Ruang Keluarga by Brandlhuber+ Emde, Schneider

Rumah Berdinding Semen Terjangkau dengan Gaya Minimalis Industrial

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Keindahan yang diciptakan dari ketidaksempurnaan. Inilah ungkapan yang tepat untuk mendeskripsikan interior gaya industrial. Sejak pertama kali populer di akhir tahun 2000 interior industrial mengekspos penggunaan material mentah atau telah digunakan sebelumnya, seperti kayu usang, dinding tanpa polesan, atau lantai semen (tanpa ubin). Ini dilakukan dengan tujuan menghadirkan kesan setengah jadi dalam interior rumah. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana mungkin rumah yang setengah jadi bisa memberikan kenyamanan? Mungkin saja. Rumah minimalis industrial Antivilla karya arsitek interior asal Berlin Brandlhuber + Emde, Schneider adalah sebuah contoh sempurna yang akan meyakinkan Anda, bahwa keindahan bisa tampil dalam wajah yang berbeda dan bujet terjangkau. 

1. Jendela tidak sempurna yang sempurna

Saya yakin, pasti perhatian Anda langsung tertuju pada dua jendela di lantai dua. Bila rumah Antivilla ini didirikan di Indonesia, mungkin orang akan mengernyitkan kening. Namun di situlah bukti kejeniusan arsitek rumah ini. Bukan hanya rumah mewah yang bisa menarik perhatian. Konstruksi setengah jadi pun akan menyita sorotan asal dikelola dengan mengedepankan kaidah estetika. Sejak awal rumah ini telah dirancang tanpa cat, sehingga lapisan semen dihaluskan tanpa menghilangkan teksturnya (diaci). Batu bata yang menonjol di lubang jendela juga dilapisi semen agar lebih awet dan terlihat sama dengan dinding di sekitarnya. Sedangkan bidang-bidang persegi dibuat sebagai dekorasi sederhana di fasad rumah. Lalu apakah struktur semen yang tampak menonjol di sudut kiri atas rumah? 

2. Cara cerdas memanfaatkan air hujan

 Rumah by Brandlhuber+ Emde, Schneider
Brandlhuber+ Emde, Schneider

Ansicht West mit Wasserspeier

Brandlhuber+ Emde, Schneider

Ternyata struktur semen itu adalah semacam penggganti pipa sebagai saluran pembuangan air hujan dari atap. Ada alasan mengapa arsitek kami tidak menggunakan pipa, dan itu bukan sekedar cari sensasi. Ketika hujan turun, air yang terakumulasi di atap datar akan mengucur lewat saluran ini dan membentuk semacam air terjun kecil. Air pun tidak akan terbuang sia-sia, karena sebuah bak telah disiapkan di bawahnya. Air yang ditampung akan diolah untuk keperluan lain, dan bak bisa ditutup bila hari tidak hujan agar air di dalamnya tetap bersih. Sebuah cara memanfaatkan air hujan yang cerdas bukan? Demikian juga bila musim salju datang. Gumpalan salju yang mencair akan mengalir menjadi sungai kecil ketika musim salju telah berakhir. Acian juga diaplikasikan pada dinding samping rumah.

