Rumah by Arquitetando ideias

28 Ide Warna Fasad Rumah Paling Inspiratif

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Apa yang terlihat dari luar memang tak selalu sama dengan kenyataan di balik permukaan. Namun dalam upaya menciptakan kesan tertentu bagi mereka yang melihat, penampilan harus dijaga sebaik mungkin. Bukan hanya penampilan fisik, tapi juga penampilan semua hal yang berkaitan dengan diri kita. Salah satunya adalah penampilan atau fasad rumah kita tercinta. Bila sebelumnya kami telah menampilkan berbagai ide mendekorasi fasad rumah dengan elemen kayu, beton, batu, dan batu bata, kali ini kami menyajikan ide fasad rumah dalam beragam warna. Ikuti ulasan selengkapnya di bawah ini.  

1. Hitam

Warna hitam tidak selalu identik dengan kegelapan. Dalam psikologi warna, hitam melambangkan kekuatan dan perlindungan sebagaimana fungsi rumah untuk para penghuninya. 

2. Emas (goldenrod)

Warna yang merupakan hasil campuran warna kuning dan coklat mencerminkan kesejahteraan, keberanian, dan kebijkasanaan. Tampak kontras di tengah suasana hijau dan cocok untuk menghadirkan keceriaan di rumah setiap hari. 

3. Abu-abu dalam balutan putih

 Rumah by TERAJIMA ARCHITECTS
TERAJIMA ARCHITECTS

モダンな外観デザイン

TERAJIMA ARCHITECTS

Warna gelap dan terang merupakan cerminan kehendak untuk menerima dua perbedaan agar bisa saling berdampingan. Agar perbedaan tidak terlalu mencolok, dipilihlah warna putih yang sedikit mengandung abu-abu di dalamnya. 

4. Gelap di antara terang

Fasad rumah ini juga mengandung warna putih dan abu-abu. Perbedaan terletak pada cara perancang mengkomposisikan kedua warna itu. Di sini warna putih diaplikasikan di bagian teratas dan terbawah rumah, sedangkan abu-abu berada di tengahnya. 

5. Coklat pastel

 Rumah by 綠藝營造
綠藝營造

房屋新建 整修修繕 農舍別墅 景觀工程

綠藝營造

Warna coklat merepresentasikan salah satu unsur alam, yaitu tanah. Bila Anda ingin menghadirkan sentuhan alam di rumah, paduan coklat pastel dan putih cocok untuk dipilih. 

6. Dinding abu-abu

Warna abu-abu memang identik dengan gaya industrial. Bagaimana jika warna ini diterapkan di rumah gaya klasik? Rumah pada contoh tampil kekinian dalam sentuhan abu-abu dan putih pada bingkai pintu dan jendela. Cara ini bisa diterapkan bila Anda berencana merenovasi rumah gaya lama dengan sentuhan modern.   

7. Warna tanah di rumah gaya rustic

Perlu biaya besar untuk merenovasi rumah gaya rustic agar sesuai dengan semangat perubahan. Rumah gaya rustic pada gambar tampak segar dan lebih hidup setelah dicat ulang dengan warna coklat, serasi dengan genteng tanah liat di atasnya. Flooring halaman terbuat dari paduan semen dan batu membuat rumah lebih kekinian. 

8. Merah dan putih

Sama seperti hitam dan putih, merah dan putih adalah paduan warna gelap dan terang yang populer. Maka tak heran bila paduan dua warna ini digunakan untuk melambangkan hal-hal yang berkaitan dengan ketetapan hati dan tujuan. Dua warna yang akan menginspirasi para penghuninya dalam kehidupan sehari-hari. 

9. Hijau mint

 Rumah by Ecosa Institute
Ecosa Institute

Container home front street view

Ecosa Institute

Pelan tapi pasti, rumah kontainer mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Mengingat bahan dasar kontainer yang berkarakter keras dan kaku, perlu dilakukan sebuah upaya kamuflase agar rumah kontainer tampak harmonis dengan sekelilingnya. Di sini warna hijau dipilih karena menimbang situasi sekitar yang dominan dengan hijaunya dedaunan.

