Ruang Keluarga by Masters of Interior Design

15 Trik Brilian untuk Menata Furnitur di Rumah Sempit

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Meski banyak orang beranggapan rumah mungil bukanlah hal yang bagus, bukan berarti Anda harus meratapinya. Di balik keterbatasan ruang yang dimilikinya, sebenarnya rumah mungil membawa beberapa hal positif, lho. Salah satunya yaitu membuat Anda terpacu untuk lebih kreatif dan inovatif agar bisa memaksimalkan tiap jengkal ruang yang ada. 

Nah, lewat Buku Ide kali ini, kami akan menunjukkan beberapa trik jenius dalam menata furnitur di rumah mungil, agar tiap meter-persegi yang ada bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal. Yuk, simak selengkapnya!

1. Mix and Match Material dan Elemen untuk Memperkaya Ruangan

Siapa bilang rumah mungil membuat Anda tak boleh memadupadankan material dan elemen berbeda untuk memperkaya ruangan? Teknik dekor ini sah-sah saja kok dipraktikkan, termasuk untuk rumah mungil. Namun, mengingat ruang yang Anda miliki cukup terbatas, tetaplah berpegang pada prinsip “less is more” saat eksekusi, ya. Dengan begini, ruangan akan terkesan kaya, tapi tidak terlihat sempit dan sesak.

2. Distribusikan Perabotan Secara Seimbang

Benar sih bahwa memaksimalkan tiap jengkal ruang yang tersedia adalah premis dasar yang harus jadi pedoman dalam menata rumah mungil. Meski begitu, ingat untuk tetap mendistribusikan perabotan secara seimbang, ya. 

Dengan begini, tiap ruang di dalam rumah akan semakin fungsional, tetapi tetap cukup lega saat Anda dan keluarga berlalu lalang.

3. Menyesuaikan Desain Furnitur dengan Kondisi Ruangan

Ketimbang merasa frustasi dan terus-menerus membuang energi untuk merutuki rumah mungil Anda, berfokuslah pada hal-hal positif. Mulailah menyesuaikan furnitur dengan desain dan kondisi ruangan yang akan diisi. Contohnya seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. 

Profesional kami memilih dinding yang tidak full ini sebagai “panggung” untuk televisi. Supaya komposisi ruangan tetap baik, sofa yang lebih rendah dipilih sebagai pelengkapnya. Ide yang brilian, bukan?

4. Manfaatkan Sliding Door

Bila tak ingin benar-benar meniadakan dinding pembatas antar ruang, Anda dapat memanfaatkan sliding door sebagai alternatif pilihan. Berbeda dengan dinding yang sifatnya permanen, sliding door akan membatasi ruang sesuai kebutuhan Anda.  Anda bisa membuka dan menutup pintu itu sesuai tingkat privasi yang Anda dibutuhkan.

 Dapur by  Design

Sebagai info, luas rumah pada gambar di atas secara keseluruhan tak lebih dari 50 meter persegi, lho. Terlepas dari fakta bahwa dapur dan ruang tamunya menyatu, rumah ini telah menerapkan konsep yang baik dalam pemilihan pintu kamar mandinya, yaitu berupa sliding door.

5. Sofa Letter L

Di rumah mungil Anda, tiap jengkal dan meter-persegi terasa begitu berharga. Oleh sebab itu, selain harus bisa menjadi elemen dekoratif, furnitur juga harus mampu membuat ruangan terlihat lebih lapang. Jadi, lupakan sofa yang banyak dan jatuhkan pilihan di sofa Letter L ini, ya.

6. Ruang Multifungsi

 Ruang Multimedia by Style Within
Style Within

TV Wall Unit

Style Within

Dengan sedikit kreativitas dalam memadupadankan furnitur, Anda dapat membuat ruangan jadi lebih multifungsi. Kuncinya, temukan fungsi dan unsur yang sama pada ruangan yang ingin Anda integrasikan. Pada gambar di atas, ruang tamu dan perpustakaan menjadi contoh yang sempurna.

