by itacafreelance

6 Tips Menata Ruangan Sempit

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ruangan kecil bisa ditata dengan berbagai cara melalui daya kreativitas Anda. Selain itu, ini juga tergantung pada furnitur yang dipilih, diletakkan, serta luas masing-masing ruangan. Semakin kecil ruangannya, semakin penting tata letaknya. Saat mengatur tata letak ruangan, kreativitas diperlukan agar hasilnya berbeda. Terkadang Anda harus mencoba cara unik agar terlihat perubahannya. Oleh karena itu disarankan agar Anda mempertimbangkan metode tata letak baru setelah melihat inspirasi dari buku ide ini. Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik setelah mencobanya. 

1. Desain kamar tidur yang efisien

 Kamar Tidur by 홍예디자인

Semakin sempit ruangan, semakin efisien furnitur harus ditempatkan. Misalnya, tempat tidur diletakkan di sebagian besar ruangan. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan cara gunakan tempat tidur secara efisien. Di foto ini, kami membuat laci untuk menyimpan buku dan aksesori di bawah tempat tidur. Jika Anda memiliki area penyimpanan di bawah tempat tidur seperti ini, tak perlu menempatkan perabot penyimpanan ekstra agara bisa menggunakan lebih banyak tempat.

2. Manfaatkan kamar tidur loteng dan ruang penyimpanan

Kamar tidur loteng merupakan area praktis yang bisa dimanfaatkan jika rumah berukuran kecil. Selain itu, area di bawah tempat tidur loteng bisa digunakan sesuai selera Anda. Pada foto ini kami menyediakan area santai dengan meletakkan sofa padat di bawah tempat tidur loteng. Sofa ini juga dilengkapi dengan meja mini yang bisa digunakan menikmati aneka makanan dan minuman. Selain itu ada penerangan dengan desain dan cahaya menawan.

3. Manfaatkan sebagian besar dinding

Agar penggunaan ruang kecil lebih efisien, Anda harus memanfaatkan dinding dengan baik. Jika Anda ingin menyimpannya di dinding, mengapa tidak merancang lemari built-in yang dapat mengakomodasi segala hal mulai dari lantai hingga ke langit-langit seperti yang ditunjukkan pada foto ini. Selain barang-barang, ruang penyimpanan ini bisa menampung benda-benda lainnya. Untuk peralatan rumah tangga, Anda dapat merancang lemari yang telah ditata sedemikian rupa untuk rangkaian kabel listriknya.

4. Reformasi kotak dan simpan barang di dalamnya

Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan tambahan di area terbatas, gunakan kotak untuk furnitur. Anda dapat dengan mudah mendaur ulang kotak yang tersedia di area Anda atau membeli kotak baru. Jika kotaknya tak cukup kokoh untuk duduk, maka bisa dijadikan tempat penyimpanan dan kursi sederhana. Tatalah secara vertikal atau ditumpuk dan berikan efek menawan. Untuk efek interior bersih, gunakan kotak warna dan material serupa agar konsistensi. Jika tak memungkinkan, lapisi bagian luar kotak dengan kertas pembungkus agar menyatu.

5. Memilih furnitur multifungsi

Gunakan furnitur multifungsi saat menata kamar kecil. Gunakan tempat tidur yang bisa diatur ketinggiannya agar Anda bisa menggunakannya sebagai sofa di siang hari dan tempat tidur di malam hari tanpa menggunakan banyak ruang. Apalagi furnitur Nordic memiliki desain praktis, dengan demikian Anda dapat memilih furnitur serbaguna yang memuaskan dari sudut pandang visual.

6. Mari buat partisi dan zonasi

 Kamar Tidur by IK-architects
IK-architects

KEFIR HOME

IK-architects

Jika menggunakan dinding atau partisi, Anda dapat membuat konfigurasi ruang yang bagus dalam satu ruangan. Terutama saat partisi terbentuk di sekitar tempat tidur, ruangan bersih dan nyaman bisa tercipta. Jika anak tangga paling bawah atau karpet digunakan bersamaan, ruang bisa lebih jelas menyatu. Pasanglah foto dan hiasan dinding di sekitar tempat tidur agar terasa nyaman dan artistik. Ide lain yang tak kalah menarik: gunakan karpet untuk membagi ruangan. 

Masih banyak inspirasi menanti Anda:

15 Ruang Kecil Serbaguna Penuh Ide Sepanjang Hari

11 Tips Memilih Sekat Kamar Mandi yang Benar!

Dari ke-6 tips di atas, mana yang ingin segera Anda tiru?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!