Kamar Tidur by Finchstudio

6 Tips Feng Shui untuk Menata Kamar Tidur

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Pernahkah Anda terpikir untuk membangun rumah dengan menggunakan ilmu Feng Shui? 

Well, baru-baru ini, banyak arsitek yang menggunakan atau memadukan ilmu Feng Shui di dalam pekerjaannya. Dan tempat-tempat penting di rumah menurut Feng Shui, adalah pintu masuk, dapur, dan kamar tidur. 

Hal terakhir menjadi lebih penting, karena ruangan ini yang melindungi tubuh kita di saat tidur, yang rentan atau berkaitan erat dengan alam bawah sadar. 

Dan pada Buku Ide kali ini, kami akan mengenalkan pada Anda hal-hal yang perlu Anda perhatikan di kamar tidur, berdasarkan ilmu Feng Shui. Silahkan bandingkan dengan kamar tidur Anda di rumah.

1. Hindari Penggunaan Loteng sebagai Ruang Tidur

Dalam situasi perumahan di perkotaan, maka kita harus bisa memaksimalkan penggunaan ruang hidup dengan sangat baik, dan efisien. Tapi di dalam ilmu Feng Shui, kamar tidur di loteng itu, tidak baik. 

Pertama, kita tidak akan bisa tidur dengan tenang karena ketinggian langit-langitnya rendah, yang akan membuat kita cenderung merasa tidak nyaman. Tapi jika Anda benar-benar tidak bisa menghindarinya, maka hiaslah langit-langit kamar dengan gambar langit atau lautan, atau gambar lain yang akan membuat ruangan terasa luas. Dan selain itu, langit-langit yang cenderung miring pada loteng, akan membuat keseimbangan ruangan menjadi buruk.

2. Rapatkan Tempat Tidur dengan Dinding

 Kamar Tidur by Bloomint design
Bloomint design

HOTEL CAL REIET – THE MAIN HOUSE

Bloomint design

Di mana posisi tempat tidur Anda berada? Apakah persis menempel pada dinding? 

Ilmu Feng shui mengatakan, bahwa jika ada jarak kosong atau gap antara tempat tidur dengan dinding, maka akan ada aliran kuat yang mengalir ke sana, yang akan membuat Anda sulit mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Jadi, rapatkan satu sisi tempat tidur Anda dengan dinding. 

Dan jika tempat tidur Anda tidak memiliki headboard dan Anda memilih untuk merapatkan sisi tersebut pada dinding, maka pasanglah headboard baru. Kita tidak akan bisa beristirahat dengan tenang jika tidak ada sesuatu di sisi kepala kita.

3. Posisi Tepat untuk Cermin Anda

Cermin adalah lucky item atau jimat keberuntungan yang sering disebut-sebut dalam ilmu Fengshui. Dan sisi selatan adalah tempat yang sangat baik untuk meletakkan cermin, terutama cermin satu badan, yang dapat meningkatkan penampilan kita. Dan selain itu, jangan letakkan cermin pada posisi di mana bisa terlihat sosok orang yang sedang tidur, karena kelelahan dari orang itu dapat terserap ke dalam cermin, yang kemudian memantulkannya ke seluruh ruangan. 

Tapi jika Anda benar-benar tidak bisa lagi menemukan tempat lain, maka pasanglah kain, tirai atau kelambu di sekitar tempat tidur, yang dapat menghalangi penampakan seseorang yang sedang tidur.

4. Kayu, Bahan Terbaik untuk Tempat Tidur

Apa bahan tempat tidur Anda? 

Di dalam Feng Shui, sangat direkomendasikan untuk menggunakan kayu sebagai bahan tempat tidur. 

Ya. Saat tidur, manusia akan berkeringat dan menghasilkan air yang lebih banyak dan kuat, sehingga penggunaan tempat tidur dari bahan kayu, akan membuat semuanya seimbang. Sementara pada kasus logam, bahan ini memiliki sejumlah magnet yang mengalir, yang dapat membuat tubuh tidak bisa beristirahat dengan baik. 

Tapi tenang, bagi Anda yang sudah terlanjur menggunakan bahan logam, dapat mengakali hal ini dengan mudah. Tutupilah bagian logam dengan kain seperti kapas yang memiliki sifat yang sama seperti kayu, untuk mendapatkan harmoni yang baik.

5. Tirai Ganda

 Kamar Tidur by dwarf

Di dalam ilmu Feng Shui, disebutkan bahwa ada hawa baik yang keluar pada malam hari. Dan jika tidak ada tirai pada jendela kamar Anda, maka hawa itu akan bocor ke luar. Jadi, sangat penting untuk melipatgandakan penggunaan tirai untuk mencegah hal ini terjadi. 

Kita bisa mengatasinya dengan memasang dua buah gorden, satu berenda, dan satu lagi gorden biasa.

6. Perhatikan Posisi Pintu dan Tempat Tidur

Posisi terbaik tempat tidur bagi setiap orang, tentu berbeda-beda. Tapi bagaimana pun itu, perhatikan di mana posisi sisi kepala pada tempat tidur, dengan posisi pintu. Hindari posisi kepala pada tempat tidur yang segaris dengan pintu. Hal ini akan membuat waktu tidur Anda terganggu, karena pintu yang bisa dibuka kapan saja. Hindari pengaturan seperti ini dengan sedikit menggeser posisi tempat tidur Anda, atau membuat jarak antara tempat tidur dan pintu.

Tulis pendapat Anda di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!