Teras atap by Enrique Serrano  |  Fotógrafo de Arquitectura e Interiores

20 Cara Brilian Manfaatkan Halaman Belakang

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Halaman belakang dapat menjadi nilai tambah bagi sebuah rumah. Selain sebagai pelengkap yang memperindah penampilan rumah, halaman belakang dapat menjadi ruang terbuka di mana udara segar dapat dinikmati setiap saat. Halaman belakang bisa menjadi taman, atau disulap menjadi dapur dan ruang makan terbuka. 

Inilah 20 desain yang akan menunjukkan bagaimana Anda bisa merasakan manfaat memiliki halaman belakang di rumah. 

1. Ruang makan terbuka dengan bar mini adalah ruang sempurna untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Siapa saja dapat Anda undang untuk bersantai sambil menikmati udara segar.

2. Kolam renang pribadi di dekat teras berlantai dek kayu akan mendatangkan suasana liburan setiap hari.

3. Bila rumah Anda berada di dekat pantai atau gunung, mengapa tidak nikmati karya Sang Pencipta dengan membuat area teras gaya country untuk memandanginya?

4. Tidak ada pemandangan di halaman belakang selain dinding yang tinggi? Gali kreativitas Anda dan ciptakan kenyamanan seperti suasana teras ini.

 Teras by Ana Adriano
Ana Adriano

Espaço para refeições

Ana Adriano

5. Ruang keluarga terbuka dengan atap pergola. Dinding berlapis batu alam, keramik dan taman vertikal membuat siapapun yang duduk lupa berdiri.

 Teras by Micheas Arquitectos
Micheas Arquitectos

ALBERCA – TÓRTOLAS / MICHEAS ARQUITECTOS

Micheas Arquitectos

Klik di sini untuk melihat ide atap pergola rupawan lainnya. 

6. Atap pergola dikombinasikan dengan tenda matahari yang tahan air. Jika cuaca sedang cerah, area ini sempurna untuk menikmati sinar matahari pagi.

7. Kombinasi atap kayu dan furnitur rotan menghembuskan aroma gaya country di ruang makan terbuka ini.

8. Masih di rumah yang sama, hammock warna ungu menjadi dekorasi fungsional di teras belakang.

9. Di dinginnya malam, kelezatan masakan, nyala api di perapian, dan kehadiran orang-orang terdekat akan memberi kehangatan.

10. Atap kaca membuat teras di halaman belakang diterangi cahaya alami sejak pagi sampai sore hari. Di malam hari kita bisa menikmati secangkir kopi sambil memandangi bulan purnama.

11. Taman tropis ala Meksiko cocok untuk halaman belakang rumah orang Indonesia yang panas dan basah. Tanaman kaktus akan menjadi penarik perhatian berkat bentuknya yang tidak umum.

12. Kolam renang pribadi saja sudah memberikan kemewahan untuk halaman belakang Anda. Apalagi bila ditambah dapur terbuka dan area duduk dengan furnitur rotan sintetis.

13. Pilar kayu dan atap kayu tampil saling melengkapi sebagai peneduh halaman belakang. Perhatikan juga keserasian furnishing pada bingkai jendela dan furnitur kayu.

14. Pesona elemen kayu memang tak mudah pudar oleh waktu. Di sini balok kayu yang tampak telah uzur pun berhasil membuat area duduk berpanorama kolam renang jadi lebih memikat.

15. Tak punya halaman belakang? Jangan galau. Ambilah inspirasi dari teras balkon bernuansa kecoklatan ini.

Ingin merenovasi balkon dalam waktu dekat? Bacalah artikel ini dulu.

16. Struktur kayu menjadi pagar yang membatasi area duduk sebagai penanda kebutuhan akan privasi. Bisa juga digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias atau pernak-pernik pajangan lainnya.

17. Paduan warna coklat dan warna terang menegaskan kesan feminin di teras balkon. Hias dengan lampu-lampu kecil agar makin asyik buat tempat nongkrong.

18. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah keterbatasan lahan. Di teras atap ini kita bisa menikmati suasana di tengah hijaunya dedaunan dengan cara yang sedikit berbeda.

 Teras by BARDASANO ARQUITECTOS
BARDASANO ARQUITECTOS

PROYECTO: DEPARTAMENTO TORRE MURANO

BARDASANO ARQUITECTOS

19. Atap, lantai, bingkai jendela, dan bingkai pagar kaca balkon adalah kanvas, sednagkan furnitur dan pernak-pernik adalah lukisannya. Siapa yang menolak duduk-duduk manis di teras ini?

20. Suasana sekitar adalah dekorasi alami yang memperindah hunian kita setiap saat. Tergantung bagaimana cara merespon keadaan. Kerlap-kerlip lampu kota adalah alasan kita untuk menghabiskan waktu di teras balkon ini.

Manakah ide desain halaman belakang yang paling cocok untuk Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!