10. Putih

Warna putih identik dengan sesuatu yang murni, suci, dan awal dari segala sesuatu. Warna putih juga akan membantu menciptakan ilusi visual agar interior rumah tampak lebih luas. Namun jika berlebihan, warna putih bisa tampak monoton. Untuk mengihindari kesan ini, ahli kami memadukannya dengan pintu kayu dan dinding batu, serta kusen jendela warna abu-abu. 

11. Hijau di mana-mana

Dalam ilmu Feng Shui warna hijau dianggap sebagai warna keberuntungan. Ini bukan hal yang irasional bila kita kaitkan keserasian warna hijau dengan hijaunya lingkungan di sekitarnya. Memandang warna hijau dipercaya dapat mendatangkan ketenangan, sehingga kita dapat beristirahat dengan nyaman sebelum kembali beraktivitas esok hari. 

12. Penuh warna

Siapa bilang warna cat rumah harus satu warna? Di rumah kita bebas menjadi diri sendiri, oleh karena itu ekspresikanlah ide-ide sepuasnya. Meski demikian pemilihan warna perlu diperhatikan agar serasi satu sama lain dan tidak terlihat berlebihan. 

13. Merah marun

Dinding merah marun bukanlah sesuatu yang mudah kita jumpai di mana saja. Rumah minimalis ini tampil memikat mata berkat paduan merah marun dan elemen kayu di beberapa titik. Pelajaran penting dari fasad rumah ini adalah, tidak perlu tampil dominan agar menonjol di tengah kerumunan. Ambil saja warna merah, dan jadilah pusat perhatian! 

14. Hijau, putih, dan abu-abu

Rumah gaya modern ini tampak sensasional dengan jendela kaca besar dan dinding tengah sebagai aksen. Meski demikian, pemilik rumah dan arsitek ingin agar rumah ini tidak melupakan suasana di sekitarnya. Dipilihlah warna hijau agar serasi dengan hijaunya rumput di halaman. Warna putih digunakan untuk menandai elemen selain dinding di fasad rumah. Sedangkan dinding geometris di tengah rumah menjadi hiasan eksterior. 

15. Dinding semen eskpos

Selain warna abu-abu, ada satu hal lain yang merupakan karakter gaya industrial, yaitu dinding semen ekspos (tanpa furnishing). Menariknya, dinding eksterior berwarna kecoklatan, mirip dengan warna tanah di sekitar rumah. Agar dinding semen menampilkan warna berbeda, tambahkan zat additive agar acian semen berwarna lebih gelap atau lebih terang. 

16. Merah bata

 Rumah by Desarrollos Proyecta
Desarrollos Proyecta

CASA AP – BARRIO PRIVADO LA MORADA – BELLA VISTA

Desarrollos Proyecta

Nuansa rustic bukan hanya hadir ketika dinding batu bata ekspos menjadi bagian dari bangunan. Warna merah bata membuat rumah gaya kolonial ini tampak terang dan menyala, apalagi dengan sentuhan warna putih di beberapa titik. 

17. Sekali lagi, abu-abu

Seiring dengan kepopuleran warna abu-abu yang sedang menanjak, produsen bahan pewarna atau cat menawarkan berbagai variasi abu-abu bila pemilik rumah tidak ingin rumahnya terlihat  sama dengan rumah tetangganya. Warna abu-abu di rumah minimalis ini begitu intens dan sederhana, sehingga rumah pun tampak lebih menarik meski tak banyak detil di sana. 

18. Ungu dan putih

Paduan warna putih dan ungu juga bukan sesuatu yang bisa kita lihat setiap hari. Namun ada alasan mengapa ungu dipilih, dan itu tak ada kaitannya dengan upaya menarik perhatian. Dalam psikologi warna ungu mencerminkan kesetiaan, kehormatan, dan kesejahteraan. maka tidak heran bila Feng Shui juga mencantumkan warna ungu sebagai salah satu warna keberuntungan. 

19. Merah dan jingga

Rumah kayu tidak harus berpenampilan dalam warna dan tektur aslinya. Pondok kayu kecil di atas bukit akan lebih mudah dikenali dari jarak jauh bila dicat dengan warna mencolok seperti contoh. 