3. Hunian gaya loft di lantai dua

 Ruang Keluarga by Brandlhuber+ Emde, Schneider
Brandlhuber+ Emde, Schneider

Aufgang und Ausblick zum See

Brandlhuber+ Emde, Schneider

Tampaknya penghuni rumah minimalis industrial ini adalah dua individu atau dua keluarga berbeda yang ingin tinggal bersama tanpa mengganggu privasi masing-masing. Area lantai dua bisa diakses langsung tanpa melintasi bagian dalam lantai satu. Di sini kita akan disambut suasana monokrom atau serba putih yang tersebar mulai dari langit-langit, lantai, furnitur, bahkan bingkai jendela. Nuansa serba putih ini diperoleh dengan mengaplikasikan teknik acian semen putih pada dinding, lantai, dan langit-langit beton. Selain itu, filter jendela warna putih bukan hanya berfungsi menangkal masuknya nyamuk atau serangga dan menyaring udara. Namun juga membiaskan cahaya putih ketika sinar matahari terbit dan menyinari rumah ini. Meskipun lantai atas dan bawah hanya dihubungkan oleh tangga yang bisa diakses dari luar rumah, tapi lubang di tengah ruangan yang terletak di belakang sofa bulat membuat para penghuni di kedua lantai mengetahui kehadiran masing-masing. Lampu gantung yang menjuntai ke bawah menjadi sumber penerangan untuk lantai satu dan dua di saat bersamaan. Sementara lantai dua sendiri merupakan hunian dengan gaya loft tanpa sekat, di mana ruang tamu, kamar tidur, dapur dan ruang makan berada di satu ruangan yang sama. 

4. Perapian dan tangga

Di sebelah ruang tamu ada tangga sebagai penghubung dengan atap, dan perapian kekinian yang juga difurnish dengan acian semen putih. Perapian lazim dimiliki di rumah-rumah negara empat musim dan desainnya pun disesuaikan dengan interior rumah. Berkat perkembangan teknologi, gas etanol bisa menyalakan perapian tanpa kayu bakar. Demi keamanan, perapian ditutup dengan kaca dan pipa agar ventilasi udara tetap lancar, mengingat sifat gas etanol yang menyerap oksigen. Apakah Anda ingin tahu ada apa di balik tirai putih di sekeliling perapian? 

5. Dapur dan ruang makan

Selalu ada cara untuk membagi ruangan tanpa memisahkannya satu sama lain. Rel tirai dipasang sedemikian rupa sehingga tirai putih bersih bisa berfungsi menjadi pemisah ruangan kapan saja dibutuhkan. Seperti yang terlihat pada gambar, rel tirai dipasang di plafon mengelilingi tangga sehingga dapur dan tangga akan terpisah dari ruang tamu dan ruang makan. Meja dapur di bawah tangga terbuat dari bahan beton dan acian semen putih. Perangkat dapur dan furnitur disesuaikan dengan nuansa putih abu-abu di area ini. Selain furnitur dengan furnishing putih, perangkat rumah tangga tembus pandang dan berlapis krom juga serasi untuk menebalkan atmosfer monokrom.  

6. Kamar tidur di musim dingin

 Kamar Tidur by Brandlhuber+ Emde, Schneider
Brandlhuber+ Emde, Schneider

Klimazone; Position Bett im Winter

Brandlhuber+ Emde, Schneider

Tirai putih juga akan menyembunyikan tempat tidur dari pandangan ketika tamu atau teman-teman datang berkunjung. Sebagian area lantai kamar tidur ditutup dengan pelat logam sebagai penanda fungsi ruang yang berbeda. Di musim dingin kepala tempat tidur searah dengan jendela di bagian depan agar penghuni rumah bisa merasakan hangatnya sinar matahari saat bangun tidur di pagi hari. Selain itu, posisi ini memungkinkan penghuni tidur dengan kehangatan karena tempat tidur berhadapan dengan perapian. Penghuni rumah juga tidak akan khawatir diintip tetangga karena tirai putih panjang akan menghalangi pandangan orang di luar rumah ke area tempat tidur.   

7. Kamar tidur di musim panas

 Kamar Tidur by Brandlhuber+ Emde, Schneider
Brandlhuber+ Emde, Schneider

Klimazone; Position Bett im Sommer

Brandlhuber+ Emde, Schneider

Di musim panas suhu udara lebih hangat meski tanpa perapian. Agar tetap dapat nyaman berisitrahat di tengah cuaca panas, penghuni rumah dapat menggeser posisi tempat tidur ke samping dengan kepala tempat tidur menghadap jendela samping rumah. Di tengah cuaca panas tirai putih akan dibiarkan sedikit terbuka, tapi privasi penghuni akan terjaga karena posisi tempat tidur yang tidak berada persis dekat jendela depan maupun belakang. Sebuah cara terjangkau menciptakan hunian nyaman sekaligus berestetika tinggi. 

Bagaimana pendapat Anda tentang proyek rumah minimalis industrial ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!