Kamar Tidur by Imativa Arquitectos

10 Cara Agar Plafon Rumah Jadi Fantastis

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Plafon adalah bagian rumah yang jarang diperhatikan orang. Biasanya plafon bercat putih dan terbentuk dari sekumpulan eternit yang ditata untuk memastikan air hujan tidak merembes ke dalam rumah. Dahulu hampir tak ada pemilik rumah yang mempertimbangkan plafon sebagai bagian dari desain dan dekorasi rumah. 

Di masa kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan tampilan plafon. Antara lain mengecat plafon dengan warna kontras, mengoptimalkan lampu sebagai bagian elemen dekorasi, mendekorasi plafon dengan tekstur, dan cara-cara lain yang belum pernah dilakukan oleh para senior kita. Kami mengusulkan beberapa pilihan yang dapat diterapkan untuk memperindah plafon rumah Anda.  

1. Cahaya sebagai warna

Di dapur ini plafon gantung digunakan untuk menonjolkan bagian tengah ruangan, lalu disematkan lampu yang membiaskan warna. Seluruh bagian plafon dicat dengan warna netral, dan tampak lebih bervariasi dengan adanya cahaya. Sebuah dekorasi dengan detil halus dan modern. 

2. Plafon abu-abu

Seperti contoh sebelumnya, warna furnitur (abu-abu) dapat diaplikasikan pada plafon untuk menciptakan penampilan yang serasi dengan gaya interior ruangan. Penempatan lampu seperti pada gambar menghasilkan kesan seakan plafon melayang di udara. Ilusi optik fenomenal di plafon cenderung rendah yang menonjolkan kehebatan perancangnya. 

3. Plafon dengan balok kayu

Inilah plafon yang tampil hangat, sangat detil, dan sempurna. Plafon tersusun dari struktur balok kayu berbentuk bulat dan penutup dari bahan rotan yang merupakan karakteristik plafon rumah pedesaan di area beriklim tropis. Anda pasti tak asing dengan plafon semacam ini bukan? Furnitur dan detil pada pintu dan jendela konsisten dengan penampilan plafon. Sebuah desain yang mampu berbicara banyak tentang kesempurnaan perancangnya, siapapun ia. 

4. Dengan warna lembut

 Ruang Keluarga by MARIANGEL COGHLAN

Pada contoh ini plafon dicat dengan warna yang senada dengan dinding, bukan putih atau beige. Furnitur dan tekstil yang digunakan di rauangan ini juga tampil dalam warna senada. 

Anda bisa menggunakan color chart, atau grafik warna, sebagai panduan memilih warna yang dapat menonjolkan ruangan. Ingatlah bahwa warna gelap akan mempertegas kehadiran plafon secara visual, sehingga cocok untuk plafon yang terlalu tinggi. 

5. Sebagai pencerah

 Kamar Tidur by kababie arquitectos
kababie arquitectos

Departamento DL

kababie arquitectos

Kamar tidur ini didekorasi dengan nunasa warna yang tidak biasa. Dinding dicat dengan warna abu-abu tua, demikian juga lantai kayu dan bedcover. Bila hampir semua elemen dalam ruangan tampil dalam warna gelap, lalu warna apa yang sebaiknya diaplikasikan pada plafon? Mudah saja. Berikan sedikit pencerahan pada kamar tidur ini. Warna putih dipilih sebagai warna plafon. Namun warna putih ini tidak terlalu terang untuk menghindari timbulnya kesan kontras yang terlalu kuat. Di sini plafon berhasil mencerahkan ruangan dengan cara yang tak terlalu menonjol.  

6. Menjelaskan fungsi area dengan balok kayu

Tak diragukan lagi, tempat tidur adalah furnitur utama di kamar tidur. Dekorasi pada plafon di atas tempat tidur memperjelas fungsi area itu secara artistik. Permainan material membuat plafon rumah menjadi batu permata yang menonjolkan sebuah area dalam ruangan. 

7. Warna merah

Kamar mandi ini sempit. Namun orang yang masuk ke sini tidak akan menyadari kekurangan ini, karena perhatian mereka terpancing oleh warna plafon yang merah menyala. Apa yang pertama kali Anda perhatikan saat melihat gambar ini, pasti plafonnya kan? Solusi yang menyolok mata, tapi sangat efektif. 

8. Balok kayu bercat putih

Di sini struktur balok kayu disamarkan dengan cara dicat sewarna seperti dinding, kain pelapis furnitur, dan seprei. Plafon balok kayu di ruangan ini rendah, sehingga warna putih membuat plafon terlihat tinggi. 

9. Kombinasi warna

Bagaimana pendapat Anda tentang dapur ini? Ada paduan menarik antara meja dapur putih dan backsplash warna hitam. Namun detil yang memukau di sini adalah plafon, di mana kedua warna itu tertata rapi di sana dan cahaya menyinari semuanya. Solusi yang tidak lazim, tapi sempurna bukan? 

10. Plafon kayu

Plafon dapur ini telah ditutup panel kayu yang sejenis dan sewarna dengan kayu pelapis dinding dan laci kayu di bawah meja dapur. Tidak seperti contoh lainnya, seluruh area dapur berada di bawah plafon kayu dengan bingkai cahaya sehingga area ini tampak menonjol dibandingkan lainnya. 

Manakah plafon rumah idaman pilihan Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!