Teras by Tania Bertolucci  de Souza  |  Arquitetos Associados

6 Inspirasi Ruang Makan Terbuka di Halaman Sempit

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Pasang naik dan pasang surut kehidupan adalah sesuatu yang dialami oleh siapa saja. Namun tak semua orang bisa menghadapinya dengan kepala tegak. Ada saat-saat tertentu di mana kita merasa tertekan dan galau. Pepatah Jepang mengatakan, ada tiga obat untuk mengatasi kesedihan. Yaitu kehangatan, makanan yang lezat, dan berkumpul bersama keluarga. Bila ketiga hal itu disatukan akan berwujud acara makan bersama, baik dengan keluarga dekat, tetangga, atau kerabat. Bila ruang makan di dalam rumah tidak cukup menampung para undangan, makan bersama di halaman jadi pilihan. Jadi mengapa tidak kita buat saja ruang permanen untuk makan bersama di halaman? Bila sedang tidak ada tamu pun ruang yang juga disebut patio ini bisa jadi tempat bersantai. Ide yang kami soroti kali ini adalah cara membagi halaman sempit agar tercipta ruangan untuk makan bersama sekaligus taman kecil di sana. Ikuti ulasannya di bawah ini. 

1. Dapur dan ruang makan terbuka

 Teras by Aonze Arquitetura
Aonze Arquitetura

Espaço Gourmet – Ville Bosquée

Aonze Arquitetura

Area masak dan makan di luar tidak perlu besar, asal ada atap yang melindunginya. Dapur dilengkapi dengan penyedot asap dan tempat penyimpanan luas. Sedangkan flooring adalah acian semen putih yang dipoles halus. Meski seluruh lahan halaman telah ditutup lantai semen, masih ada bagian tersisa untuk tanaman dan pohon. Furnitur ruang makan dari fiber tembus pandang menghadirkan atmosfer modern. 

2. Di bawah payung

Adalah hal bijaksana menetapkan sebuah gaya saat kita akan membangun ruang makan terbuka di halaman belakang. Sebagian orang memilih rangka atap baja untuk ruang makan terbuka karena material ini cocok untuk semua gaya. Sementara sebagian lainnya memilih gaya yang sesuai dengan gaya fasad dan interior rumah. 

Pada contoh ini atap dengan rangka kayu dan serat sintetis tampak serasi dengan pagar bambu, serta gaya furnitur ruang makan yang merefleksikan gaya rustic. 

3. Nuansa putih dan abu-abu

Gaya interior ruang makan terbuka memang sebaiknya disesuaikan dengan kondisi yang sudah ada. Di sini ahli kami merespon rangka kayu penyangga atap dan dinding yang berwarna putih, dengan membuat flooring beton dan dinding berlapis kayu yang difurnish abu-abu mirip warna semen. Panggangan logam mengkilap sengaja dipilih agar serasi dengan nuansa warna di sekitarnya. Keserasian juga diciptakan dari pemilihan furnitur. Kursi logam, bangku keramik, dan meja bulat cocok untuk ruang kecil. 

4. Dapur dan taman dalam ruangan

Mengubah halaman belakang menjadi ruang makan terbuka juga akan memudahkan mereka yang hobi berkebun. Bila teras ditutup dengan atap transparan, tanaman akan tumbuh subur karena mendapat cukup sinar matahari. Anda juga tidak perlu khawatir karena bisa berkebun kapan saja tanpa terkendala hujan. Selain pot, Anda perlu membuat bak-bak tanaman sebagai media tanam. Bak tanaman dari bahan batu bata dan semen seperti contoh cocok untuk Anda yang suka gaya rustic. 

5. Berlapis ubin mozaik

Siapa bilang ubin mozaik hanya cocok untuk kamar mandi? Ubin mozaik memiliki permukaan licin yang mudah dibersihkan, sehingga cocok juga untuk dapur. Di bawah atap bambu, ubin mozaik bernuansa biru membawa suasana pantai yang sejuk dan menentramkan di halaman belakang Anda. 

7. Teras beratap kaca

Dengan adanya atap transparan, teras ini akan terang sepanjang hari. Paduan nuansa coklat dan merah muda memang tidak banyak ditemukan, tapi di contoh ini kedua warna itu tampak berpadu sempurna. Dengan adanya furnitur dapur, meja tengah dapur yang bisa berfungsi sebagai ruang makan. Dengan adanya televisi, area ini bisa menjadi ruang keluarga yang menyenangkan. 

Apakah Anda menyukai ruang makan terbuka atau ruang makan tertutup (di dalam ruangan)? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!