Rumah by (주)그린홈예진

13 Desain Rumah Sederhana yang Dapat Anda Bangun Sendiri

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Anda sudah punya lahan dan sudah lama berniat membangun rumah di atasnya, tapi niat itu belum juga terlaksana? Kami memahami bahwa setiap orang mempunyai impian tentang hunian idaman yang berbeda. Namun hambatan utama sering kali adalah bagaimana memvisualisasikan impian itu secara spesifik. 

Untuk itu, kami telah menyusun 13 contoh desain rumah dari gaya dan material yang berbeda agar dapat menjadi sumber inspirasi mereka yang ingin membangun rumahnya sendiri. Selain desain rumah yang telah populer, Anda juga dapat menemukan variasi desain rumah sesuai bujet yang tersedia. Inilah ulasan selengkapnya. 

1. Rumah abadi

 Interior landscaping by 綠藝營造
綠藝營造

房屋新建 整修修繕

綠藝營造

Tujuan ahli Green Arts yang mendesain rumah ini adalah mempertahankan nilai aset bangunan dan kenyamanan penghuni dalam jangka panjang. Oleh karena itu sang ahli menyediakan berbagai layanan jaminan seumur hidup sehingga pemilik rumah dapat bebas dari segala kekhawatiran. 

Ketika telah memasuki masa pensiun, siapapun ingin hidup dalam kedamaian bersama keluarga. Sistem jaminan seumur hidup yang disediakan ahli kami adalah solusinya. 

Selain itu, ahli kami menggunakan material yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan permintaan untuk menciptakan tampilan rumah yang diinginkan. Rumah ini merupakan perpaduan struktur tradisional dan elemen modern, serta beberapa material yang berbeda. 

2. Rumah dua lantai gaya Jepang

Rumah berbahan dasar kayu ini merupakan gabungan dari beberapa elemen modern dan gaya Jepang yang menakjubkan. Interior luas di dalamnya ideal sebagai hunian keluarga besar. Selain penampilan fasad rumah yang spektakuler, rumah ini juga memukau karena halamannya yang cukup luas. 

3. Rumah prefabrikasi sederhana

 Rumah by 築地岩移動宅
築地岩移動宅

結合景觀設計

築地岩移動宅

Di beberapa negara, rumah prefabrikasi (rumah prefab) adalah alternatif bagi mereka yang ingin memiliki rumah tapi terkendala dengan masalah bujet. Semua elemen rumah prefab telah dibuat di pabrik, kemudian dibawa ke lokasi untuk dirangkai menjadi satu. Dengan cara ini pemilik rumah dapat menghemat ongkos pekerja. 

Beberapa produsen dapat membuat rumah prefab sesuai pesanan dan menyesuaikannya dengan bujet pemilik rumah. 

4. Pondok kayu portabel

Pondok kayu ini juga merupakan rumah prefabrikasi. Material kayu yang digunakan pun ramah lingkungan sehingga Anda tidak akan mencium aroma bahan kimia saat berada di dalamnya. Mengingat pondok kayu didirikan di daerah tropis dan sering diguncang gempa, para ahli telah memperkuat pondasi dan melapisi kayu agar tahan terhadap kelembaban. 

Pondok kayu ini juga cocok didirikan di perkebunan atau tepi pantai sebagai tempat peristirahatan untuk menikmati liburan. 

5. Rumah dua lantai merah jambu

Seseorang berkarakter kuat pasti ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Rumah ini cocok untuk keluarga besar atau dua keluarga yang ingin tinggal bersama. Dengan gradasi warna merah jambu dan fasad batu alam, serta atap merah bata, rumah ini bisa jadi pilihan terbaik untuk keluarga Anda. 

6. Fasad batu alam dan batu bata

 Rumah by ITA Poland s.c.
ITA Poland s.c.

Seria Retro Line

ITA Poland s.c.

Paduan antara batu alam dan batu bata menghasilkan tekstur berbeda yang mempercantik fasad rumah. Desainnya pun tidak terlalu rumit tapi tetap memiliki nilai visual yang tinggi. Lengkap dengan teras dek kayu yang sempurna untuk waktu bersantai di luar rumah. 

7. Rumah dua lantai bahan beton

 Rumah kayu by Marlegno
Marlegno

Casa in legno

Marlegno

Rumah dua lantai ini terbuat dari beton, cocok untuk keluarga dengan dua anak atau lebih. Agar anak-anak tertarik menghabiskan waktu di luar rumah, para ahli sudah membuat lapangan basket kecil di halaman sebagai sarana olahraga. 

8. Rumah putih susu

  by Marlegno

Dinding warna putih susu, balok-balok penyangga atap dan pilar berlapis batu alam berwarna serupa membuat fasad rumah tampak berkilauan. Nuansa warna putih dapat membuat penghuninya hidup dan menatap masa lalu dengan nyaman dan damai. Interior rumah didekorasi dengan lantai warna putih dan jendela skylight sebagai sumber cahaya dan ventilasi udara. 

9. Paduan batu bata dan beton

Dinding rumah di lantai pertama terbuat dari batu bata, sementara dinding lantai dua terbuat dari beton. Paduan warna beige dan hitam membuat rumah ini menjadi pusat perhatian di lingkungannya. Jalan setapak dari batu lempeng ditata simetris mengikuti bentuk fasad rumah, sederhana tapi cantik! 

10. Indah dengan detil

 Rumah by alfa mimarlık
alfa mimarlık

Gülşen ÇİFTÇİ

alfa mimarlık

Desain rumah ini tampak sensasional dari desain lain dalam buku ide ini karena detil yang dimilikinya. Ada jendela kaca besar memanjang di area tangga, pagar berbahan batu alam, dan bentuk atap datar yang geometris. Paduan berbagai warna dan tekstur pada dinding, yaitu kayu, semen, dan beton, membuat fasad rumah tampil memukau. 

11. Atap unik

Bentuk atap rumah ini memang menonjol dan tidak biasa. Paduan warna hitam dan coklat membuat keunikannya mengagumkan dengan tidak berlebihan. Anda menyukainya? 

12. Rumah kayu gaya klasik

Desain rumah ini cocok untuk pasangan suami istri yang telah memasuki usia senja. Gaya klasik tak lekang oleh jaman dan sesuai dengan karakter para lanjut usia. Cocok untuk Anda yang berencana merenovasi rumah orang tua.  

13. Rumah dengan atap pelana modifikasi

Atap pelana telah dimodifikasi sehingga berbentuk agak condong ke kiri beberapa derajat. Bentuk atap pelana yang tidak simetris justru memberikan sentuhan modern pada rumah berlantai dua ini. Atap datar di sebelahnya dimanfaatkan sebagai balkon untuk menikmati udara segar. 

Manakah yang cocok untuk rumah keluarga Anda, rumah satu lantai atau rumah dua lantai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!