Rumah pedesaan by LUBAAL construcción y arquitectura

Cara Membangun Rumah Mungil Seluas 56m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Membangun rumah sendiri memang tidak gampang, tapi bisa menimbulkan kepuasan batin dan selalu terkenang. Bila Anda berencana membangun bahtera rumah tangga dengan pasangan Anda, membangun rumah bersamanya akan menjadi kenangan terindah dalam hidup Anda berdua. Biaya pembangunan rumah akan ditanggung berdua, sehingga Anda dan si dia sama-sama dapat menghemat pengeluaran. Anda dapat memilih material bangunan dan mendesain rumah bersama. Rumah seluas 16,94 ping atau setara dengan 56 meter persegi dalam buku ide ini dibangun oleh sepasang suami istri. Di sini mereka berdua memadukan elemen modern dan tradisional, sehingga rumah bukan hanya tampak fashionable tapi juga tampil rustic. 

Bagi Anda yang berencana membangun rumah kecil, inilah inspirasi yang sempurna. 

1. Susun rencana pengeluaran

Sebelum membangun rumah, penting untuk menghitung dana yang dibutuhkan. Setelah Anda mengetahui berapa besar dana yang perlu disiapkan, perencanaan adalah tahap selanjutnya. Baik struktur atau bentuk rumah maupun material yang digunakan akan mempengaruhi pengeluaran. Ada baiknya bila Anda meminta bantuan profesional dalam hal desain rumah, atau seorang arsitek. Pilihlah seorang arsitek yang tidak hanya piawai dalam mendesain rumah, tapi juga menawarkan tarif yang sesuai dengan kekuatan bujet Anda. Selanjutnya para pekerja akan mulai membersihkan lokasi, menggali lahan untuk membuat pondasi, menata material bangunan, dan mulai membangun dinding. 

2. Membersihkan lokasi

Ketika pondasi dan dinding luar rumah telah didirikan, para pekerja bangunan harus membersihkan lokasi. Tanah di sekitar rumah baru Anda pasti penuh dengan adukan semen, paku, kayu, dan sisa bahan bangunan lainnya. Akibatnya halaman rumah terlihat kotor dan membahayakan keselamatan. Bila tanah di depan rumah telah bersih, Anda bisa membuat jalan setapak membelah taman yang masih dalam tahap perencanaan. 

3. Mendekorasi fasad rumah

Umumnya dinding rumah terbuat dari bahan batu bata dan semen. Dulu orang beranggapan bahwa dinding semen tanpa polesan itu aneh dan kurang menarik. Namun anggapan ini mulai bergeser dengan mencuatnya gaya industrial yang mengekspos warna abu-abu dan dinding semen tanpa cat. Manakah yang Anda sukai, dinding semen polos atau dinding bercat? Diskusikan dengan arsitek Anda agar tidak membuat keputusan yang akan disesali belakangan. 

4. Interior rumah sebelum difurnish

Bagi pecinta gaya industrial, interior semacam ini sudah cukup memenuhi syarat. Namun pasangan pemilik rumah ini rupanya memilih menerapkan gaya lain untuk rumah impian mereka. 

5. Interior rumah setelah difurnish

Pasangan pemilik rumah memilih warna putih untuk dinding dan warna beige untuk ubin. Paduan warna netral yang membuat rumah ini terlihat cerah dan lebih lapang. Garis vertikal hitam di sepanjang dinding bagian bawah adalah sentuhan kontras. Sedangkan lis kayu di sepanjang dinding bagian atas menjadi dekorasi interior yang sederhana. 

6. Tahap penyelesaian

Setelah furnishing interior rumah telah mendekati tahap akhir, kini saatnya memberi sentuhan akhir pada eksterior rumah. Seperti apakah hasilnya? 

7. Fasad rumah

Kerja keras pasti akan membuahkan hasil menyenangkan. Lihat saja betapa cantiknya rumah kecil yang dibangun bersama oleh pasangan pemilik rumah. Paduan fasad batu bata dan beton mungkin sudah biasa, tapi bagaimana kalau beton dicat dengan warna merah bata? Warna ini dipilih untuk menyesuaikan dinding beton dengan dinding batu bata dan atap yang juga berwarna merah bata. Hasilnya adalah sebuah rumah modern dengan sentuhan rustic yang mempesona. 

8. Interior minimalis

Lain di luar, lain di dalam. Itulah ungkapan yang tepat untuk rumah ini. Pasangan pemilik rumah memilih warna putih dan putih kehitaman sebagai warna interior. Furnitur yang dipilih pun memiliki garis sederhana, namun kekinian. Dekorasi berlebihan pun dihindari untuk menjaga kesan lapang pada ruangan. Interior minimalis memang gaya yang tepat untuk rumah kecil. 

Seperti apa rumah impian Anda dan si dia? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!