Ruang Makan by Prestigious Textiles

Catat! Ini 14 Hal yang Harus Dihindari agar Tamu Nyaman Saat Berkunjung ke Rumah

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Seperti kebanyakan orang, mungkin Anda pun sering, ya, mengundang teman dan kerabat untuk berkumpul di rumah? Dengan sajian camilan enak, minuman segar, serta film menarik, acara kumpul di rumah pasti kian seru!

Eits, tapi, tahukah Anda? Sebagai tuan rumah, ada beberapa hal yang sebaiknya diantisipasi agar tamu Anda senantiasa nyaman saat berkunjung. Mau tahu apa saja? Berikut selengkapnya. Simak, yuk!

1. Kamar Mandi yang Sulit Ditemukan

 Kamar Mandi by Grand Design London Ltd
Grand Design London Ltd

The Broadway, SW19 – Extension & Bathroom Renovation

Grand Design London Ltd

Tahukah Anda? Menanyakan letak kamar mandi sampai berulang kali ke tuan rumah adalah hal yang memalukan dan cukup membuat risih para tamu, lho! Saat berkunjung ke rumah orang lain, Anda pun tentu merasakannya, bukan?

Oleh sebab itu, memastikan kamar mandi di rumah mudah ditemukan oleh para tamu adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai tuan rumah. Terkait hal ini, Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti memasang stiker petunjuk arah ke kamar mandi, menginformasikannya secara lisan, dan sebagainya.

2. Bel Rusak

 Rumah by MWE Architects
MWE Architects

Riggsacre, Corbridge

MWE Architects

Sudah menekan bel berulang kali, namun tak satu pun orang keluar untuk membukakan pintu. Terbayang betapa mengesalkannya berada di situasi ini? Nah, bila menurut Anda situasi tadi cukup mengesalkan, berusahalah agar tamu yang akan berkunjung ke rumah Anda tidak mengalaminya.

Caranya, pastikan bel rumah Anda benar-benar berfungsi dengan baik, bahkan jauh-jauh hari sebelum Anda mengundang para tamu untuk berkumpul di rumah. Bila ada yang tidak beres pada bel di rumah, segera hubungi teknisi, ya.

3. Boleh Tidaknya Sepatu Digunakan Masuk ke Rumah

Seperti halnya menanyakan letak kamar mandi, menanyakan boleh tidaknya memakai sepatu ke dalam rumah adalah hal yang cukup membuat para tamu menjadi canggung. Oleh sebab itu, sebagai tuan rumah, Anda bisa memberikan isyarat yang jelas terkait hal ini.

Misalnya, bila Anda menetapkan aturan untuk melepas sepatu sebelum masuk ke rumah, Anda bisa menempatkan rak sepatu khusus tamu di sekitar pintu masuk. Berikan tanda yang memperjelas bahwa rak itu dikhususkan untuk meletakkan sepatu para tamu. Jadi, tamu-tamu Anda pun tak lagi bertanya-tanya dalam hati, haruskah ia melepas sepatunya atau boleh membawanya masuk.

4. Handuk yang Membingungkan di Kamar Mandi

Anda juga perlu memperhatikan handuk untuk kamar mandi tamu. Pastikan di kamar mandi itu sudah tersedia handuk bersih yang bisa digunakan para tamu untuk mengeringkan tangan pasca mencucinya. Jangan sampai Anda salah meletakkan handuk dan membuat tamu bingung dengan handuk mana mereka bisa mengeringkan tangannya, ya.

5. Batasan Ruang Privat dan Non-Privat yang Kurang Jelas

Sebagai tuan rumah, Anda pun perlu memperjelas batasan ruang privat dan non-privat di rumah agar tamu tak salah masuk ruangan dan merasa canggung setelahnya. Jadi, sebelum mengundang para tamu, pastikan pintu-pintu ke area privat seperti kamar dan ruang ganti baju sudah tertutup rapat, ya.

6. Bersikap Terlalu Kaku Soal Kerapian Rumah

Semakin banyak tamu yang berkunjung, wajar bila kerapian rumah semakin berkurang. Namun, hindari bersikap terlalu kaku soal kerapian rumah, apalagi sampai membuat peraturan yang membuat tamu merasa tak nyaman, ya.

Memang sih rumah yang berantakan kelihatan kurang sedap dipandang. Akan tetapi, ingat, peraturan yang terlalu kaku untuk para tamu bisa membuat mereka kapok bermain ke rumah Anda, lho.

