mungil Anda. Ide brilian untuk mendekorasi ruangan lainnya, dapat Anda temukan pada link berikut.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!