Kamar Mandi by Cris Nunes Arquiteta

10 Ide Desain Rak untuk Kamar Mandi Mungil

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Bila hunian yang Anda miliki berukuran mini, keterbatasan ruang tentu menjadi salah satu masalah klasik yang Anda hadapi setiap hari. Tak terkecuali di kamar mandi. Padahal, sebagai salah satu ruang paling privat di rumah, idealnya kamar mandi harus senantiasa tertata rapi, agar rutinitas mandi selalu berhasil membuat Anda merasa segar dan rileks kembali. 

Terkait hal ini, menempatkan rak pada kamar mandi bisa menjadi solusi. Nah, berikut 10 ide desain rak untuk kamar mandi mungil yang bisa menjadi referensi. Rak-rak berikut akan membantu Anda agar tak bingung lagi meletakkan aneka perabot khas kamar mandi, sekaligus membuat kamar mandi tampak lebih rapi. Jadi, ayo, simak!

​1. Rak yang Didesain Tinggi, dari Dasar Lantai Hingga Langit-langit

 Kamar Mandi by Cris Nunes Arquiteta
Cris Nunes Arquiteta

Lavabo e banheiros, Maceió AL

Cris Nunes Arquiteta

Mengingat kamar mandi Anda berukuran mini, menempatkan rak yang membentang secara horizontal bukanlah pilihan bijak. Sebab, hal ini jelas memakan space, sehingga tiap inchi pada ruang kamar mandi tidak bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal. 

Oleh sebab itu, pilihlah rak yang didesain tinggi dan menempel langsung ke dinding. Contohnya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Nah, untuk memboyong ilusi lega ke kamar mandi mungil Anda, Anda bisa menempatkan cermin di belakang rak.

​2. Rak di Celah Dinding

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat sedikit celah pada dinding dan memanfaatkannya sebagai rak tambahan pada kamar mandi Anda. 

Untuk di ruang bilas, Anda bisa sedikit berkreasi dengan memilih keramik dengan efek visual tertentu, agar kamar mandi terlihat stunning!

3. Rak di Sisi Toilet

Harus diakui, area di samping toilet sering terlupakan dan dianggap tidak ada. Padahal, hal ini dapat menjadi spot yang tepat untuk menempatkan rak penyimpanan di kamar mandi, lho! Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. 

FYI, ide ini adalah salah satu yang terbaik dan paling kami sukai. Alasannya, rak yang menempel langsung ke dinding kayu itu sedikit banyak telah membawa nuansa hangat pada kamar mandi ini. Apa Anda setuju?

4. Rak Bergaya Minimalis

Menjadikan rak sebagai salah satu unsur untuk menambah sentuhan warna-warni ke dalam kamar mandi Anda adalah ide bagus! Jadi, tak ada salahnya memilih rak dengan warna tertentu yang mampu membuat kamar mandi terlihat lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan elemen dekoratif (misalnya vas lengkap dengan bunga) di salah satu space yang tersedia.

5. Rak Mini di Bawah Wastafel

 Kamar Mandi by Cris Nunes Arquiteta
Cris Nunes Arquiteta

Apartamento no cond Barra Bali, Barra de São Miguel Al

Cris Nunes Arquiteta

Seperti halnya space di samping toilet, ruang di bawah wastafel juga sering kali tidak dimanfaatkan dengan optimal. Nah, untuk Anda yang memiliki kamar mandi dengan ukuran mini, hindari kesalahan ini, ya. Mulailah memanfaatkan space yang ada di bawah wastafel, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. 

Tempatkan lemari berdesain sederhana yang memiliki beberapa laci di bawah wastafel Anda. Di samping dapat dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa handuk, lemari itu juga akan menjadi tempat penyimpanan yang tepat untuk beberapa krim kecantikan yang dibutuhkan.

O, iya. Yang perlu diingat, pastikan lemari yang Anda pilih terbuat dari bahan yang tahan kelembapan. Lemari itu juga harus bisa digeser atau dipindah dengan mudah, sehingga Anda tak kesulitan saat hendak membersihkan kamar mandi secara menyeluruh.

​6. Rak yang Harmonis dengan Laci Kamar Mandi

Bila Anda memilih untuk merenovasi kamar mandi secara keseluruhan, coba terapkan ide berikut. Pilihlah jenis dan tone warna kayu yang sama untuk rak dinding dan lemari di bawah wastafel. Trik ini akan membuat kamar mandi tampak lebih harmonis, elegan, dan modern, lho!

Untuk melakukannya, Anda bisa meminta bantuan para profesional. Mereka akan membantu Anda memilih material terbaik sekaligus mengorganisasi ruang dengan proporsional agar konsep kamar mandi impian bisa terwujud!

7. Rak di Belakang Pintu

 Kamar Mandi by Kali Arquitetura
Kali Arquitetura

SRR | Banho Suíte

Kali Arquitetura

Hampir di tiap ruangan, space di balik pintu selalu menjadi ruang yang terlupakan! Padahal, space ini sangat ideal untuk membuat rak dinding built-in

Ayo, manfaatkan space itu dengan baik untuk rak dinding built-in. Anda dapat memilih desain vertikal hingga ke langit-langit seperti pada gambar di atas.

8. Rak yang Merapat ke Kaca

Rak dinding kecil yang merapat ke kaca (menjadi bagian dari kaca kamar mandi itu sendiri) seperti gambar di atas juga bisa Anda pilih. Rak ini sangat ideal untuk menyimpan pisau cukur hingga pengering rambut, lho!

9. Rak Kecil di Dekat Wastafel

Ide di atas juga cukup brilian. Dengan memanfaatkan sedikit celah pada dinding kamar mandi, profesional kami membuat rak kayu cantik yang desainnya disesuaikan dengan perabot yang akan diletakkan.

10. Rak Vertikal di Dalam Kamar Mandi dan Ruang Bilas

Supaya ruang penyimpanan Anda semakin banyak, manfaatkan semua space vertikal, baik di dalam kamar mandi maupun di ruang shower untuk menempatkan rak-rak kecil.

Bagaimana? Semua ide desain rak di atas cukup solutif, bukan? Mana yang paling Anda sukai?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!