by P Knockdown Style Modern

Inspirasi Rumah Sederhana dengan Bujet Rp 150-an Juta Saja

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Akhir-akhir ini, rumah dengan desain dan tampilan yang sederhana kian diminati. Alasannya, biaya pembangunan rumah seperti ini terbilang ramah di kantong. Tak cuma di Indonesia, tingginya minat terhadap hunian murah juga terjadi di Negeri Gajah Putih, Thailand. Peningkatan yang signifikan terhadap permintaan hunian murah bahkan membuat kontraktor di sana menjadikan rumah murah sebagai komoditi utama bisnis mereka.

Yang kerap jadi pertanyaan, “Dengan bujet minimalis, bagaimana tampilan hasil akhir hunian murah ini?” Jawabannya, silakan Anda nilai sendiri setelah membaca tuntas Buku Ide kali ini!  Ya, di Buku Ide ini, kami akan menunjukkan salah satu project hunian murah yang dikerjakan oleh vendor kami di Thailand, P Knockdown Style Modern. Psssssst.. di balik desainnya yang compact serta mampu menjawab kebutuhan keluarga akan hunian yang nyaman, rumah ini dibangun dengan bujet Rp 150 juta-an* saja, lho!

Mulai penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

*Berdasarkan estimasi kontraktor dan pemilik rumah

Rumah Tapak Sederhana

Rumah tapak sederhana ini didesain oleh perusahaan properti di Thailand bernama P Knockdown Style Modern. Perusahaan properti ini memang mengambil spesialisasi di bidang bangunan knockdown/ bongkar-pasang. Hingga kini, P Knockdown Style Modern terhitung sudah lebih dari 10 tahun menangani pengerjaan hunian bongkar-pasang. 

Beragam jenis bangunan bongkar-pasang sudah pernah dirancang dan dieksekusi dengan baik oleh P Knockdown Style Modern. Perusahaan ini juga selalu memilih material yang bagus dan memiliki ketahanan tinggi, agar hunian yang dibuat bisa kuat dan tahan lama. Gambar di atas menunjukkan salah satu hunian berwujud rumah tapak sederhana berdesain minimalis yang tengah digarap oleh perusahaan properti ini.

Sebelum Pengerjaan

Sebelum pengerjaan konstruksi dimulai, pertama-tama, profesional kami merapikan area lantai dan menyesuaikan flooring bangunan. Flooring inilah yang nantinya akan menjadi poros bangunan baru.

Struktur dan Rangka Bangunan

Setelah area lantai selesai dibeton, berikutnya yaitu mulai masuk ke proses pengerjaan rangka bangunan, seperti pilar untuk langit-langit. Bahan yang digunakan adalah baja ringan, karena bahan ini terbilang murah tapi kuat.

Dinding dan Atap

Begitu betonisasi area lantai serta penyusunan rangka baja selesai, selanjutnya, profesional kami mulai mengerjakan bagian dinding dan atap rumah. Beberapa bagian serta sudut dinding akan dipasangi keramik. Selain itu, ada pula space yang diperuntukkan bagi pintu dan jendela.

Keramik dipilih sebagai salah satu elemen penghias dinding karena faktor fleksibilitas serta ketahanannya. Untuk bagian atap, keramik juga diaplikasikan karena bahan ini mampu memantulkan sinar matahari dengan baik, sehingga nantinya dapat mempercantik tampilan eksterior rumah.

Fokus pada Area Muka Rumah

Setelah bagian dinding dan atap rapi, berikutnya, profesional kami mulai fokus mendekorasi area muka rumah agar hunian murah ini tampak cantik dan teduh. Di samping beton, beberapa material alami, termasuk kayu, turut digunakan untuk menciptakan kesan kontemporer.

Sliding Door

Selanjutnya adalah proses pemasangan pintu. Untuk mempertegas kesan modern a la penthouse pada hunian murah ini, profesional kami memilih jenis pintu sliding. Selain membuat rumah terlihat makin stunning, pintu yang dipilih ini juga mempermudah cahaya matahari masuk dan menerangi area di dalam rumah. 

Untuk menjamin keamanan penghuni rumah, nantinya mekanisme penguncian otomatis bisa diterapkan.

​Jendela

Seperti halnya pintu, jendela yang dipilih untuk hunian murah ini adalah jendela jenis sliding. Kaca jernih yang mudah dibuka-tutup dengan cara digeser membuat sinar matahari lebih mudah masuk ke rumah, sekaligus memungkinkan sirkulasi udara di dalam rumah berlangsung lebih lancar. Rumah jadi semakin nyaman, konsumsi listrik di siang hari pun terminimalisir.

Bagian Interior

Secara keseluruhan, interior rumah didominasi warna-warna cerah. Warna dekorasi dan furnitur pada ruangan cenderung segar dan anggun, sehingga mengekspresikan kesederhanaan dan modernitas sekaligus.

Perpaduan warna interior serta furnitur seperti ini berhasil membuat ruangan di rumah jauh dari kesan suram dan sempit.

Ruang di Dalam Rumah

Meski ukurannya terbilang kecil, rumah ini memiliki semua ruangan utama yang dibutuhkan, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Desain yang simpel membuat tiap ruang pada rumah ini terkoneksi dengan baik satu sama lain. Ukuran yang tidak terlalu besar juga membuat rumah ini lebih mudah dibersihkan.

Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah menciptakan ilusi lega pada tiap ruang. Selain itu, furnitur yang dipilih juga umumnya berwarna cerah serta berukuran kecil, sehingga rumah terkesan luas.

​Rumah Sudah Siap Dihuni!

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar, akhirnya, rumah murah bergaya modern ini selesai dibangun dan sudah siap dihuni. Demi menciptakan kesan natural dan asri, pekarangan rumah ditanami sedikit pepohonan serta dihiasi bebatuan alami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hingga pengerjaannya selesai, biaya yang dialokasikan untuk pembangunan rumah ini kurang lebih hanya 150 juta rupiah! 

Bagaimana? Bila Anda tertarik, yuk, hubungi kontraktor spesialis rumah knockdown terdekat dari wilayah Anda!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!