Dapur by Simone Manna 3D

Panduan Membangun Dapur: Ukuran Standar Tiap Area

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Mengapa ukuran dapur dan furnitur di dalamnya sangat penting? Salah satu pertimbangannya adalah karena dapur merupakan ruangan di dalam rumah tempat banyak orang akan menghabiskan waktu dan berkumpul. Ukuran dari furnitur dapur seharusnya mengikuti prinsip ergonomis dan dihitung berdasarkan tinggi dari setiap individual.

Tentu saja, setiap orang memiliki tinggi yang berbeda. Karena itu, banyaknya pilihan furnitur yang tersedia memungkinkan Anda untuk memilih furnitur dapur yang tepat untuk masing-masing penghuni rumah. Dalam buku ide ini, terdapat beberapa ide untuk pertimbangan Anda.

1. Dimensi standar

Dapur melingkar terbuat dari elemen yang dimensinya secara umum merupakan kelipatan 15. Karenanya, seringkali Anda menemukan ukuran beragam dari 30 hingga 90 cm. Modul yang merupakan sebutan bagi berbagai bagian yang berbeda biasanya mencapai 45 cm.

Modul yang lebih kecil (15 dan 30 cm) lebih sering ditemukan di bagian pintu.

  by homify

2. Mari memulai dari dasar

Ukuran pertama yang perlu diperhatikan adalah bagian alas furnitur dapur, atau yang dikenal sebagai kedalaman furnitur itu sendiri. Biasanya, ukuran ada di sekitar angka 60 cm, namun terdapat model-model yang lebih besar tersedia. Space yang lebih besar dan luas untuk mempersiapkan makanan memungkinkan kontrol yang lebih baik bagi peralatan masak yang dibutuhkan, tereutama jika Anda menyertakan island di tengah-tengah dapur. Untuk pilihan ini, sediakan alas yang setidaknya berukuran 90 cm.

3. Kabinet atas

modern Kitchen by Cucine Bambini
Cucine Bambini

CUCINA LEA – Linea Smart

Cucine Bambini

Pernah bertanya-tanya mengapa kedalaman dari kabinet atas lebih kecil dari kedalaman kabinet bawah? Mudah saja. Dengan adanya kedalaman yang lebih, Anda diharapkan aman dari kecelakaan di dapur. Secara estetika, ruangan juga menjadi lebih tidak penuh.

Rata-rata kedalamannya adalah 35 cm, sedikit lebih dalam dari separuh ukuran kedalaman kabinet bawah. Bagaimanapun, selalu ada kemungkinan untuk menambah kedalaman berdasarkan kebutuhan masing-masing dapur. 

Meski demikian, disarankan bagi Anda untuk mempertahankan peraturan ukuran ini untuk hasil akhir yang lebih aman dan harmonis.

Tingginya sendiri variatif, bergantung kepada ruangan yang ada. Ukuran rata-ratanya sendiri adalah sekitar 90 cm.

4. Tempat mencuci piring

Selalu lebih baik memiliki dua buah wastafel tempat mencuci piring daripada hanya satu buah. Wastafel tempat mencuci piring ganda lebih praktis, terutama bagi keluarga besar. Dalam kasus berikut, pertimbangkan wastafel selebar 100 cm hingga 120 cm. 

Jika tidak ada ruangan yang cukup, maka Anda dapat membangun wastafel berukuran 30 cm hingga 40 cm. Untuk mengompensasi kurangnya ruangan, gunakanlah mesin pencuci piring.

5. Fondasi dan dinding dapur

Jarak standar antara fondasi dan unit dinding umumnya adalah 50 cm hingga 60 cm, dan yang paling beragam dari berbagai ukuran yang disarankan. Sebaiknya ukuran ini Anda pertahankan untuk fungsi kompor yang terbaik, entah itu elektrik, gas atau induksi.

6. Harga

Dapur dengan berbagai fungsi di mana banyak sekali kegiatan berpusat seringkali menjadi ruang makan atau area berkumpul. Karenanya, dapur sudah sewajarnya dibangun sefungsional mungkin, namun tetap terkesan hangat dan indah. Dapur yang tidak dibangun dengan sesuai tidak akan pernah menjadi dapur yang ideal. Di pasaran, tersedia banyak pilijan dan solusi berdasarkan selera dan budget Anda. Anda pasti akan menemukan dapur yang sempurna untuk Anda. Berfokuslah pada kualitas dapur, jangan tertipu harga murah dengan kualitas buruk karena Anda akan menghabiskan lebih banyak uang nantinya. Pikirkan baik-baik!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!