Dapur by Egue y Seta

10 Dapur Gaya Pedesaan Terbaik Pilihan Pembaca homify

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rasanya janggal bila sebuah rumah tidak memiliki dapur. Selain sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, dapur juga menjadi tempat berinteraksi seluruh anggota keluarga. Agar lebih nyaman dan menyenangkan, dapur dapat dihias. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan batu bata. Batu bata layak menjadi pilihan karena sifatnya yang fleksibel, kuat, tahan lama, dan tahan panas. Bisa digunakan sebagai bahan dasar meja dapur, rak, bahkan meja makan. Selain itu, Anda akan mendapatkan tampilan rustic dengan mengeksploitasi penggunaan batu bata. 

Manakah desain dapur rustic yang terbaik? Para pembaca homify memilih desain dapur berikut ini berdasarkan fungsionalitas dan estetika visualnya. Selamat memilih.  

1. Gaya klasik

 Balconies, verandas & terraces  by homify

Dapur ini didesain dan didekorasi dengan batu bata merah pilihan. Sifat tahan panas batu bata membuatnya menjadi pilihan tepat untuk diaplikasikan pada area oven dan meja tengah dapur yang sekaligus berfungsi sebagai meja kompor. Bila dipadukan dengan kayu, batu bata akan menghadirkan atmosfer rustic yang alami. 

2. Warna yang harmonis

Dapur ini didekorasi dengan bahan alami yang serasi di sisi kayu dan batu bata. Ada lantai keramik kecoklatan, juga pemanggang yang dihiasi pernak-pernik tembaga. Sentuhan warna putih menjadi penyeimbang. Sementara kursi baja hitam menjadi furnitur yang ikut menghangatkan suasana di dapur ini. 

3. Sentuhan rustic di dapur modern

 Dapur by Moran e Anders Arquitetura
Moran e Anders Arquitetura

Retrofit – Residência Alphaville

Moran e Anders Arquitetura

Dapur rustic modern ini didesain oleh Moran E Anders Arquitetura yang ahli di bidang tata ruang gaya modern. Ini tercermin pada pemilihan furnitur dan perangkat dapur yang berlapis krom dan berwarna hitam. Meski demikian nuansa rustic pun terasa kental berkat bentuk jendela gaya lama, dinding dan meja counter kitchen dari material batu bata. Dapur bentuk U ini mengintegrasikan antara aktivitas memasak dan makan bersama di satu tempat. 

4. Batu bata artifisial

Ada beberapa cara menggunakan batu bata untuk mendekorasi ruangan. Salah satunya adalah memanfaatkan batu bata artifisial. Artinya, material yang dimaksud tampak seperti batu bata meski bukan benar-benar batu bata. Biasanya material semacam ini terbuat dari bahan keramik. Pada contoh keramik mozaik bermotif batu bata putih, hitam dan abu-abu diaplikasikan sebagai backsplash. Sangat serasi dengan meja dapur marmer yang berwarna hitam. 

5. Batu bata berwarna

Siapa bilang dinding batu bata hanya bisa ditampilkan dalam warna merah? Desainer dapur ini mencoba melakukan terobosan dengan memberi warna berbeda pada tiap permukaan batu bata. Cara ini bukan hanya membuat dinding batu bata terlihat segar dan kekinian, namun juga menjadi elemen dekorasi di antara dapur dan ruang makan yang tidak berlebihan. 

6. Batu bata abu-abu

Memang dinding batu bata akan tampak indah dengan warna aslinya. Namun bagaimana bila kita mematahkan aturan lama ini dengan mengecat batu bata sehingga menghasilkan tampilan seperti contoh? Batu bata warna hitam dan abu-abu tampak sempurna sebagai backsplash di samping meja dapur marmer. Menyesuaikan motif lantai dengan dinding perlu dilakukan untuk mendapatkan kesan dinamis yang diinginkan. 

7. Lagi, batu bata dan kayu

 Dapur by ITA Poland s.c.
ITA Poland s.c.

Historic Line 6

ITA Poland s.c.

Batu bata dan kayu selalu menghasilkan kesan kedekatan dengan alam. Di sini, backsplash batu bata tampak sempurna mengelilingi meja dapur kayu. Warna alami menjadi daya tarik di sudut dapur ini. Sentuhan klasik dan kontemporer tidak mengurangi fungsionalitas dapur sebagai ruangan di mana semua makanan lezat berasal. 

8. Rak dinding batu bata

 Ruang Penyimpanan Wine by ITA Poland s.c.
ITA Poland s.c.

Historic Line 9

ITA Poland s.c.

Dinding batu bata juga bisa mendekorasi furnitur built-in. Sedangkan bahan dasar rak bisa terbuat dari kayu atau batu bata yang difurnish dan dicat. Selain kokoh, rak dinding batu bata juga lebih mudah dibuat. Bila rak dinding ditujukan sebagai rak  benda-benda pajangan, bisa ditambahkan lampu untuk menonjolkan keindahan benda hiasan.  

9. Sedikit sentuhan marmer

Seperti yang telah kita amati pada contoh-contoh sebelumnya, batu bata dan kayu adalah pasangan yang serasi dan tahan lama. Desainer dapur ini menambahkan elemen ketiga, yaitu marmer, yang juga tahan lama dan memiliki penampilan memikat. Warna putih di tengah nuansa merah kecoklatan yang juga fungsional, mengingat karakter marmer yang tahan terhadap panas. 

10. Rustic industrial

Batu bata adalah material yang fleksibel. Material ini bisa serasi dengan beragam gaya furnitur dan interior, termasuk gaya industrial. Dalam gambar ini, dinding batu bata dimaksudkan sebagai dekorasi di sebuah dapur industrial. Furnitur aluminium, langit-langit bernuansa abu-abu adalah ciri khas industrial yang telah kita kenal. Dinding batu bata tidak mengubah karakter itu, sebaliknya malah menyatu dan membentuk sebuah gaya interior yang membuat kita terpesona. 

Sudahkah Anda mendekorasi dapur dengan dindin batu bata ekspos? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!