Rumah by 더 이레츠 건축가 그룹

10 Desain Pasangan Pintu dan Jendela Untuk Rumah Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Pintu dan jendela sama-sama berfungsi sebagai jalan masuk bagi cahaya dan udara. Khusus pintu, fungsi bertambah sebagai jalan keluar masuk bagi manusia dari dan ke dalam rumah. Kita bisa membentuk tampilan fasad rumah berestetika melalui desain pintu dan jendela yang serasi dengan gaya arsitektur rumah secara keseluruhan. Bisakah hal ini terwujud di rumah kecil, mengingat terbatasnya ruang yang tersedia? Tentu bisa. 10 desain pasangan pintu dan jendela berikut ini bisa menjadi panduan untuk Anda yang sedang membangun rumah kecil. 

1. Pintu geser dan pintu kayu

Perbedaan bentuk pintu bisa mendefiniskan perbedaan antara dua area masuk di rumah ini. Pintu geser kaca juga berfungsi sebagai jendela di ruang tamu. Sedangkan pintu kayu merupakan akses ke ruangan yang lebih bersifat pribadi. Di lantai atas ada pintu geser yang berukuran lebih kecil dan juga berfungsi sebagai jendela. 

2. Pintu geser dan jendela kecil

Pintu geser adalah pilihan sempurna untuk rumah kecil mengingat kemampuannya dalam menghemat ruang. Tidak ada ruang yang akan 'dimakan' oleh daun pintu, karena pintu membuka ke arah samping. Di rumah prefab ini bentuk jendela tidak terlalu besar untuk membatasi apa saja yang bisa terlihat dari luar. Dengan cara ini privasi penghuni rumah akan terjamin. 

3. Proporsional

Bentuk pintu dan jendela untuk rumah kecil sebaiknya sederhana dan tidak mengandung terlalu banyak detil. Di contoh berikut, bentuk pintu dan jendela tidak berlebihan dan serasi satu sama lain. Warna daun pintu dan bingkai jendela yang sama turut berperan membentuk keserasian ini. 

4. Warna cerah

Mengganti warna cat dinding dan pintu depan dengan warna cerah bisa mengubah penampilan rumah secara simpel dan hemat biaya. Rumah kecil karya arsitek Korea Selatan ini dihiasi bingkai kayu, pintu warna biru terang dan jendela sangat kecil. Paduan fungsi dan keindahan yang sangat manis. 

5. Warna kontras

Cara lain yang juga handal dalam mendatangkan keharmonisan visual fasad rumah adalah paduan antara warna gelap dan warna terang. Rumah bercat hitam memang tidak lazim di Indonesia. Namun warna hitam atau gelap membantu menyerap lebih banyak sinar matahari, sehingga ruamh tetap hangat meski tanpa mesin pemanas ruangan. Sebuah cara yang banyak diterapkan di negara empat musim seperti Jepang dan negara-negara Eropa. 

6. Pintu geser kayu ala Jepang

Di sini kita melihat fleksibilitas pintu kayu geser tradisional Jepang ketika ditempatkan di rumah bergaya minimalis modern. Pintu kayu yang berkisi-kisi menjadi nilai tambah bagi daya tarik visual fasad rumah. Sementara jendela adalah jendela gaya modern dengan bingkai putih yang mengamankan penghuni rumah dari pandangan mata tetangga. 

7. Pintu dan jendela gaya klasik

Pintu dan jendela gaya klasik bisa diterapkan di rumah kecil, asal keduanya ditempatkan bersebelahan an merupakan satu rangkaian yang tak terpisahkan. Mengingat dinding batu di rumah Mediteran ini sudah menjadi dekorasi fasad rumah, maka bentuk bingkai dan daun pintu pun lebih simpel untuk menghindari kesan terlalu ramai. 

8. Pintu klasik dan jendela modern

Bisakah pasangan dari dua gaya berbeda tampil harmonis? Bisa kok. Pada gambar ini sebuah rumah dengan dinding batu dilengkapi pintu gaya lama dan dua jendela kaca plus kerai seperti umumnya jendela gaya modern. Perbedaan gaya diatasi dengan memberikan satu kesamaan di antara keduanya, bahkan semua unsur yang ada di fasad rumah. Kesamaan itu adalah sentuhan akhir coklat alami pada jendela, pintu, bingkai, pilar-pilar kayu, dan atap rumah.

9. Pintu merangkap jendela

Bila pintu geser kaca juga berfungsi sebagai jendela di rumah modern, fungsi yang sama juga dipenuhi pintu kayu kuno di rumah rustic ini. Di bagian atas pintu kayu ada daun jendela kisi-kisi yang bisa dibuka atau ditutup sesuai kondisi cuaca. Fungsional, praktis, dan anggun. 

10. Jendela dan pintu putih

Warna bingkai jendela yang sama dengan warna dinding akan menciptakan keseragaman, terutama ketika kita berencana menempatkan elemen berbeda di bagian lain fasad rumah. Di rumah ini, elemen berbeda itu adalah dinding batu bata ekspos di mana area masuk rumah berada. Sekaligus menjadi penanda bagi para tamu di mana mereka harus masuk dan keluar saat berkunjung ke rumah ini.

Manakah desain pasangan pintu dan jendela yang jadi favorit Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!