Dapur by homify

10 Tips Feng Shui Agar Dapur Kesayangan Anda Nampak Lebih Luas

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Dapur merupakan bagian integral dari rumah tangga manapun. Sejak zaman kuno banyak penelitian telah dilakukan oleh para ilmuwan Vastu Shashtra untuk mendapatkan kesan luas yang sempurna untuk dapur. Diyakini bahwa dapur yang dirancang sesuai dengan luasnya menarik kesehatan dan kebahagiaan yang baik dan membantu penghuni menjalani kehidupan yang bahagia. Hari ini di buku ide akan menghadirkan 10 tips untuk dapur Anda agar dapat leluasa bergerak dan memasak.

1. Posisi dapur

 Dapur by homify
homify

Kitchen entrance design

homify

Menurut Vastu Shashtra, pojok tenggara adalah tempat tinggal Dewa Api. Jadi lokasi ini ideal untuk dapur. Kompor harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga si juru masak menghadap ke arah timur sambil memasak. Pilihan terbaik kedua untuk dapur adalah bagian barat laut rumah. Pastikan dapur tidak di atas atau di bawah kamar tidur atau kamar mandi dan sebaiknya tidak berbagi dinding dengan kamar mandi.

2. Masuknya hidup sehat

Disarankan untuk memiliki pintu masuk dapur di tengah dan tidak di tikungan manapun. Arah terbaik untuk masuk dapur adalah dari timur, utara dan barat. Pastikan saja dapur tidak harus menghadap pintu masuk utama rumah.

3. Bagian air

Wastafel, keran, atau bejana yang digunakan untuk menyimpan air harus diletakkan di arah utara-timur atau utara dapur dari kompor.

​4. Api dan air

Api dan air adalah elemen yang berlawanan dan karena itu harus ditempatkan jauh satu sama lain. Karena arah selatan-timur adalah untuk Dewa Api dan kompor ditempatkan di arah tenggara, elemen air seperti wastafel, keran, saringan, teko, dan lain-lain harus ditempatkan di bagian timur laut dapur. 

​5. Kulkas

Meskipun tidak ada di zaman kuno, tapi sekarang lemari es telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah. Jika Anda menyimpan kulkas di dapur, letakkan di arah tenggara, selatan, barat atau utara. Jika Anda menempatkannya di arah barat daya, pastikan bahwa itu setidaknya berjarak satu kaki dari sudut dan dinding. Tidak disarankan meletakkan kulkas di arah utara-timur, jadi hindarilah.

6. Menyambut kesegaran

Menurut Vastu shashtra, jendela merupakan bagian penting dari dapur karena membawa energi positif dan membuat dapur tetap berventilasi baik. Satu jendela besar harus selalu dibangun di arah timur sementara jendela atau ventilator yang lebih kecil berada di selatan. Tempat untuk kipas angin harus berada di timur.

7. Menyimpannya dengan benar

 Dapur by homify
homify

Modular kitchen cabinets

homify

Dapur modular ada di sana untuk membuat dapur kita nyaman dan menciptakan ruang penyimpanan yang cukup tepat di dapur kita. Pastikan lemari penyimpanan lantai dan unit dinding diletakkan di dinding selatan dan barat dan tidak di dinding utara dan timur.

8. Peralatan listrik

Kita tidak bisa membayangkan dapur tanpa peralatan dapur modern seperti oven, microwave, mixer-grinder, dll. Kita butuh tempat untuk menyimpannya di dapur kita. Buatlah sebuah platform berbentuk L di dekat dinding dapur selatan atau tenggara, di samping platform utama dan gunakan untuk peralatan listrik di dapur.

9. Lantai

Vastu menyarankan agar lantai dapur itu terbuat dari keramik, marmer atau mosaik. Bahan ini kuat, kokoh dan tahan gores juga.

10. Warna kebahagiaan

Pilih warna yang semarak dan bahagia, seperti oranye, merah, coklat, kuning, hijau, mawar untuk dapur Anda. Vastu dengan tegas mengatakan tidak pada warna hitam di dapur. Hindari itu.

6 Cara Pintar Mengundang Energi Baik ke Rumah Anda

Rumah Prefabrikasi Tangguh, Ekonomis dan Berharga

Dari ke-10 ide di atas, mana yang paling mudah diterapkan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!