Dapur built in by Novispace

7 Tips Efektif Membersihkan Dapur Dengan Bahan Ekonomis

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Penampilan dapur yang modern dan fungsional sangat mendukung aktifitas kita dalam mengolah makanan di rumah. Namun satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah menjaga kebersihan dapur. Namun seringkali karena beberapa alasan kita sering melewatkan beberapa tempat di dapur sehingga sudut tersebut menjadi dekil dan dan bau. Belum lagi jika dibiarkan terus menerus dapur yang merupakan tempat mengolah makanan akan menjadi sumber penyakit karena makanan pada akhirnya akan masuk ke dalam perut kita. 

Buku ide kali ini, kami akan memberikan tips dan langkah membersihkan dapur dengan bahan ekonomis yang akan pasti akan membuat dapur Anda bersih, rapi dan higienis tanpa menghabiskan uang banyak.

1. Membersihkan kompor

 Dapur by ESTUDIO FD

Kompor dapat dibersihkan menggunakan produk pembersih apa saja. Anda bisa dengan mudah memanfaatkan sabun cuci piring yang dengan cepat akan menghilangkan lemak atau sisa percikan minyak. Jika Anda menyukai cara alami, bersihkan dengan menggunakan air jeruk nipis atau lemon unyuk membuat kompor bersih dan mengkilap.

2. Membersihkan meja kerja dan kabinet

Meja dapur banyak bersentuhan langsung dengan bahan makanan karena disitulah Anda menaruh, memotong, mencincang bahan-bahan sebelum memasaknya. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya setiap kali Anda selesai memasak. Hal ini tidak akan memakan waktu lama.  Mengelapnya menggunakan kain lap bersih saja cukup untuk membersihkan bekas buah-buahan dan sayuran. 

Lain halnya dengan bekas daging atau telur yang mungkin membawa E. coli atau salmonela. Anda perlu produk pembersih yang khusus untuk membunuh kuman, terutama yang berbentuk semprotan dan bisa langsung digunakan tanpa perlu tambahan air. Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan karet pada saat bersih-bersih dan harus selalu mengikuti uatnya.

3. Mencuci peralatan memasak

Noda panci aluminium gosong akan sirna dengan menggunakan krim of tar tar, begitu juga dengan kusen almunimum dan peraltan lain yang terbuat dari aluminium.

4. Mencuci sink

Sink seringkali terlihat dekil dan kusam, gunakan sink dan cuka untuk membuatnya bersinar kembali.

5. Membersihkan kulkas dan lemari dapur

 Unit dapur by Glascouture by Schenk Glasdesign
Glascouture by Schenk Glasdesign

Eine schlichte Küchenzeile mit mattierter Glasoberfläche

Glascouture by Schenk Glasdesign

Walaupun di dalam tempat yang tertutup, kita tetap harus
membersikan kulkas, laci dan lemari dapur. Keluarkan semua barang, kemudian bersihkan dalamnya. Gunakan semprotan disinfektan dan lap untuk menyeka bagian dalam laci dan lemari, baik lemari di lantai maupun lemari pada dinding. Lap bagian luarnya. Jika perlu, gunakan tangga kecil atau kursi untuk menjangkau bagian lemari dinding dan rak piring yang lebih tinggi.  Gunakan pembersih yang tepat. Air hangat bercampur sabun bisa dipakai untuk mengelap lemari dapur berbahan sintetis. Untuk lemari berbahan kayu, Anda memerlukan produk pembersih dan pemoles khusus. Poles gagang pintu lemari dan laci. Kalau pegangan pintu lemari Anda terbuat dari logam dan terlihat berminyak, lepas dan rendam di dalam baskom berisi air sabun, kemudian seka dan keringkan.

6. Membuang sampah

 Dapur by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

Masia Olive, Cream , Decor Jewel Cream 7,5x15

Equipe Ceramicas

7. Mengepel lantai

 Dapur built in by Novispace
Novispace

Sandpit Lane

Novispace

Jeruk lemon, bubuk soda kue, dan cuka merupakan bahan-bahan yang dapat
digunakan untuk membersihkan dapur. Perasan jeruk lemon mampu menghilangkan noda dan mengangkat lemak di permukaan, bubuk soda kue andal dalam menyerap bau, dan cuka merupakan bahan yang efektif untuk mematikan bakteri dan jamur. Bagaimana? Siap membersihkan dapur kecil Anda?

Tips Profesional Membersihkan Rumah Dalam Waktu 1 Jam

7 Trik Membersihkan Rumah Dalam Waktu 5 Menit

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!