by PHU Bortnowski

Cara Membuat Teras Kayu Sederhana Yang Indah

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Buat Anda yang tertarik untuk membangun teras, khususnya teras dari material kayu, Anda bisa melihat bagaimana proses pembuatannya pada Buku Ide ini. Bagaimana step by step nya, kita lihat tips para ahli berikut ini.

Mulai Dari Area Persiapan

Ada banyak sekali jenis kayu untuk dijadikan lantai. Untuk material kayu ini tentu dipilih dengan disesuaikan dengan budget Anda. Namun jika Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu alami, harus dipastikan jika kayu tersebut telah menjalani perawatan sehingga tahan lama dan awet.

Nah, pada proses pertama para ahli akan menyiapkan pondasi yang baik, dengan meletakkan kubus-kubus pondasi sebagai bantalan decking. Lalu barulah diletakkan kayu atau bingkainya.

Letakkan Papan Kayu

Setelah bantalan kayu dibentangkan, pengukuran decking kayu yang akan dipasang satu persatu akan dimulai para ahli. Kayu bisa dipotong dan disesuaikan dengan ukuran terasnya. Setelah itu material kayu dipasang diatas bantalan dengan cara disekrup dari bagian atas.

Bagian yang sulit adalah sudut pada pintu, atau kusen pintu. Ukuran kayu pada spot ini harus akurat, jadi harus diukur sebenar mungkin sebelum dipotong.

Sekrup Bentangan Kayu

Jangan lupa memperkuat bentangan kayu dengan cara disekrup agar bantalan yang terpasang tidak bergeser.

Membangun Tangga Untuk Mengakses Teras

Karena rumah ini berada di atas bukit, dibuatlah lebih banyak tangga kayu untuk mengakses teras.

Susun dengan rapi kayu agar menutupi pondasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah material kayu menutupi seluruh area pondasi decking, rapihkan papan kayu sehinga terlihat simetris dan rapi bentuknya.

Kayu Diratakan Hingga Halus

Agar material deck kayu terasa halus saat dipijak, kayu akan diratakan, diampelas hingga hasil kayu menjadi halus dan nyaman dikaki.

Jangan lupa untuk melakukan coating pada deck kayu yang sudah terpasang.

Cat Kayu Agar Semakin Indah

Agar tampilannya semakin hangat dan juga cantik Anda bisa mengecat kayu dengan warna yang Anda sukai. Ini juga berfungsi agar melindungi kayu dari gesekan dan mencegah kerusakan kayu akibat jamur.

Mulailah Mendekor Teras Kayu Anda

Setelah mencapai tahap finishing dan cat sudah mengering sempurna, Anda bisa mendekor teras kayu sesuai selera Anda, bisa menempatkan meja, kursi, payung, pot bunga sampai lampu dekoratif. Cantik banget bukan hasilnya?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!