Rumah kayu by 金城堡股份有限公司

Cara Membangun Rumah Kayu Yang Tahan Di Segala Cuaca

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Ketika masuk atau melihat rumah-rumah kayu tentu saja setiap orang memiliki gambaran dan keakraban yang berbeda tentang rumah kayu. Nah, kali ini kami akan berkunjung ke salah satu rumah di kota Tainan, Taiwan. Dan karena daerah disini memiliki iklim panas, pemilik rumah memutuskan untuk membangun rumah kayu, yang disesuaikan dengan cuaca di daerah tersebut. Jika Anda melihat lebih dalam, rumah kayu ini memiliki kerangka yang dibingkai pada struktur baja dan beton. Bingkai tersebut terbuat dari rangka baja bertulang untuk memperpanjang umur rumah. Kita lihat yuk seperti apa proses pembangunannya.

Dimulai Dengan Membuat Pondasi Bangunan

Dalam gambar ini adalah proses pembuatan rangka baja yang akan menjadi home base. Rangka baja ini sangat penting, karena dibuat tidak menyentuh tanah secara langsung, akan membantu mencegah rumah kayu dari resiko kelembaban, rayap dan juga jamur. Rangka baja juga membuat ventilasi udara menjadi baik, karena ketinggian lantai basement sekitar setengah meter, angin pun bisa mengalir dengan mudah.

Bingkai Dasar Dikencangkan

 Rumah kayu by 金城堡股份有限公司
金城堡股份有限公司

良好管線安排與灌漿前置作業

金城堡股份有限公司

Taiwan adalah daerah dimana gempa terjadi secara sporadis. Makanya sangat penting membuat struktur rumah yang mampu mengatasi getaran yang luar biasa. Setelah struktur baja selesai sangat penting untuk dikencangkan. Hal ini diperlukan untuk memiliki beton untuk menahan lapisan lain untuk stabilitasnya.

Beton Bertulang

Untuk stabilitas dan menghindari beton rusak, parah pekerja mengikat besi dan kemudian menuangkan mortir. Namun saat ini sudah ada tabel mesh kawat baja yang dijual dipasaran dalam bentuk gulungan. Dengan memakai material ini pekerjaan pun menjadi mudah dan menghemat waktu.

Rumah Kayu Mulai Dibangun

Setelah strukturnya selesai dan mengering dengan sempurna, para pekerja mulai meletakkan kayu untuk menopang lantai dan membuat pilar-pilar rumah.

Bentuk Rumah Kayu Mulai Terlihat

Setelah terbentuk menjadi rumah kayu yang mungil, para pekerja mulai memasang pintu, jendela dan ventilasi. Tukang kayu akan mengerjakan detail di lantai dan membuat teras dan juga balkon dibagian atas rumah.

Bagian tak terlupakan lainnya adalah membangun tangga pada pintu depan, yang akan menambah keindahan rumah.

 Rumah kayu by 金城堡股份有限公司
金城堡股份有限公司

屋頂防水完成及戶外牆體維護

金城堡股份有限公司

Akhirnya setelah atap rumah selesai dibangun, untuk semakin membantu melindungi teras dari sengatan matahari dan hujan, dibangun juga atap mungil nan cantik untuk membantu mengurangi dampak kerusakan dan membuat rumah dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Tarraaa! Ini Dia Hasilnya: Rumah Kayu Mungil Yang Nyaman

Langkah terakhir adalah mengecat kayu dengan warna yang diinginkan pemilik rumah. Ini dia hasilnya, rumah kayu mungil yang indah dan salah satu yang terbaik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!