Kamar Tidur by archstudiodesign

12 Desain Dinding Pembatas Ruangan Unik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Gaya interior terkini cenderung menciptakan ruang lapang dengan cara menggabungkan beberapa ruangan sekaligus. Bagaimanapun, ketiadaan pembatas di dalam rumah kadang membuat kita kurang nyaman. Kebutuhan akan privasi, memaksimalkan fungsi area, atau sekedar meningkatkan nilai visual interior adalah beberapa alasan mengapa kita masih membutuhkan dinding pemisah. 

Kebutuhan ini pun memunculkan keragu-raguan. Apa yang harus pertama kali dilakukan? Bagaimana membuat dinding pemisah yang tidak berlebihan, membuat interior rumah terlihat sempit, atau merusak keserasian gaya interior? 

Jangan khawatir. homify selalu siap membantu Anda dengan ide-ide segar, inovatif, dan inspiratif untuk mendesain rumah atau merenovasi rumah Anda. Mari simak 12 desain dinding pemisah unik dari para ahli kami. 

1. Dinding kering (drywall) atau papan gipsum

Kita mulai dengan ide paling mudah dan sederhana, yaitu dinding kering (papan gipsum). Ketika Anda telah bosan dengan gaya interior open plan, solusi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruangan. Papan gipsum mudah diaplikasikan dan dipindahkan. Konstruksi kering dan tekstur ringan papan gipsum membuatnya bisa digeser ke area lain tanpa banyak meninggalkan bekas bongkaran. 

Papan gipsum pada contoh ini tidak lebar, sesuai dengan fungsinya sebagai penyekat ruangan. Di sini papan gipsum juga berperan sebagai tempat untuk meletakkan hiasan dinding. Furnitur antik menambah fungsi dinding menjadi semacam sudut khusus di ruangan ini. 

2. Sekat alami

Struktur ini memang luar biasa bukan? Sebuah cara cerdas untuk memisahkan area toilet dan wastafel tanpa menghalangi cahaya dan menyempitkan ruang gerak. Dahan-dahan kayu alami yang meliuk menjadi sentuhan alami di ruang pribadi untuk membersihkan diri. Sebuah sekat alami dengan celah-celah yang bisa dipindahkan atau dibiarkan menetap, sekaligus solusi atraktif untuk memisahkan dua area dengan dua fungsi berbeda. 

3. Dinding yang tidak utuh

Pada dasarnya, ide dinding penyekat ini hampir sama dengan papan gipsum. Bedanya, pada contoh ini dinding penyekat tidak menyentuh langit-langit ruangan. Cara ini membuat ruangan tidak benar-benar terpisah, sehingga dimensi dan keluasan ruangan tetap terasa tanpa mengabaikan kebutuhan akan privasi di sekitar tempat tidur. 

4. Tirai

Tirai adalah solusi penyekat ruang dari kakek nenek yang telah ditinggalkan sebagian besar orang. Namun contoh ini membuat kita menyadari betapa sempurnanya tirai sebagai pemisah ruangan yang mewah dan tak kentara. Saat digunakan tirai bisa diikat dan menjadi penghias ruangan. 

5. Pintu geser

Pintu geser adalah ide partisi yang tepat guna, khususnya ketika area interior tidak terlalu luas. Kamar tidur, dapur, dan ruang tamu di rumah kecil bisa dipisahkan satu sama lain dengan pintu geser agar rumah tidak terasa sempit. Bisa dibuka ketika kita menginginkannya, bisa juga ditutup saat kita memerlukan privasi. Namun pintu geser bisa sempurna di mana saja, bukan hanya di rumah kecil. 

6. Plafon gantung

Cara lain untuk memisahkan ruangan adalah membuat ketinggian dan pencahayaan berbeda di langit-langit. Di sini kita bisa melihat plafon gantung membuat langit-langit dapur tampak lebih rendah dari langit-langit ruang tamu ruang tamu. Bila dapur diterangi oleh cahaya langsung, sumber cahaya di ruang tamu adalah lampu tersembunyi di dalam plafon gantung. 

7. Rak buku

Memanfaatkan rak buku sebagai pemisah ruangan adalah ide yang tak kalah cemerlang. Cahaya bisa menembus di sela-selanya, tapi rak buku juga melindungi kita dari cahaya yang menyilaukan. Dua area menjadi terpisah tapi masih berkaitan, mengingat masih adanya kontak visual antara dua area itu. Namun nilai lebih terletak pada bentuk rak buku. Siapa bilang rak buku harus tegak lurus. Rak buku dengan bentuk melengkung bisa menciptakan efek fantastis dan menambah nilai visual. Area di dalam sisi melengkung bisa berfungsi sebagai ruang baca, sementara area di luarnya bisa berfungsi sebagai ruang tamu atau ruangan lainnya. 

8. Tangga

Lihat bagaimana tangga kayu sempurna ini dirancang agar memiliki tiga fungsi sekaligus. Antara lain sebagai penghubung lantai atas dan lantai bawah, tempat penyimpanan, dan pemisah antara ruang tamu dan dapur. Tertarik mencobanya? 

9. Balok vertikal

Penyekat ruang dalam gambar ini adalah balok-balok berwarna abu-abu yang dipasang tegak lurus hingga menyentuh langit-langit dengan jarak tertentu satu sama lain. Cahaya tidak akan terhalang, demikian juga kontak visual. Dengan cara ini upaya menjaga privasi tak akan mencederai interior open plan. 

10. Dinding kaca

Memang ide ini tidak lazim, tapi tampak sempurna di apartemen kecil ini. Dua pintu kaca geser akan membentuk dinding kaca yang mengelilingi tempat tidur. Bila tirai dibuka, dinding kaca akan hampir tidak tampak dan atmosfer keterbukaan memenuhi ruangan. Suasana nyaman dan intim akan mengental ketika tirai ditutup. 

11. Kaca buram dan kayu

Rumah Tinggal Bpk Beni:  Ruang Keluarga by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk Beni

samma design

Sama seperti beberapa contoh lain dalam buku ide ini, kita mungkin tak bisa menemukan sekat ini di pasaran. Konsep sekat ini adalah gabungan dari kontak visual langsung dan tidak langsung dari sela-sela bidang kayu. Cocok juga sebagai dekorasi rumah kecil atau apartemen kecil yang tak memiliki banyak ruang untuk dekorasi detil.   

12. Cermin

Pembatas ruangan fenomenal ini terbentuk dari sebuah cermin besar yang dihiasi sederetan struktur segi empat di atasnya. Dinding pemisah ini memang secara fisik tampak nyata. Namun cermin membuat keterpisahan menjadi tidak nyata dan pemisahan menjadi semakin luas dengan (seolah-olah) tanpa dinding pemisah. 

Manakah desain sekat ruangan yang akan Anda pilih untuk rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!