by Filipa Cunha Interiores

6 Trik Fantastis Untuk Membersihkan Sofa Anda

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Sofa merupakan salah satu perabotan yang hampir pasti ada di setiap rumah. Gaya apapun yang Anda pilih, tetap kenyamananlah yang menjadi faktor utama Anda membelinya. Karena akan ada banyak hal yang bisa dilakukan di atas sofa, mulai dari duduk-duduk bersama keluarga sembari berbincang hingga tidur siang. Namun sayangnya, banyak yang mengabaikan kebersihannya. Padahal ada banyak kotoran yang bisa ada di sana. Bagaimana ya cara membuatnya tetap bersih dan bebas kuman? Ini dia:

1. Darimana Memulainya?

Sebelum melakukan apapun, mulailah proses ini dengan menyikatnya dengan sikat lembut. Ini akan menghilangkan debu dan kotoran di permukaan, dan membersihkan bagian pelapisnya dengan maksimal.

2. Sofa dengan Pelapis Suede

Karena ini adalah kain yang lebih sensitif, suede harus dilap hanya dengan kain yang dibasahi air dengan deterjen netral untuk menghilangkan kotoran di atasnya. Agar tetap terlihat bagus, sebaiknya sikat sofa sekali seminggu dengan sikat yang tepat untuk jenis kain ini. Jika cairan tumpah di atasnya, Anda harus segera mengeringkannya dengan kain.

3. Kain, Linen atau Sofa Beludru

 Ruang Keluarga by Samarina projects
Samarina projects

Дизайн коттеджа В ритме загородной жизни

Samarina projects

Jenis lapisan ini memiliki ketahanan yang lebih baik daripada suede. Namun tetap berhati-hati ya, basahi kain bersih dengan campuran air (1L) dan cuka putih (1/4L) dan paskan di sofa. Anda bisa mengulang proses dengan spons yang lebih basah jika Anda ingin menghilangkan noda yang lebih sulit. Lakukan tiap bulan agar kotoran tidak menumpuk banyak.

4. Sofa dengan Pelapis Kulit

Anda bisa membersihkan pelapis sofa dari kulit dengan lap basah yang dicelupkan di campuran air dan deterjen. Jika ingin terasa lebih halus, Anda bisa menggunakan silikon cair atau Vaseline untuk memolesnya secara rutin tiga bulan sekali.

5. Bagaimana Cara Menghapus Berbagai Macam Noda?

Untuk noda dari:

- es krim: oleskan cairan dan deterjen cair;

- Anggur dan kopi: Pertama, usahakan menyerap cairan maksimal tumpah dengan handuk kertas, mulai dari perimeter noda sampai ke tengah. Kemudian masukkan ke dalam air berkarbonasi atau tonik, bersihkan lagi dan hindari menggosok. Ulangi jika perlu. Pilihan lainnya adalah melewati es di atas noda dan menyeka;

- bolpoin: basahi spons dengan cuka alkohol putih dan oleskan di atas goresan pena bolpoin, gosok dengan bagian lembut spons sampai noda daunnya. Anda juga bisa menyeka kain basah dengan pembersih make-up di atas noda;

- Lemak: untuk menghilangkan noda minyak menggunakan larutan air (1 gelas) dan sabun netral (1/4), aduk untuk membuat busa campuran ini, masukkan noda, biarkan berfungsi selama 15 menit, lepaskan. dengan kain (selalu dari luar); lap dengan lap kering dan biarkan kering.

6. Apa yang Tidak Disarankan?

Jangan pernah menggunakan produk yang mengandung klorin! Hal yang sama berlaku untuk sabun cuci karena tidak cocok untuk membersihkan sofa. Jika ragu, gunakan deterjen cair netral, produk tertentu untuk membersihkan pelapis atau gunakan jasa cuci sofa ya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!