Dapur by Fraher Architects Ltd

8 Kesalahan Pada Dapur Anda dan Cara Mencegahnya

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Kali ini, semua pembahasan akan berpusat pada penataan furnitur dan kesalahan umum yang sering ditemui di dapur. Berikut ini beberapa di antaranya dan betapa mudahnya hal yang harus Anda lakukan untuk menghindarinya.

1. Pastikan tempat sampah tidak terlihat mata

 Dapur by deVOL Kitchens
deVOL Kitchens

The Arts and Crafts Kent Kitchen by deVOL

deVOL Kitchens

Dari sisa-sisa makanan hingga bungkusan makanan sampai cangkang telur, Anda tentu familiar dengan berbagai sampah dapur ini. Meski demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengosongkan atau membuangnya keluar rumah. Anda dapat menggunakan sampah yang memproses semua sisa makanan menjadi bahan kompos dan Anda juga dapat memasukkannya ke tempat sampah tak kasat mata demi menjaga ruangan tetap indah.

2. Biarkan cahaya masuk!

Dapur yang remang-remang tidak hanya sangat tidak efisien, namun juga membuat proses memasak dan menyiapkan makanan tidak bisa dinikmati. Karenanya, pastikan ada cahaya alami dari luar ruangan yang masuk ke dalam ruangan sebanyak mungkin. Anda tidak perlu memperbesar jendela atau merobohkan dinding, Anda cukup memindahkan sekat yang mengganggu atau membersihkan jendela dapur.

3. Pastikan ventilasi udara tersedia dengan baik

Sama pentingnya dengan cahaya, udara di dapur yang selalu berbau dan pengap juga harus mengalami pergantian yang sehat. Jadi, ketika Anda memasak, bukalah jendela dan nyalakan tudung asap sehingga udara dapat bebas keluar masuk untuk menyegarkan atmosfer ruangan.

4. Pasang lemari tertutup

Meski tren dekorasi sekarang lebih kepada rak-rak terbuka pada dapur Anda, namun dapur klasik dengan lemari berpintu membuat penyimpanan lebih bersih dan bebas kuman dan debu. Anda tidak perlu sering membersihkan peralatan karena tersimpannya mereka di ruang penyimpanan yang tertutup dan rapi.

5. Jangan berlebihan dengan bahan metal

Bahan metal memang sangat bergaya, higienis dan terkesan modern. Meski begitu, Anda tidak sebaiknya memiliki dan menggunakan bahan ini dalam jumlah berlebih karena akan terlihat aneh pada dapur Anda. Terlalu banyak elemen bersinar karena bahan metal yang reflektif membuat dapur terkesan dingin dan Anda bahkan bisa melihat cipratan lemak makanan dan sidik jari Anda.

6. Sediakan sumber cahaya yang berbeda

Berbagai sumber cahaya diperlukan dalam dapur, dan sebaiknya tidak hanya satu saja. Hal ini berlaku tidak hanya untuk dapur saja, namun untuk setiap ruangan di dalam rumah. Begitulah cara konsep pencahayaan dalam ruangan menjadi lebih hangat, mengundang dan mendukung atmosfer ruangan.

7. Permukaan yang terlindungi

 Dapur by NAKED Kitchens
NAKED Kitchens

Classic Kitchen Design

NAKED Kitchens

Entah itu bahan kayu, bahan marbel atau bahan granit, material alami kini sangat populer untuk digunakan di dapur. Meski begitu, pastikan bahan-bahan ini memiliki lapisan pelindung yang menjaganya tahan lama dan terhindar dari noda air, anggur merah, lemak dan minyak.

8. Hindarilah terlalu banyak dekorasi pada dapur

 Dapur by deVOL Kitchens
deVOL Kitchens

The Leicestershire Kitchen in the Woods by deVOL

deVOL Kitchens

Objek dekoratif seperti vas, lilin, mangkok dan sebagainya memang memberikan kesan menarik pada ruangan. Namun jangan menambahkan dekorasi yang tidak memiliki fungsi apapun dan hanya ada sebagai penghias semata yang memakan tempat dan akan dilapisi debu, seperti pot tanaman obat, buku masak, alas teh dan lain sebagainya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!