Dapur by P-lona

Dapur Fungsional Bergaya Loft dengan Beton Ekspos

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Konsep di balik dapur karya profesional asal Thailand ini adalah sebuah dapur sederhana dengan gaya industrial. Dapur kecil seluas 8,5 meter persegi menonjolkan fungsionalitasnya dalam bentuk bak cuci piring, rak-rak dinding, dan meja makan yang dapat dilipat. Dekorasi tetap diperhitungkan meski secara keseluruhan dapur ini terkonstuksi atas dinding beton ekspos. Di sini, finishing dinding beton, furnitur kayu, dan meja dapur granit berperan sebagai dekorasi yang berfungsi maksimal. Mari kita tinjau bagaimana tahap proses konstruksi dapur industrial karya P-Lona, profesional homify asal Saraburi, Thailand. 

1. Desain

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Profesional kami memanfaatkan gambar tiga dimensi untuk memvisualisasikan keseluruhan atmosfer dapur sebelum direalisasikan. Selain visualisasi suasana dapur, di sini kita juga bisa melihat tata letak, fungsi dan bahan masing-masing elemen. Meja dapur panjang dan lurus berfungsi sebagai area memasak dan bak cuci piring. Di seberangnya ada meja kecil yang terpasang di dinding, tepat di bawah sebuah jendela. 

Rak dan lemari adalah jenis furnitur yang bisa digantung di dinding. Sementara, area di bawah meja dapur bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan. Dapur ini terhubung dengan halaman belakang. 

2. Setelah konstruksi

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Beginilah suasana dapur ketika proses konstuksi telah usai dan tempat penyimpanan telah terpasang sesuai rencana. Bila dibandingkan dengan desain tiga dimensinya, atmosfer dapur terlihat lebih terang. Bagian fungsional dari dapur ini juga telah selesai, kecuali kompor dan penyedot asap yang belum terpasang. 

Material utama dinding adalah dinding beton yang dipoles sehingga serasi dengan material kayu untuk furnitur, pintu dan jendela yang difurnish alami. Meja dapur tetap terbuat dari granit, sedangkan lantai dapur adalah lantai semen. 

3. Rak dinding kayu

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Tampilan rak dinding didesain agar sesuai dengan ketersediaan ruang. Rak dinding ini mudah dipasang dan bahannya pun mudah didapat. Plat kayu ditempatkan dalam rangka rak yang terbuat dari baja, sekaligus untuk menyamarkan penampilan rangka. Tinggi dan ukuran rak dapat disesuaikan menurut ketinggian dinding dapur

4. Lemari dinding kayu

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Furnitur lain yang digunakan sebagai tempat penyimpanan adalah lemari dinding. Lemari ini terbuat dari kayu yang difurnish sedemikian rupa agar serasi dengan penampilan dapur yang setengah jadi. Pintu lemari terbuat dari kaca agar pengguna dapat melihat dengan mudah apa yang tersimpan di dalamnya. Lemari dinding ini ditempatkan di atas meja dapur, yaitu area yang sering digunakan di ruangan ini. 

5. Meja bar lipat

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Area duduk di dapur ini dilengkapi semacam meja bar yang dapat dilipat ketika tidak digunakan. Meja terbuat dari kayu yang tahan lama dan menambahkan sentuhan alami untuk sekitarnya. Meja dipasang di seberang meja dapur. Bisa difungsikan sebagai meja makan kecil dengan menambahkan dua kursi, atau bisa juga digunakan sebagai meja untuk meletakkan makanan. 

6. Langit-langit dapur yang sempurna

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Biasanya plafon atau langit-langit dapur adalah bagian yang paling kurang diperhatikan orang. Namun tidak di dapur ini. Langit-langit didekorasi dengan balok-balok kayu yang disusun sejajar dan difurnish warna serupa dengan furnitur. Langit-langit dicat putih sehingga memberi kesan luas, dan dihiasi lampu gantung sebagai sumber penerangan sekaligus dekorasi simpel yang mencuri perhatian. 

7. Pintu dapur

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih ruangan yang ada di balik pintu kaca? Ruangan itu adalah area mencuci pakaian. Pintu dapur terbuat dari kayu, disematkan dalam dinding beton yang juga telah dipoles. Sedangkan material kaca yang digunakan adalah sejenis kaca berwarna (tinted glass) yang dapat membiaskan cahaya sehingga dapur tetap terang, dan menyamarkan pandangan dari luar. 

Tertarikkah Anda mengaplikasikan dinding beton eskpos untuk hunian?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!