Ruang Keluarga by Mandalin Dizayn

12 Cara Murah Mendekorasi Interior Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah sebaiknya tidak hanya nyaman ditinggali, tapi juga nyaman dipandang. Untuk itu rumah perlu didekorasi untuk meningkatkan nilai visualnya. Lalu bagaimana biayanya? Pertanyaan ini tampaknya selalu menghantui pikiran kita saat hendak melakukan apappun. Jangan khawatir, ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik interior rumah dengan biaya terbatas. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

1. Warna senada di fasad rumah

Keserasian warna adalah hal sederhana yang bisa mempercantik rumah kita. Dinding rumah pada contoh ini berwarna rattan, dikombinasikan dengan warna merah bata pastel di atap dan lantai teras abu-abu. Paduan warna yang tidak terang, tapi juga tidak gelap, yang cocok untuk semua gaya rumah. 

2. Furnish ulang kayu

Apakah furnitur kayu di rumah sudah tampak kusam? Furnish ulang kayu bisa membuat furnitur kayu jadi mengilap dan tampak seperti baru. Furnish juga akan melindungi kayu dari kerusakan akibat suhu lembab. Furnish ulang juga semua elemen interior yang terbuat dari kayu, seperti dinding, plafon, dan lantai kayu. 

3. Hiasan warna-warni

Jika tak ada waktu buat mengecat ulang rumah, hadirkan elemen hiasan berwarna cerah di dalamnya. Di sini bantal kursi dalam warna cerah dan abu-abu tampak serasi dengan sofa bernuansa senada. Tiga lukisan berwarna terang tampil sebagai penyeimbang agar interior rumah tidak terlihat mendung. 

4. Permainan warna

Warna dominan di dapur ini adalah putih. Sentuhan warna ceria di beberapa titik memberikan kesan dinamis dan jauh dari membosankan. Kuncinya adalah pada keputusan Anda, di mana warna ceria akan diaplikasikan. 

5. Dinding batu bata

 Kamar Mandi by Ysk Tadilat
Ysk Tadilat

Bayrampaşadekorasyon

Ysk Tadilat

Dinding batu bata ekspos (tanpa cat) menjadikan ruangan apapun tampil beda. Menariknya, dinding batu bata di kamar mandi ini bukan dinding batu bata ekspos sungguhan. Menempelkan kertas dinding (wallpaper) bergambar batu bata adalah cara yang lebih ekonomis daripada membongkar dinding yang sudah ada. 

6. Meja wastafel kayu

Warna abu-abu yang sedang hits saat ini berisiko membuat ruangan terlihat pucat. Kita bisa menghindari risiko ini dengan cara efektif dan sederhana, yaitu dengan menempatkan elemen berkarakter hangat di ruangan bernuansa abu-abu. Di kamar mandi ini elemen yang dimaksud adalah meja wastafel dari bahan kayu. Fungsional sekaligus cantik untuk kamar mandi Anda. 

7. Dinding semen ekspos

Kamar tidur gaya country dalam gambar memikat siapa saja untuk masuk dan bersitirahat di dalamnya. Anda bisa menerapkan ide desain ini dengan cara melapisi dinding menggunakan acian semen yang sudah dicampur dengan serbuk batu bata agar menghasilkan warna dan tekstur seperti contoh. 

8. Rangkaian bunga segar

Tanaman dan bunga segar akan mengundang suasana alami dalam ruangan. Dapur dan ruang makan ini tampak lebih segar berkat tanaman hias di atas bak cuci piring, serta rangkaian bunga segar di atas meja makan. Pilih pot dan jambangan unik agar tanaman dan bunga segar tak kehilangan keindahannya. 

9. Rak dari palet kayu bekas

Furnitur dari palet kayu sedang populer di beberapa negara karena bobotnya ringan dan harganya yang terjangkau. Selain itu, pemanfaatan palet kayu bekas juga menjadi bagian dari upaya mengurangi timbunan sampah. Desain rak palet kayu bekas ini sangat brilian karena adanya roda di bawah rak, sehingga rak palet mudah dipindahkan sesuai kebutuhan. 

10. Mengganti tanaman

Beri kesempatan yang sama pada tanaman hias koleksi Anda untuk mempercantik ruangan. Setiap satu atau dua minggu sekali gantilah tanaman hias di ruangan Anda dengan tanaman lain. Mengganti pot tanaman dengan yang baru juga bisa mengundang atmosfer perubahan. 

11. Cat ulang pintu depan

 Jendela by Diemer Architekten
Diemer Architekten

Hauseingangstür mit Wandbeleuchtung

Diemer Architekten

Di musim liburan atau perayaan hari besar keagamaan, kita harus bersiap-siap menyambut kunjungan para tamu. Mengecat ulang pintu depan akan membuat para tamu mengetahui progres dalam hidup Anda, karena cat pintu depan yang berbeda dengan tahun lalu. 

12. Penataan cahaya

Cahaya bukan hanya membuat ruangan gelap menjadi terang. Menggeser letak lampu meja atau lampu lantai ke titik tertentu akan menciptakan perubahan suasana ruangan, terutama di malam hari. Pilih kap lampu unik agar bisa membiaskan cahaya lampu dengan pola dramatis. 

Manakah cara yang akan segera Anda terapkan untuk mengubah interior rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!