by Yantram Architectural Design Studio

10 Denah untuk Membantu Merancang Rumah Anda

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Apakah Anda sedang membangun rumah? Apakah Anda tahu mengenai pembagian ruang interior, fasad dan juga bahan-bahan bangunan?

Jika Anda sedang dalam proses itu dan belum membuat keputusan, maka Buku Ide ini, akan sesuai untuk Anda. 

Seperti yang akan Anda lihat di proyek-proyek di bawah, area kamar tidur biasanya dijaga agar tetap private, dan ruang keluarga, ruang makan dan dapur berbagi ruang yang sama, dan berkomunikasi atau berhubungan antara satu dengan lainnya, dalam satu ruang terbuka. 

Model pembagian ruangan seperti ini adalah yang paling modern, dan tidak diragukan lagi, yang paling fungsional, dan bisa diaplikasikan baik pada rumah besar maupun compact, atau kecil.

Lihatlah.

1. Rumah yang Sangat Fungsional

Rumah ini memiliki area sosial yang menghubungkan ruang keluarga dengan ruang makan, meninggalkan dapur di area semi-private yang terhubung ke ruang keluarga melalui pintu geser. Dapur berkomunikasi dengan service area yang dapat terbuka ke arah luar. 

Kamar-kamar berada di sayap rumah: kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam terletak di sebelah kamar mandi bersama dan ruang kerja, dan di sisi lain ada dua kamar tidur, kamar mandi, dan service area.

2. Rumah Kecil

Proyek rumah compact ini bisa menginspirasi pembangunan vila atau rumah di petak yang lebih kecil. Rumah memiliki ruang keluarga yang terpisah dengan perapian yang berkomunikasi dengan teras kecil. Di belakangnya ada dapur dan ruang makan. Rumah ini hanya memiliki satu kamar tidur yang nyaman untuk menampung tempat tidur ukuran queen, dan menghadap ke taman. Sebuah kamar mandi tunggal melayani semua pembagian ruangan.

3. Dengan Inti Ruang Sosial Terbuka

Lantai bawah vila ini menunjukkan kepada kita sebuah area sosial yang terpadu. Saat melewati pintu depan, Anda memasuki sebuah aula besar yang menuju ke sebuah ruang terbuka berisikan dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Area ini terbuka ke taman melalui tiga jendela besar. Lantai ini juga memiliki sebuah kamar mandi kecil dan ruang kerja kecil di sebelah tangga yang menuju area kamar tidur.

4. Rumah Besar dengan Banyak Pembagian Ruangan

  by Calapiz Arq
Calapiz Arq

planos arquitectónicos (planta baja)

Calapiz Arq

Jika Anda memiliki tanah yang luas dan anggaran yang bagus, maka pembagian ruangan ini, cocok untuk Anda. Rumah memiliki serambi yang mengarah ke ruang depan. Di sebelah kanan kita memiliki ruang makan dan dapur yang memiliki ruang makan private dan ruang serbaguna. Sementara di sebelah kiri kita memiliki area sosial dengan perapian di depan tangga, juga kamar mandi dan ruang keluarga dengan televisi.

  by Calapiz Arq
Calapiz Arq

planos arquitectónicos (primer nivel)

Calapiz Arq

Sedangkan lantai atas terbagi menjadi tiga tingkat, di mana berada kamar-kamar masing-masing dengan kamar mandi sendiri-sendiri, lemari pakaian, dan sebuah ruang keluarga yang intim.

5. Rumah yang Terang dan Terbuka

Di rumah ini ruang interior dan eksterior terhubung melalui sebuah ruangan yang terbuka ke teras dan sebaliknya. Pintu masuk dibuat melalui pintu kaca geser yang membawa kita ke area dapur yang luas, di mana terdapat meja makan yang juga bertindak membatasi ruang, mengoptimalkan keseluruhan area. Di satu sisi ada kamar mandi bersama dan kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam, dan di sisi lain ada sebuah ruang kerja dan sebuah kamar dengan tiga tempat tidur ukuran single, yang dilayani sebuah kamar mandi kecil.

6. Format yang Menarik

Proyek ini menonjol karena pembagian ruangannya yang tidak biasa. Rumah ini juga memiliki sebuah ruang keluarga yang terbuka, menyatu dengan ruang makan dan dapur. Berdekatan dengan ruang terbuka ini terdapat tiga kamar tidur dengan kamar mandi di dalam – dua kamar tidur yang lebih kecil berbagi kamar mandi namun memiliki toilet terpisah. Kamar tidur utama juga memiliki area kerja pribadi.

7. Rumah yang Terdefinisi dengan Baik

Dengan penggunaan warna, proyek ini bisa dirasakan lebih akurat. Rumah menampung ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang terintegrasi ke dalam denah terbuka yang masuk akal. Di sisi kanan kita menemukan kamar tidur utama dan sebuah kamar tidur dengan tempat tidur berukuran queen, yang berbagi kamar mandi yang sama. Rumah ini juga memiliki service area.

8. Simpel dan Geometris

  by ALO ARQUITECTURA
ALO ARQUITECTURA

PLANOS Y PROYECTOS PROFESIONALES

ALO ARQUITECTURA

Jika Anda mencari proyek super fungsional, maka denah ini adalah yang terbaik untuk Anda. Dapur sejajar dengan ruang makan yang juga tegak lurus dengan ruang keluarga, yang berarti ketiga area ini saling terkait, membentuk huruf L. Masih di lantai ini kita menemukan kamar tidur utama di belakang, dan sebuah kamar tidur untuk dua tempat tidur di sebelahnya. Kamar mandi digunakan bersama oleh keduanya, dan vila ini juga memiliki ruang untuk memarkir mobil. Simpel dan efektif.

9. Denah yang Komplit

  by AR STUDIO
AR STUDIO

Planos Arquitectónicos

AR STUDIO

Dalam proyek ini, dengan dua lantai, ruangannya saling mengikuti dengan cara yang menarik dan tidak biasa. Pintu masuk utama terletak di sebuah serambi kecil, terlindung dari pandangan luar. Saat memasuki rumah Anda akan melewati sebuah koridor yang mengarah ke taman pusat dengan pohon besar yang merupakan area sosial, di mana terdapat ruang makan, dapur terbuka dan teras.

Lantai atas juga dilengkapi dengan pemandangan taman, sebuah ruang keluarga kecil, dua kamar tidur dengan kamar mandi private, dan kamar tidur ketiga dengan kamar mandi bersama. Rumah ini juga memiliki garasi untuk dua mobil.

10. Rumah yang Besar dan Indah

Kita selesaikan Buku Ide ini dengan proyek tiga dimensi dari sebuah rumah yang besar dan indah. Area pintu memberi akses langsung ke sebuah ruang besar di mana terdapat dapur, ruang makan dan ruang keluarga yang juga terhubung ke teras belakang. Di sebelah kanan koridor membawa kita ke area kamar yang memiliki lemari pakaian, kamar mandi bersama dan akses menuju teras. Sementara di sebelah kiri kita memiliki kamar tidur utama dengan kamar mandi pribadi, walk-in closet dan pintu geser yang mengarah ke teras.

Proyek mana yang Anda anggap paling fungsional? Share pendapat Anda dengan kami.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!