Kolam Renang by Arcadia Arquitectura

6 Langkah Wujudkan Kolam Renang Mini untuk Patio Kecil di Rumah Anda

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Memiliki kolam renang pribadi adalah impian tiap orang, begitu pun Anda, ya? Sayangnya, karena terbentur lahan yang sempit atau bujet minim, beberapa orang memilih untuk memupus mimpi itu. Padahal, mewujudkan kolam renang tak melulu harus di lahan yang luas dan mengeluarkan bujet besar, kok. Oleh sebab itu, lewat Buku Ide kali ini, kami akan membahas langkah-langkah mewujudkan kolam renang mini yang akan menginspirasi Anda. Yuk, simak selengkapnya!

1. Tentukan Konstruksi Kolam Renang

Setelah memutuskan akan mewujudkan mimpi memiliki kolam renang pribadi, mulailah membuat perencanaan berapa bujet yang akan dialokasikan. Besaran bujet ini akan mempermudah Anda menentukan kolam renang seperti apa yang bisa diwujudkan.

Jika bujet Anda cukup besar, kolam renang berkonstruksi beton tepat jadi pilihan, karena sifatnya lebih permanen, kuat, dan awet. Sementara, bila bujet yang dianggarkan terbatas, Anda bisa memilih kolam renang dari material fiber. Meski tak sekuat dan seawet kolam renang berkonstruksi beton, kolam renang fiber lebih murah serta meminimalisir kerja konstruksi karena mudah dikerjakan. Semua ini tentu membantu Anda mengefisiensi bujet dan waktu.

2. Tentukan Desain Kolam Renang

Tahap berikutnya yaitu mulailah menentukan bagaimana desain kolam renang pribadi Anda. Apakah semua kolam renang bagus? Jawabannya tidak juga. Tidak semua jenis kolam bisa terlihat indah di patio kecil. Jadi, setelah melakukan pengukuran, pikirkan baik-baik desain kolam seperti apa yang mampu menambah estetika patio kecil Anda, ya.

Desain kolam renang dari Piscinas Scualo di atas bisa menjadi referensi. Desain kolam itu tampak indah berkat penataan taman kecil di dekatnya serta batu-batu untuk air mancur.

​3. Persegi, Persegi Panjang, Atau?

Bagaimana bentuk kolam renang pribadi Anda nantinya tergantung lahan yang tersedia serta preferensi Anda sendiri. Namun, seperti yang Anda tahu, umumnya kolam renang berbentuk persegi panjang, dengan ukuran 10 x 3 meter. Alasannya, bentuk dan ukuran ini dinilai pas untuk mengakomodir Anda berenang lebih jauh dan lebih lama.

4. Kedalaman Kolam Renang

 Kolam Renang by Arcadia Arquitectura
Arcadia Arquitectura

Amenites (Terraza – Pileta)

Arcadia Arquitectura

Kedalaman adalah salah satu poin yang jadi pertanyaan banyak orang saat hendak mewujudkan kolam renang impian. Namun, sebenarnya Anda tak perlu terlalu ambil pusing soal hal ini. Sebab, kolam renang mini jarang digunakan untuk tujuan menyelam. Jadi, menurut arsitek kami, kedalamannya cukup 1 – 1,5 meter saja.

Ketimbang sibuk memikirkan kedalaman kolam renang yang hendak dibuat, lebih baik pastikan kolam renang Anda memiliki desain yang menunjang kenyamanan untuk relaksasi dan menikmati waktu santai.

​5. Aksesori Penunjang Keindahan Kolam

Untuk mengoptimalkan luas kolam yang Anda bangun, Anda dapat memilih jenis kolam dengan tepi tak terbatas. Didesain selevel dengan tinggi permukaan tanah, kolam renang ini akan tampak lebih lega.

Nah, di pinggirannya, Anda dapat menempatkan beberapa aksesori penunjang estetika kolam renang, seperti bangku dan meja .

6. Perhatikan Juga Perawatan Kolam Renang

 Kolam Renang by Piletas Crisci
Piletas Crisci

Piletas de hormigón

Piletas Crisci

Agar selalu indah, kolam renang pribadi di rumah Anda perlu dijaga kebersihan dan kejernihannya. Nah, saat ini Anda dapat lebih mudah melakukannya dengan bantuan selimut thermal untuk kolam renang. Tak hanya berfungsi sebagai pelindung bagi kolam renang, selimut ini juga dapat mengekstrak air hujan, lho.  

Selain selimut thermal, Anda juga bisa memilih pelindung berbahan alumunium yang tak sekadar membantu melindungi kolam dari kotoran, tetapi juga mampu menjaga suhu air tetap stabil, 10° Celcius lebih hangat ketimbang suhu di luar.

Nah, itulah 6 langkah yang bisa Anda lakukan untuk wujudkan kolam renang pribadi mini di rumah Anda. Semoga info ini bermanfaat, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!