Rumah by 現代建材有限公司

12 Desain Rumah Kecil dan Murah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ketika Anda sudah tak sabar ingin punya rumah sendiri sementara dana masih terbatas, opsi yang tersedia adalah mendirikan rumah kecil. Anda tidak perlu membeli tanah luas untuk mendirikan rumah, bahan bangunan yang diperlukan pun lebih sedikit. Selain efektif dalam hal biaya, rumah kecil tampak imut dan menyenangkan agar semua anggota keluarga dapat tinggal berdekatan. Berikut ini adalah 12 ide desain rumah kecil ala Jepang dan Eropa yang bisa menjadi inspirasi Anda. 

1. Rumah kayu kecil

Rumah kayu sederhana ini cocok didirikan di pinggiran kota. Konstruksi pondasi terbuat dari batu dengan teras berlantai dek kayu. Posisi rumah yang lebih tinggi dari permukaan tanah adalah cara cerdas untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah. 

2. Rumah gaya Jepang

Rumah gaya Jepang ini juga dilengkapi model genteng yang lazim ditemukan di rumah Jepang. Ada pintu geser unik yang merupakan paduan antara kaca dan kisi-kisi kayu. Tiga jendela kecil menjadi jalan masuk cahaya dan ventilasi tanpa mengorbankan privasi penghuni rumah. 

3. Rumah portabel

Famwood, arsitek asal Taiwan, telah merancang sebuah rumah yang sangat kecil. Bayangkan, luasnya hanya 2,2 meter persegi! Cocok sebagai bangunan tambahan di luar rumah atau kamar penginapan. 

4. Rumah kotak pos

Belakangan ini sudah jarang orang berkirim surat, sehingga bentuk kotak surat diabadikan menjadi desain rumah. Meskipun dari luar terlihat kecil, interior rumah terasa lapang berkat dominasi warna putih di dalamnya. 

5. Rumah prefabrikasi

Inilah desain rumah prefabrikasi (prefab) atau portabel kedua dalam buku ide ini. Bedanya, rumah yang juga didesain oleh ahli asal Taiwan ini lebih besar dan tampil dengan fasad gaya klasik. Perhatikan detil sempurna yang dimilikinya, termasuk bentuk atap perisai (hipped roof). 

6. Paduan semen dan kayu

Paduan material yang digunakan di rumah ini menghasilkan fasad rumah unik dan modern. Pondasi dan dinding terbuat dari semen, sedangkan kayu dimanfaatkan sebagai lantai dan dekorasi rumah. Rumah dengan atap piramida ini menelan biaya sekitar 6,3 juta yen atau sekitar Rp 700 juta. 

7. Rumah kecil Korea

 Rumah by 보국주택
보국주택

9평 게스트하우스

보국주택

Rumah kecil karya arsitek Korea ini bisa didirikan di luar rumah utama, di mana sebuah keluarga besar tinggal bersama. Bentuknya yang menggemaskan membuat siapapun ingin tinggal di dalamnya. 

8. Rumah kecil dengan halaman luas

Rumah sederhana ini dikelilingi ubin berwarna coklat mirip kayu. Sedangkan sebagian besar pintunya adalah pintu geser kaca. Dengan memasang pintu geser kaca kita dapat menjaga rumah tetap terang dan berventilasi tanpa banyak biaya. 

9. Rumah kontainer

Rumah kontainer kini mulai dilirik beberapa gelintir orang Indoensia. Dengan membuat rumah kontainer kita juga telah berkontribusi pada upaya mengurangi sampah yang tak bisa dihancurkan oleh proses alam. Pilihan sempurna untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan biaya mepet. 

10. Rumah tradisional Korea

 Rumah by studio_GAON
studio_GAON

Lucia’s earth

studio_GAON

Meski dirancang dengan gaya tradisional, rumah Korea ini telah mengadaptasi sentuhan modern di dalamnya. Poin penting terletak pada langit-langitnya yang tinggi dan pemanfaatan pinti geser dan jendela kaca. 

11. Rumah minimalis dengan taman Zen

Interior open plan lazim digunakan di rumah kecil agar suasana interior terasa lapang. Demikian juga dengan rumah ini. Sebuah taman Zen siap dinikmati setiap saat dari balik pintu geser kaca. 

12. Rumah ideal

 Rumah prefabrikasi by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

VIO 302 – Eingangsbereich

FingerHaus GmbH

Rumah ini sekilas mirip desain rumah di kompleks perumahan yang sempat menjadi tren beberapa puluh tahun silam. Fasadnya sederhana dan dibangun dengan material batu bata plus semen. Lengkap dengan jalan setapak dan taman minimalis di kanan kirinya. Lihat ulasan selengkapnya tentang rumah kecil ini di sini

Apakah yang akan Anda lakukan untuk menghemat ongkos pembangunan rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!