Dapur by Designer House

9 Desain Dapur Untuk Memasak Lebih Efektif

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada beberapa jenis dapur yang dapat kita pilih sesuai bentuk lahan yang tersedia. Namun bila ruang dapur yang kita miliki tidak terlalu luas, pertimbangan panjang dan matang perlu dilakukan agar aktivitas memasak lebih efektif tanpa merusak estetika visual interior rumah. Untuk itu, kali ini homify merekomendasikan sembilan desain dapur berikut untuk Anda. 

1. Dua area untuk dua fungsi

  by Janete Krueger Arquitetura e Design

Pada desain pertama adalah dapur dua dimensional yang dibagi menjadi dua area untuk dua keperluan yang berbeda. Area sebelah kiri digunakan sebagai bak cuci piring dan kompor. Sementara area sebelah kanan berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan peralatan memasak. Bisa juga digunakan untuk mengiris bahan makanan, meracik bumbu, atau mengaduk adonan kue sebelum dimasukkan dalam oven. Dengan cara ini bahan makanan dapat terjaga kebersihannya karena tidak terpercik sabun dari bak cuci piring. Acara masak bersama pun pasti jadi lebih seru. 

2. Meja dapur cantik dan kuat

Contoh ini mirip dengan desain dapur di atas. Perbedaannya ada pada bahan yang digunakan sebagai meja dapur. Granit memang terkenal akan kekuatannya terhadap panas dan percikan air. Tampilannya pun tidak mengecewakan. Ide membuat lemari dapur yang tingginya sama dengan tinggi manusia adalah ide cerdas. Tidak perlu khawatir pintu lemari mudah rusak akibat percikan air dari bak cuci piring, karena terbuat dari bahan kaca dan kayu yang tahan air dan mudah dibersihkan. 

3. Sentuhan kesederhanaan

Dalam ruang sempit kehadiran jendela dapat membantu memperluas ruangan secara visual. Bingkai jendela yang dicat hijau menjadi pusat perhatian, sehingga orang tidak menyadari betapa imutnya dapur ini. Furnitur modern dan flooring rustic merupakan paduan yang menjadikan dapur ini menarik secara sederhana. 

4. Terintegrasi dengan area makan

Meja panjang yang berhimpitan dengan meja makan berfungsi sebagai area penghantar, di mana kita bisa meletakkan makanan yang sudah matang di sini untuk disantap anggota keluarga yang sudah menanti di meja makan. Sangat cocok untuk Anda dan keluarga yang menyukai menyantap masakan hangat segera setelah diangkat dari kompor.  

5. Putih dan bersih

 Dapur by iloftyou
iloftyou

Cocina y baño en Sant Martí

iloftyou

Sebagian orang menganggap penggunaan warna putih untuk dapur kurang ideal mengingat warna putih lebih cepat terlihat kotor dibanding warna lainnya. Desainer dapur ini menawarkan solusi dengan cara menggunakan warna abu-abu untuk backsplash dan meja dapur. Lemari gantung juga berfungsi sebagai sarang untuk lampu. Paduan harmonis yang fungsional.  

6. Lantai dapur bermotif

 Dapur by Sincro
Sincro

Zona de trabajo cocina – SINCRO

Sincro

Paduan warna putih dan beige membuat dapur ini cerah alami. Lantai dapur berfungsi sebagai elemen dekoratif berkat pola hias yang simpel dengan detil sederhana. Perlu diingat untuk memilih bahan flooring dapur yang tahan lama, kuat, dan mudah dibersihkan mengingat aktivitas yang dilakukan di ruangan ini. 

7. Dapur minimalis industrial

Putih keabu-abuan adalah karakter industrial yang sangat mudah dikenali. Di sini backsplash abu-abu tua tampil sebagai kontras yang fungsional. Nuansa gelap diatasi dengan lampu tersembunyi di balik lemari gantung. Di meja seberangnya, bak cuci piring dilengkapi dengan backsplash ubin warna putih. Meski tipis, meja dapur kayu ini terbuat dari bahan berkualitas dan tak mudah rusak akibat panas dari panci atau penggorengan yang baru diangkat dari kompor. 

8. Dinding ubin putih

Inilah desain dapur yang kami rekomendasikan bila area dapur Anda sempit memanjang. Luas area bisa ditambah meski hanya berupa kesan atau perasaan, yaitu dengan mendekorasi ruangan dengan warna putih. Di dapur ini, putih mendominasi langit-langit, lantai, lemari, hingga backsplash di dua area dapur. Warna coklat tua tampil sebagai kontras yang menyeimbangkan tampilan dapur. 

9. Mungil tapi tidak sempit

Meski kecil tapi tidak terasa sempit. Apakah rahasianya? Keterbukaan adalah jawabannya. Dapur pada contoh ini bisa diakses dari dua arah dan didekorasi dengan paduan warna-warna cerah. Baik furnitur dapur, backsplash, perangkat dapur, dan elemen di sekitarnya diorganisir agar menampilkan warna permukaan yang kemilau. Dengan cara ini ilusi keluasan akan melingkupi dapur sempit setiap hari. 

Dapur seperti apa yang paling mendukung aktivitas memasak Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!