Taman by Studio Botanico Ventrone Dr. Fulvio

14 Ide Brilian Mempercantik Taman dengan Bujet Terjangkau

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Tiap orang tentu senang saat taman atau patio kecil di rumahnya terlihat rapi dan memukau. Bagaimana tidak? Di samping makin cantik, penataan yang rapi dan memukau dapat membuat taman dan patio kecil tampak lebih segar, sehingga dapat menjadi tempat istirahat yang nyaman, baik di pagi maupun sore hari. Nah, lewat Buku Ide kali ini, Homify akan menyajikan ide-ide brilian untuk mempercantik taman dan patio kecil di rumah Anda dengan bujet terjangkau.

Penasaran? Berikut 14 ide brilian yang bisa Anda coba untuk mempercantik taman dan patio di rumah Anda, sekaligus membuatnya lebih hidup. Yuk, simak!

1. Padukan Batu Split dan Rumput

Untuk membuat taman dan patio tampak cantik alami, Anda dapat memadukan batu split dan rumput seperti yang terlihat pada gambar di atas. Trik ini tak akan membuat Anda repot, kok. Sebab, Anda tak harus melepas keramik yang sebelumnya sudah ada.

2. Saat Semua Unsur Cantik Menyatu

Project dari Tamen Achitectura di atas tampak begitu memesona. Tahukah Anda apa penyebabnya? Menurut kami, perpaduan semua unsur cantik menjadi satu adalah jawabannya! Lihatlah bagaimana pergola, galeri, dek kayu, rerumputan hijau, jalan setapak dari susunan batuan alam, hingga bangku ala rumah pedesaan disatukan dengan apik di sini. Tertarik menerapkan ide ini untuk patio kecil di rumah?

​3. Batu Sebagai Unsur Dominan

Alih-alih rerumputan, Studio Botanico Ventrone Dr. Fulvio justru memilih bebatuan sebagai unsur utama pengisi taman mini ini. Alasannya, bebatuan dianggap lebih praktis dan tak kalah cantik.

Berbeda dengan rumput yang membutuhkan maintainance rutin agar taman senantiasa bebas lumpur, serangga, dan kotoran, batu dianggap lebih praktis karena tak memerlukan perawatan yang intens.

4. Tempatkan Detail yang Kontras

Untuk menciptakan taman kecil yang cantik seperti pada gambar di atas, Anda hanya perlu memasukkan tone warna netral sebagai warna dasar, kemudian tempatkan kursi, furnitur, atau ornamen dengan warna yang dianggap kontras. Ide yang cukup unik, ya?

​5. Teras Senyaman Ruang Keluarga

Berikutnya, Anda juga dapat menempatkan beberapa furnitur untuk teras Anda. Namun, kali ini idenya adalah: pilih furnitur kayu yang bisa memberikan kenyamanan, senyaman santai di ruang keluarga. Voila! Teras pun jadi lebih hidup.

​6. Dominasi Beton

Saat ini, agaknya konsep modern minimalis tengah begitu populer, termasuk untuk patio dan taman. Nah, bila Anda merupakan penggemar konsep modern minimalis, ide di atas boleh jadi referensi!

7. Taman Gantung

Tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, dinding bernuansa cerah yang polos ini dapat disulap jadi lebih “hijau” seketika lewat konsep taman gantung/ vertical garden. Bagaimana? Tertarik menerapkannya di rumah Anda?

8. Bebatuan Besar dari Alam

Untuk mempercantik patio dan taman kecil di rumah, Anda juga bisa mengadaptasi ide berikut: tempatkan beberapa bebatuan besar yang benar-benar Anda cari sendiri di alam terbuka. Hasilnya tentu fantastis!

​9. Kursi Santai, Payung, dan Unsur Alam yang Indah

Meski tak ada kolam renang, Anda boleh kok mengisi patio dan taman kecil di rumah Anda dengan kursi santai beserta payungnya! Supaya suasana santai semakin sempurna, boyong atmosfir natural khas hutan tropis dengan menempatkan beberapa tanaman hijau, ya.

Ide ini terbilang cukup nyentrik sih, tapi tetap layak dicoba, kok!

10. Dry Garden

Meski tak semua orang menyukainya, harus diakui, konsep dry garden kian populer akhir-akhir ini. Dengan mengusung ide taman tanpa tanaman, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh konsep ini; di antaranya:

- Menyuguhkan tampilan yang lebih modern;

- Mudah dibersihkan;

- Membebaskan Anda dari investasi tanaman, benih, tanah, dan peralatan berkebun yang kadang membuat “kantong bolong”.

11. Area Grill Sederhana

Dengan sedikit investasi lebih, Anda dapat membuat taman di rumah makin mengesankan. Caranya, buatlah area grill sederhana di sana, seperti yang dapat dilihat pada contoh di atas.

​12. Lantai dari Semen dan Bebatuan Kecil

  by Hannah Collins Garden Design
Hannah Collins Garden Design

Contemporary Courtyard – Salford

Hannah Collins Garden Design

Dalam dunia arsitektur dan desain interior, kombinasi dua material berbeda adalah trik yang biasa dilakukan, baik untuk ruangan di dalam rumah maupun area taman dan kebun. Dalam hal ini, memastikan material yang dikombinasi mampu menciptakan tampilan yang harmonis adalah kuncinya. Bila hal ini berhasil diakukan, Anda pun akan mendapatkan hasil fantastis, dengan bujet yang lebih ekonomis!

13. Pola yang Simetris

Penataan yang apik dan simetris adalah trik lainnya yang bisa dicoba untuk mempercantik taman atau patio kecil di rumah Anda. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar,  keteraturan jarak antar pot dan penataannya yang simetris membuat taman ini cukup mengesankan.

​14. Kolam Renang Santai yang Fantastis

Terakhir, Anda juga dapat mempercantik taman kecil di rumah dengan menghadirkan kolam renang santai yang didesain fantastis. Eits, tak perlu berkecil hati! Sebab, ide ini juga dapat diwujudkan meski Anda hanya memiliki bujet minimalis.

Nah, dari keempat belas ide di atas, mana yang akan Anda eksekusi terlebih dulu? Beri tahu kami lewat kolom komentar, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!