20. Pink dan kuning

Melihat bentuk lengkung di fasad rumah, kita bisa mengenalinya sebagai karakter khas gaya Mediterania. Paduan warna terang membuat rumah peninggalan masa lalu terlihat segar dan percaya diri menatap masa depan. 

21. Abu-abu tua, abu-abu muda, dan putih

Warna abu-abu memang tak ada matinya. Atap pelana modern tampak keren karena senada dengan dinding eksterior samping kanan dan kiri. Sedangkan dinding depan adalah paduan dari dinding kayu abu-abu gelap dan dinding kaca dengan bingkai putih. Flooring pelataran adalah area parkir bermaterial beton, sangat serasi!  

22. Coklat pastel dan batu

 Rumah by Karel Keuler Architects
Karel Keuler Architects

Modern Farmhouse – Silverlakes Nature Reserve

Karel Keuler Architects

Warna coklat pastel di dinding dan aksen dinding batu alam menghasilkan penampilan cantik yang serasi dengan hijaunya rumput di halaman. Warna hitam dan putih sebagai warna sisi vertikal dan warna bingkai jendela dan pintu menjadi penyeimbang.

23. Hijau tua dan kayu

Warna hijau tua memang jarang dipilih orang sebagai warna fasad rumah. Di sini warna ini dipilih untuk menyesuaikan penampilan rumah dengan suasana alam di sekitarnya, yaitu halaman rumput, bukit di kejauhan, dan pohon-pohon di belakang rumah. Lantai dan pagar kayu dibiarkan dengan warna aslinya agar penampilan rumah merepresentasikan pohon dalam bentuk sesungguhnya, yaitu batang kayu berwarna coklat dan daun-daun hijau. 

24. Dinding semen merah bata

Fasad rumah rustic ini membuat sebuah gebrakan dengan menampilkan dinding semen ekspos berwarna merah bata. Jendela gaya vintage mengingatkan kita pada bangunan bersejarah peninggalan kolonial. Namun paduan warna merah jingga dan hijau mint membuat rumah ini siap menjadi bagian dari masa mendatang. 

25. Turqoise dan coklat tua

Paduan dua warna ini juga jarang digunakan. Coklat tua dipertimbangkan sebagai warna dominan yang diaplikasikan pada dinding dan lantai dek kayu. Dinding batu alam menjadi dekorasi eksterior yang senada dengan warna dinding interior, sehingga ada kesinambungan antara interior dan eksterior. Turqoise dan kuning berperan sebagai sentuhan kontras sehingga fasad rumah tampak modern. 

26. Kompak dengan tetangga

Dalam hidup sehari-hari sebaiknya kita tidak hanya menyesuaikan diri dengan alam sekitar, tapi juga para tetangga. Dinding rumah warna krem dipilih agar serasi dengan dua rumah lain yang bercat hijau tua dan coklat tua. Perhatikan bentuk pagar abu-abu dan coklat tua yang simpel dan berfungsi maksimal melindungi privasi penghuni rumah. 

27. Krem dan dinding batu lempeng

Berkat kemajuan teknologi saat ini batu lempeng tidak hanya tersedia dalam warna aslinya, yaitu abu-abu. Batu lempeng bisa tampil dalam warna putih, coklat dan abu-abu gelap. Di sini dinding batu lempeng merupakan paduan dari beberapa batu lempeng dengan warna berbeda, sekaligus tampil menjadi dekorasi fasad rumah yang simpel dan menyolok mata. Sedangkan dinding rumah dicat dengan warna krem agar serasi dengan nuansa warna putih kecoklatan di dinding batu

28. Coklat dan coklat

 Rumah by homify
homify

Fachada principal / Sur

homify

Dalam psikologi warna, coklat dianggap sebagai warna yang melambangkan alam sekitar, stabilitas, dan kehangatan. Pilihlah warna coklat sebagai fasad rumah untuk menonjolkan karakter-karakter tersebut di atas di mata siapa saja yang memandang rumah Anda. 

Manakh warna fasad rumah terbaik pilihan Anda?  
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!