by de-cube

6 Tips Membasmi Jamur di Rumah Anda!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Apakah perlindungan rumah terhadap jamur yang merusak bangunan dan tampilan interior Anda sudah maksimal? Dengan dimulainya musim hujan yang dingin dan membuat bagian dalam rumah yang tertutup menjadi tempat strategis untuk jamur berkembang biak dan merusak rumah Anda, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan di berbagai area di rumah Anda sebagai berikut.

1. Kontrol jamur dari kontrol kondensasi

Poin utama dari proteksi terhadap jamur adalah untuk mencegah kerusakan karena kondensasi. Di gambar tampak sebuah kamar dengan dinding berjamur. Kamar yang tampak hangat ini tentu mengundang siapa saja untuk beristirahat di dalamnya. Namun, keberadaan jendela besar di ruangan ini juga memungkinkan mudahnya tercipta uap air karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar ruangan ketika udara dingin. Jika dibiarkan, lama-kelamaan akan terbentuk bakteri yang merusak kertas dinding dan pelapis. Ventilasi kecil dibutuhkan untuk menyesuaikan keseimbangan suhu. Selain itu, cobalah menggunakan bahan insulasi dari awal pembangunan rumah bagi bagian-bagian dalam rumah dengan bukaan yang lebar.

2. Kontrol jamur di dapur

Di manakah masalah jamur paling sering muncul di rumah? Jawabannya adalah di dapur. Dapur yang banyak menerima kondisi lembab dari kombinasi air dan kegiatan memasak setiap harinya menjadi area yang sesuai untuk membuat bakteri berkembang biak. Terutama di sekitar tempat cuci piring, saluran pembuangan, sudut segitiga, dan di sekitar lapisan karet. Hilangkan kotoran yang menempel dengan sikat gigi bekas dan semprotan asam citric dan cegah kembalinya jamur dengan mengeringkan area yang sudah dibersihkan.

3. Di dalam kulkas

modern Kitchen by Hehku
Hehku

Miele Mastercool Refrigerator

Hehku

Di dalam kulkas, sebuah tempat yang seringkali diabaikan, rentan lebih banyak lagi jamur yang harus diwaspadai. Perkembangbiakan jamur di dalam kulkas mungkin lambat dengan adanya suhu rendah di dalam kulkas, namun cukup untuk membuat jamur terus hidup. Kondisi favorit jamur adalah kondisi di mana terdapat banyak nutrisi untuk makanan jamur, yang dapat diperoleh dari makanan yang disimpan di dalam kulkas. Tunggulah beberapa menit dengan menyemprotkan ethanol sebelum menutup pintu kulkas sehingga suhu di dalam kulkas tidak langsung turun drastis. Keringkan dengan serbet kertas dan secara hati-hati bersihkan bukaan pada pintu dengan kapas.

4. Mengeringkan sesuatu di dalam rumah

 Balconies, verandas & terraces  by de-cube
de-cube

Laundry Shot

de-cube

Meski jamur lebih gampang berkembang biak didukung oleh lingkungan yang lembab, namun kegiatan mengeringkan benda basah di dalam rumah juga bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur dan kutu busuk yang tidak terlihat. Jika Anda mengeringkan ruangan, mengabaikan pencegahan jamur dapat menyebabkan adanya aroma yang tidak sedap, terutama pada pakaian yang ada dalam kondisi lembab karena udara dingin dan basah. Pastikan terdapat cukup ventilasi dan pengurangan kelembaban sehingga lembabnya cucian tidak meninggalkan bau dalam ruangan. Jika Anda mengeringkan sesuatu di dalam rumah dengan pendingin ruangan atau dengan pengering kamar mandi, sesuatu yang basah akan kering lebih cepat dan mencegah munculnya bakteri.

5. Bagaimana kondisi kamar mandi?

Berbicara mengenai area di mana tindakan pencegahan munculnya jamur paling diperlukan, ruangan yang dimaksud pasti tidak lain adalah kamar mandi. Bakteri lama-kelamaan akan menempel dan tidak mudah dibersihkan meskipun Anda rutin membersihkan kamar mandi dengan air dingin setelah digunakan atau memiliki ventilasi yang cukup. Perkembangbiakan bakteri tetap tidak dapat dicegah dengan mudah. Karenanya, cobalah menggunakan pelapis anti air di lantai dan dinding kamar mandi. Anda dapat mengganti ubin atau menambah ketahanannya terhadap air untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

6. Di dalam lemari

Di dalam lemari yang tertutup tanpa adanya ventilasi, seiring dengan bertambahnya kelembaban di dalam ruangan, area ini menjadi sarang berkembangbiaknya mikroba. Untuk itu, Anda perlu memasang penyerap kelembaban sehingga kelembaban yang terperangkap bisa dihilangkan dan dibatasi. Jika jamur bertumbuh di dalam lemari, bersihkanlah dengan kain yang sudah dicelupkan ke dalam deterjen dengan sifat alkohol steril. Keringkan area yang sudah dibersihkan sampai tidak tersisa sama sekali area yang lembab.

Mari menjaga ketahanan rumah terhadap jamur!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!