Teras by Bender Arquitetura

12 Inspirasi Menciptakan Taman Indah di Rumah Kecil

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Tidak ada yang lebih baik daripada memiliki area bermain di luar rumah – tempat khusus untuk bersantai, menghabiskan waktu tak terlupakan bersama keluarga atau teman, dan berhubungan dengan alam, meski hanya dengan perantaraan taman kecil.

Di kebanyakan rumah, ada kemungkinan untuk menikmati area luar. Namun saat ruang seperti itu kecil areanya, banyak orang yang memilih untuk tidak mengubahnya menjadi ruang kehidupan, karena mereka meyakini bahwa ukuran yang terbatas, adalah sebuah hambatan. 

Tapi kabar baik yang dibawa oleh para arsitek kami hari ini, adalah bahwa dengan halaman belakang yang paling kecil sekalipun, bisa menjadi lingkungan yang berkualitas, dan sangat indah.

Tidak percaya? Lihat saja contoh-contoh yang telah kami kumpulkan di dalam Buku Ide ini, dan bersiap-siaplah untuk terpana!

1. Melupakan Segala Sesuatu yang Tidak Penting…

Teras kecil ini memiliki dekorasi yang cermat dan mendetail. Dari elemen-elemen seperti lilin dan bantal, sampai struktur kayu yang dilapisi tirai ringan. Warna ungu terlihat baik dari tanaman dan dekorasi, memberikan sentuhan romantis dan lembut, cocok untuk melengkapi area santai seperti ini.

2. Teras Tertutup

Baik di depan, samping atau belakang, teras tertutup bisa menjadi solusi terbaik untuk membuat halaman Anda menjadi lebih luas. Di luar terhampar sebuah taman hijau yang rindang, sementara area kehidupan yang terlindungi, membuat transisi sebelum kita sampai di rumah. Ini adalah cara yang istimewa untuk menciptakan area masuk yang mengundang dan ramah menyambut. Selain itu, area ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat duduk-duduk di sore hari, dan menikmati alam.

3. Balkon yang Sempurna

 Teras by Erika Winters® Design
Erika Winters® Design

Choapan Decor by Erika Winters®Design

Erika Winters® Design

Dan, siapa yang bilang bahwa memiliki area di luar rumah, adalah hak istimewa yang dibatasi hanya untuk mereka yang tinggal di perumahan saja? Proyek ini menunjukkan kepada kita bahwa bahkan di apartemen pun, dimungkinkan untuk menikmati kehidupan di luar rumah. Sangat mudah untuk mengubah balkon menjadi ruang kehidupan yang berkualitas. Cukup pilih furnitur yang tepat dan sesuai, lalu hiasi dengan tanaman dan bunga.

4. Tempat yang Intim dan Sempurna di Kebun

Momen berharga tidak akan pernah cacat lagi, bagi mereka yang memiliki ruang luar yang menarik. Untuk menciptakan lingkungan hidup yang ideal, arsitek dari karya satu ini merancang sebuah pergola kayu, dan kemudian menghiasinya dengan pencahayaan yang hangat dan atraktif. Untuk melengkapi, ditanam tumbuh-tumbuhan yang menciptakan suasana akrab dan nyaman.

5. Sudut Kecil yang Menyejukkan di Musim Kemarau

Ruang halaman belakang rumah ini dimanfaatkan dengan maksimal untuk menciptakan daerah yang sepi dan tenang, termasuk menyertakan sebuah kolam renang kecil. Jika area outdoor Anda minimal 7 m², Anda bisa menciptakan lingkungan seperti ini. Dan di musim kemarau, tidak ada yang lebih baik daripada tempat seperti ini.

6. Perintah yang Direncanakan dengan Baik

Perintahnya adalah: menciptakan sebuah struktur ideal untuk melengkapi halaman belakang dengan semua dukungan yang diperlukan, untuk sebuah area duduk-duduk, bersantai, yang terbuka. Dan dalam rancangan ini, lingkungan itu juga memiliki dapur yang lengkap, dan bahkan meja makan. Dengan demikian, maka penghuninya dapat menikmati hari di luar rumah baik dalam kondisi cuaca yang cerah, maupun hujan.

7. Area yang Terintegrasi dengan Dapur

Dalam proyek ini, area eksternal selesai setelah diintegrasikan dengan dapur. Ini adalah keuntungan yang bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki dapur yang menghadap ke halaman. Dan jika dirasa perlu, penutup atau sekat bisa ditambahkan, misalnya dengan menggunakan pintu geser kaca.

8. Memberikan Dukungan yang Diperlukan

Seperti yang telah kami katakan, kurangnya ruang tidak bisa menjadi alasan untuk melupakan kehadiran area di luar rumah. Dengan kreativitas, setiap sudut dapat menjadi lingkungan hidup yang berkualitas, dengan cara memberikan dukungan yang diperlukan untuk mewujudkannya. Dalam hal ini, hanya dengan sebuah sofa pendek, beberapa bantal, lampu dan banyak tanaman, sudah membantu menciptakan suasana yang nyaman dan penuh pesona.

9. Apa yang Lebih Baik dari Kolam Renang?

 Teras by Moda Interiors
Moda Interiors

Floreat Residence

Moda Interiors

Dengan sedikit ruang lagi, maka memungkinkan untuk kita membangun sebuah kolam yang lebih besar, untuk menjadi protagonis utama halaman rumah kita. Persis seperti gambar di atas. Ruang kehidupan rumah ini juga telah dilindungi oleh sebuah penutup atau atap, di samping akses menuju bagian dalam rumah.

10. Menikmati Pemandangan

Dan jika ada pemandangan indah seperti ini, maka kita harus benar-benar memanfaatkannya. 

Ruang kehidupan pada foto di atas memang compact, namun memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menikmati alam dan menghabiskan berjam-jam di lingkungan yang nyaman dan menarik. Dan untuk melengkapi, taman menciptakan hubungan antara arsitektur dengan alam, mengurangi dampak konstruksi terhadap lanskap.

11. Sebuah Tempat yang Istimewa

Selain tampilan yang setara dengan luar biasa, ruang ini juga memiliki struktur yang compact serta cerdas untuk mengadakan acara barbecue di akhir pekan. Tanpa dinding, lingkungannya benar-benar terbuka, namun memiliki penutup untuk melindungi dari hujan, dan memberikan penampilan yang lebih ramah.

12. Halaman yang Menawan

 Teras by homify

Untuk mengakhiri Buku Ide ini, kami menyajikan sebuah atmosfir yang unik. Beberapa aspek membuat halaman ini begitu istimewa seperti lanskap yang benar-benar diperhitungkan dengan cermat, pencahayaan yang efisien, dan furnitur yang tepat. Meskipun setiap halaman memiliki kekhasan dalam kaitannya dengan bentuk dan ukuran, namun untuk menciptakan ruang yang ideal, diperlukan jaminan keharmonisan dan mengejar apa yang diperlukan untuk menciptakan atmosfir yang diinginkan.

Desain halaman belakang mana yang paling Anda sukai?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!