​7. Terlalu Bersemangat Pamer Barang Baru di Rumah

Menyukai salah satu furnitur atau barang baru di rumah adalah hal yang wajar. Meski begitu, hindari untuk menyebut-nyebutnya secara berlebihan di depan para tamu, ya. Bahasan semacam ini dapat membuat tamu tidak nyaman, lho.

8. Menolak Tawaran Tamu yang Ingin Membantu Merapikan Rumah Kembali

 Ruang Makan by Oakman
Oakman

Rear Extension

Oakman

Siapa pun tentu setuju, dibantu saat merapikan rumah adalah hal yang menyenangkan. Terlebih bila saat itu rumah dalam kondisi amat berantakan pasca kedatangan tamu dalam jumlah besar. 

Oleh sebab itu, tak perlu sungkan menerima tawaran dari tamu yang ingin membantu Anda membereskan kembali seisi rumah, ya. Supaya suasana tidak canggung, ajaklah tamu Anda berbincang hangat sembari merapikan rumah. Pilihlah topik yang mereka suka, sehingga merapikan rumah terasa lebih ringan dan menyenangkan.

9. Kursi yang Kurang Pas untuk Para Tamu

 Ruang Keluarga by A1 Lofts and Extensions
A1 Lofts and Extensions

Richmond Full House Refurbishment

A1 Lofts and Extensions

Supaya para tamu dapat beraktivitas dengan nyaman selama berkunjung ke rumah Anda, pastikan kursi dan sofa yang Anda sediakan sesuai untuk mereka. Atur sofa, kursi, dan meja sedemikian rupa, sesuai tamu yang akan berkunjung.

Misalnya, bila tamu yang akan berkunjung adalah keluarga kecil dengan seorang anak balita, sediakan meja kecil khusus untuk memudahkannya saat makan nanti. Sementara, bila tamu yang akan berkunjung sudah berusia lanjut, sediakan bantal-bantal besar agar mereka senantiasa nyaman saat duduk, ya.

10. Suhu Ruangan yang Terlalu Panas

 Ruang Keluarga by House Envy
House Envy

Bloominville Storage Unit

House Envy

Semakin banyak tamu yang hadir, Anda perlu lebih concern terhadap sirkulasi udara dan suhu di dalam ruangan. Alasannya, seperti yang Anda tahu, setiap orang mengeluarkan hawa panas dari tubuhnya masing-masing. Sehingga, semakin banyak tamu Anda, ruangan pun akan semakin panas.

Sebagai tuan rumah yang baik, pastikan tamu senantiasa nyaman dan tidak kepanasan saat berkunjung, ya. Nyalakan pendingin ruangan atau bukalah jendela Anda supaya sirkulasi udara kian lancar.

11. Topik Bahasan yang Rumit

Membahas topik yang rumit tentu bukan ide bagus, terlebih saat kumpul santai bersama teman atau kerabat dekat yang datang berkunjung dari jauh. Oleh sebab itu, sebisa mungkin, hindari topik bahasan yang rumit dan berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan, ya.

​12. Atmosfer yang Tidak Nyaman

Berikutnya, Anda juga bisa menciptakan atmosfer yang nyaman selama tamu berkunjung dengan memutarkan beberapa musik yang disesuaikan dengan konsep acara maupun selera para tamu yang hadir. Hindari memutarkan musik yang tidak sesuai karena hal ini justru merusak suasana.

13. Bahasan yang Memancing Tamu Merasa Cemburu

Berbagi cerita soal kesenangan Anda dalam memperindah tiap sudut rumah setiap hari memang menyenangkan. Akan tetapi, ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan, ya. Tak hanya berpotensi membuat tamu Anda merasa kurang nyaman, topik seperti ini juga dapat membuat tamu Anda iri. Sebab, mungkin saja mereka juga ingin melakukan apa yang Anda lakukan, namun masih ada keterbatasan dana dan waktu sehingga keinginan tadi belum terwujud.

​14. Menahan Tamu yang Hendak Pulang

Terakhir, hindari menahan tamu yang hendak pulang. Bagaimana pun, setiap orang memiliki urusan masing-masing yang tentu juga perlu diprioritaskan, bukan? Lagipula, Anda dan tamu Anda itu masih bisa berkumpul kembali di lain kesempatan, kok.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!