7. Satu untuk Semua

Gambar di atas adalah contoh lain dari pengintegrasian ruangan dalam rumah. Terlihat, ‘kan bagaimana dapur, ruang makan, dan area TV berbagi “panggung” yang sama? Dengan konsep integrasi yang baik, ruangan akan tetap terlihat rapi dan menawan serta jauh dari kesan kacau, kok.

8. Dapur Letter U

Boleh dibilang, desain Letter U adalah pilihan terbaik untuk desain dapur di rumah mungil. Alasannya, desain ini mampu memanfaatkan tiap sudut ruangan dengan baik. Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas.

9. Manfaatkan Koridor

 Koridor dan lorong by MIROarchitetti
MIROarchitetti

la libreria passante

MIROarchitetti

Jika dari tadi Anda merasa kami belum berhasil membuat Anda berdecak kagum, trik yang satu ini sepertinya tak akan gagal! Coba manfaatkan koridor dan tiap lorong yang ada sebagai tempat penyimpanan. Hmmm, dengan bentuk yang menarik, hal ini juga akan sekaligus membuat ruangan kian cantik, lho!

​10. Tangga Curam

modern Corridor, hallway & stairs by Rintal
Rintal

Perfecta para pequeños espacios

Rintal

Tangga berliku yang tampak megah memang menarik. Eits, tapi it's a big no untuk rumah mungil Anda. Ingat, setiap unsur di dalam rumah berukuran mungil harus serba praktis. Begitu pun untuk urusan tangga.

Nah, tangga curam seperti yang terlihat pada gambar di atas bisa menjadi pilihan.

11. Memposisikan Ranjang Full Color di Tengah Kamar

Meski memposisikan ranjang di sudut ruangan akan membantu Anda menciptakan kesan lapang pada kamar, kenyamanan saat tidur tetap harus menjadi pertimbangan utama. Oleh sebab itu, tetap tempatkan ranjang di tengah kamar dan carilah cara lain untuk memberikan amplitudo visual yang lebih besar.

Dalam hal ini, permainan warna akan cukup membantu. Warna yang tepat akan menghadirkan suasana nyaman, sehingga mampu mengalihkan fokus Anda dari sempitnya sisa lahan yang tersedia.

12. Furnitur Bongkar – Pasang

 Kamar Tidur by MINBAI
MINBAI

Cama rebatible + biblioteca + escritorio

MINBAI

Kadang, beberapa furnitur benar-benar dibutuhkan, tapi desainnya cukup memakan ruang. Nah, untuk menyiasati hal ini, Anda dapat memilih furnitur yang bisa dibongkar pasang. Jadi, saat tidak sedang digunakan furnitur tadi bisa Anda eliminasi sementara supaya ruangan lebih lega.

​13. Desain Ruangan dengan Tinggi Lebih

 Kamar Mandi by homify
homify

Bathroom

homify

Ketinggian ruangan juga memengaruhi kesan luas yang tercipta. Nah, bila kebetulan rumah Anda didesain dengan tinggi lebih, manfaatkan hal itu dengan baik, ya. Pilihlah furnitur yang sesuai. 

Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Memanfaatkan langit-langit kamar mandi yang cukup tinggi, tangki air kloset didesain di atas sehingga ruang gerak pengguna kamar mandi menjadi lebih lega.

​14. Taman di Depan Pintu Masuk

Siapa bilang lahan yang terbatas membuat Anda harus memupus mimpi memiliki taman yang cantik? Taman yang indah tak melulu memakan banyak ruang, kok. Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Ide lainnya, Anda juga bisa mewujudkan taman yang indah dalam wujud vertical garden!

​15. Minimalkan Furnitur

Tips terakhir, hindari memanfaatkan furnitur sebagai elemen utama dalam dekorasi tiap ruang di rumah Anda. Sebab, saat terlalu terpaku pada furnitur, bisa-bisa Anda secara tak sadar membuat ruangan penuh sesak dengan barang-barang yang sebenarnya tak begitu diperlukan.

Bagaimana? Setuju 'kan bahwa Ide-ide ini cukup brilian? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!