by CROWN FRENCH FURNITURE

7 Langkah Mudah Memperbaharui Mebel Lama dengan Patina

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Salah satu tips dekorasi atau juga tips membuat ruang mempunyai penamplan yang berbeda adalah menambahkan perabot artistik ke dalam ruangan tersebut. Anda yang mempunyai bujet lebih bisa memilih perabot sudah jadi di showroom yang sesuai dengan interior rumah serta kepribadian Anda. Namun Anda yang mempunyai bujet terbatas, Anda bisa menerapkan teknik patina pada furnitur lama Anda.

Patina dalam dekorasi furnitur adalah sebuah tenik mewarna kayu dengan melakukan proses oksidasi sehingga menghasilkan furnitur kayu yang terkesan lawas. Dengan menggunakan teknik patina, furnitur Anda telihat antik dalam balutan warna kayu tua dan kasar namun tetap terlindungi dengan  baik.

Ingin belajar bagaimana menggunakan cat patina untuk mengubah furnitur di rumah Anda? Berikut ini kami ulas untuk Anda.

1. Mebel seperti apa yang pas di patina

Patina bisa dibuat di atas permukaan kayu namun tekniknya terlihat lebih cantik pada mebel antik. Contohnya pada perabotan bergaya antik dan tampak klasik seperti meja rias bergaya kolonial, tempat tidur malam, meja kerja, atau meja bergaya Provencal.

2. Alat apa yang digunakan

Untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda memerlukan beberapa materi selama proses berlangsung. Di antara mereka ada roller kecil cat, sikat dan sikat untuk dilewati cat, amplas, kain bersih, cat peratakan, cat dengan warna yang Anda inginkan untuk mengecat mebel, lilin gelap atau tidak berwarna untuk memberi hasil akhir potongan. 

3. Mengaplikasikan Lapisan Dasar yang Merata

Sebelum Anda mulai menerapkan patina pada perabotan, Anda perlu menyiapkan permukaan menggunakan dasar yang meratakan. Cat patina ini berbasis air dan sangat mirip dengan cat lateks, yang tidak berbau, sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi kan pada seluruh permukaan furnitur. Gunakan roller dan sikat untuk sudut yang tidak dapat dijangkau gulungan. Langkah ini sangat penting. Jika pewarnaan tidak rata akan merusak hasil patina.

4. Kombinasi warna

Setelah Anda mempelajari teknik ini, Anda bisa memilih warna yang Anda inginkan untuk menerapkannya. Mengecat patina memerlukan sedikit rasa seni, sehingga Anda perlu memikirkan dekorasi dengan mengkombinasikan warna cat. Yang paling umum digunakan adalah kombinasi putih dengan krem, putih dengan coklat, serta putih dengan hitam. Namun pada dasarnya, Anda bebas berkreasi.

Di atas adalah meja rias berwarna-warni yang ditandatangani oleh perancang dan aksesori merek Pinkman dengan  nuansa retro dan canggih.

5. Pengamplasan dan pengangkatan cat lama

 Bedroom by IronBug Lady
IronBug Lady

Florentina

IronBug Lady

Selanjutnya adalah , Anda harus memasangkan perabotan untuk menghilangkan semua cat lama dan biarkan rata menggunakan lapisan cat baru. Tingkat keausan akan tergantung langsung pada penampilan seperti apa yang ingin Anda capai. 

6. Lapisan lilin

Lapisan lilin, atau sealant, sering digunakan untuk melindungi hasil akhir dari perabotan kayu. Beberapa wax sudah memiliki warna. Mereka menambahkan warna pada kayu, dan sangat berguna untuk finishing furniture dengan teknik keausan. Lilin pasta mudah diaplikasikan dan tahan panas, harus diaplikasikan kembali secara berkala. Untuk menjaga kecerahan dalam potongan dan hasil yang sangat baik. Oleskan produk dengan kain bersih, oles  melingkar dan aplikasikan ke seluruh permukaan yang dilukis, biarkan kering lalu bersihkan lagi dengan lap kering bersih untuk menghilangkan kelebihan lilin. Anda akan memiliki perabotan yang indah, mengkilap dan baru lagi!

Meja belajar yang dirancang oleh A1 Lofts and Extensions di atas, dibuat dengan finishing patina dengan permukaan atas tampak warna kayu yang aus hampir merata.

7. Membersihkan lapisan lilin

 Bedroom by Gemma Art Company
Gemma Art Company

빈티지 화장대

Gemma Art Company

Setelah dicat, dibutuhkan tampilan potongan yang baru dicat dan membuang lilin gelap berlebih sehingga efek keausan akan langsung muncul di bagiannya. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan permukaan. Jenis selesai ini lebih meningkatkan teknik patina yang diterapkan, membuat bagian menonjol. 

Lihatlah betapa indahnya meja rias yang ditandatangani oleh merek aksesoris dan furnitur Korea, Gemma Art Company, telah mendapatkan wajah baru dengan patina terapan. Apakah Anda menyukai patina di dekorasi?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!