Ruang Makan by lluiscorbellajordi

9 Keuntungan Menggunakan Baja sebagai Rangka Rumah

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Struktur pada sebuah rumah ibarat rangka pada tubuh manusia. Ia membantu rumah agar tetap tegak dan kokoh berdiri. Setiap rumah memiliki rangka yang berbeda. Namun, pada umumnya, rumah kuno menggunakan batu bata dan batu alam sebagai material utama untuk rangkanya.

Lain halnya dengan rumah modern. Dengan kemajuan teknologi saat ini, pilihan material rangka rumah kian beragam. Baja menjadi salah satunya. Ya, karena sifatnya kuat dan tahan lama, baja dianggap menjadi pilihan yang pas untuk menopang rumah masa kini agar tetap kokoh berdiri.Tak melulu tersembunyi di dalam dinding, baja bahkan juga bisa menjadi rangka di luar dinding yang turut mempercantik rumah, lho. 

Berikut 9 kelebihan yang ditawarkan baja saat material ini digunakan sebagai rangka pada rumah Anda. Simak, yuk!

1. Cantik, Sekaligus Memungkinkan Efisiensi Waktu Kerja

Untuk rumah berukuran mungil, idealnya, proses penyusunan konstruksi tak memakan banyak waktu. Pekerjaan ini harus bisa dilakukan seefisien mungkin, demi menghemat waktu sekaligus biaya. Penggunaan rangka baja memungkinkan hal ini dicapai. 

Balkon pada gambar di atas adalah contohnya. Meski penggunaan rangka baja pada balkon membuat biaya yang dikeluarkan agak mahal, ada beberapa kelebihan yang pemilik rumah dapatkan. Di antaranya yaitu dari segi ketahanan material dan kemudahan rekonstruksi ulang bila nantinya diperlukan.

​2. Menciptakan Kesan Lega pada Ruangan

 Dapur by miba architects
miba architects

LARA RIOS HOUSE: Cocina

miba architects

Berbeda dengan beton dan kayu, baja tidak memakan banyak ruang, sehingga ruangan di rumah Anda bisa terkesan lebih lega. Kelebihan ini tentu jadi nilai plus tersendiri, terutama untuk Anda yang menginginkan rumah dengan konsep minimalis-modern. 

Anda bisa memanfaatkan baja sebagai kusen pintu, kusen jendela, atau dekorasi bagian langit-langit ruangan.

3. Dikombinasi dengan Material Lainnya, Kenapa Tidak?

Tak hanya dikombinasi dengan sesama baja, baja juga cocok dikombinasikan dengan material lainnya. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Pada gambar itu, terlihat bagaimana material baja dikombinasikan secara apik dengan beton. Bagaimana menurut Anda?

4. Baja dan Logam Lembaran

Gambar di atas adalah contoh bagaimana baja dikombinasikan dengan logam lembaran sehingga menghasilkan langit-langit rumah berkonsep industrial. Berkat perpaduan rangka baja berwarna putih dan logam lembaran berwarna perak, rumah bernuansa putih itu terlihat semakin stunning. Setuju?

5. Mempermudah Renovasi

Penggunaan baja sebagai rangka rumah juga mempermudah proses renovasi bila prosedur ini diperlukan sewaktu-waktu. Ya, tak seperti pilar-pilar beton yang mungkin akan pecah saat rumah direnovasi, pilar dari baja lebih kuat dan anti pecah. Dengan begini, rumah terkesan lebih rapi meski sedang dalam tahap renovasi.

6. Tidak Memberi Beban Ekstra pada Rumah

Ketimbang beton, baja jelas lebih ringan. Dengan begitu, material ini tak akan membebani rumah secara signifikan. Selain itu, material baja juga lebih awet, mudah dipasang, dan mudah dipindahkan. Jadi, yuk, mulai lirik baja sebagai bahan pilihan untuk langit-langit, kusen pintu, dan jendela!

7. Bantu Maksimalkan Tiap Sudut Ruang

Pemanfaatan rangka baja juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan di rumah. Ya, cukup dengan membentuk baja ringan menjadi tiang-tiang, lalu tambahkan matras tebal yang empuk seperti pada gambar di atas, seketika sudut ruangan pun berubah jadi tempat istirahat yang nyaman. Hmmm.. Inspiratif, bukan?

8. Ciptakan Kebaruan dengan Suasana Industrial

Untuk Anda yang menginginkan rumah modern dengan konsep industrial, gambar di atas cukup menginspirasi. Penempatan baja sebagai tiang penyangga di tengah ruangan bernuansa modern ini berhasil menghadirkan kebaruan, sehingga ruangan tampak tak biasa, ya?

​9. Dekorasi Cantik Tanpa Batas

Penggunaan baja sebagai material rangka rumah juga memungkinkan Anda mendekorasi ruangan dengan ide tanpa batas. Sebab, kekuatan dan ketahanan baja jelas lebih baik ketimbang beton, kayu, dan material lainnya.

Punya ide unik lain dalam mendekorasi rumah? Yuk, beri tahu kami lewat kolom komentar di bawah ini!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!