Rumah by Rodrigo Chávez Arquitecto

Cara Mendapatkan Rumah Subsidi Murah

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Memiliki rumah memang jadi impian semua orang. Untuk di Indonesia, negara kita memiliki program rumah KPR Subsidi, yaitu “Program Sejuta Rumah” yang memfasilitasi masyarakat agar bisa memiliki hunian pribadi dengan harga terjangkau, dan juga untuk memenuhi kebutuhan hunian pribadi bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) di Indonesia. Apa saja syarat untuk mendaftar Program Sejuta Rumah?

1. Cara Mendaftarnya

Salah satu syarat kepemilikan rumah subsidi adalah WNI yang belum pernah memiliki rumah pribadi, dan belum pernah mendapatkan subsidi kepemilikan rumah.

2. Maksimal Penghasilan

Syarat lainnya untuk memperoleh KPR subsidi adalah maksimal Rp 4 juta untuk pengaju KPR subsidi rumah tapak. Dan minimal harus berusia 21 tahun atau sudah menikah.

3. Tidak Memiliki Cicilan Mobil

Untuk mendapatkan rumah subsidi Anda harus belum pernah memiliki kredit mobil sebelumnya. Atau jika Anda sedang memiliki cicilan motor, masih bisa mengajukan KPR Subsidi, namuan pastikan cicilan Anda tidak tertunggak pada saat proses pengajuan kredit rumah.

4. Kelengkapan Dokumen

Dokumen yang wajib dipersiapkan antara lain fotokopi KTP, KK, slip gaji terakhir, fotokopi NPWP, SPT tahunan, fotokopi rekening koran selama tiga bulan terakhir, surat pernyataan belum memiliki rumah, surat pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah.

5. Tidak Boleh Dijadikan Lahan Komersial

Anda wajib menempati rumah subsidi untuk pribadi, tidak boleh dijadikan lahan komersial, atau disewakan atau dialihkan ke pihak lain sebelum lima tahun untuk rumah tapak.

6. Rekam Jejak Yang Baik

Harus memiliki rekam jejak Bank yang baik, seperti tidak terlambat membayar kartu kredit, tidak terlambat melunasi angsuran, karena kalau memiliki catatan buruk akan berpengaruh terhadap pengajuan KPR

7. Uang Muka Yang Terangkau

Uang mukanya lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan rumah dengan DP antara 1-10 %. Bahkan pemerintah juga bisa memberikan bantuan DP Rp 4 juta bagi masyarakat yang membutuhkan. Jadi Anda pun dapat memiliki rumah dengan biaya yang terjangkau.

Baca juga:

Berapa Biaya Membangun Rumah?

8 Inspirasi Rumah Kecil Ala Drama Korea

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!