Ruang Ganti by Studio M Arquitetura

25 Lemari Sempurna untuk Rumah Kecil

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Lemari atau rak laci, adalah sekutu terbaik dalam penyimpanan pakaian dan aksesoris. Terlebih di kamar tidur, furnitur ini akan sangat membantu Anda terutama di pagi hari, karena memberikan fungsi yang sangat besar untuk menentukan outfit of the day

Tapi kebanyakan, rumah-rumah dengan ukuran yang kecil mengalami masalah dengan penempatannya. Tapi itu bukan berarti Anda tidak bisa memilikinya. Simak beberapa ide mengenai lemari pakaian untuk rumah dengan area yang kecil di bawah ini. Yang kita butuhkan hanya sedikit kreativitas, kerja keras dan tool kit yang bagus.

1. Segmentasi Ruang

Untuk mendapatkan pengaturan barang yang lebih baik, Anda perlu menyegmentasikan ruangan Anda. Tidak perlu membuat pembagian yang besar, terkadang cukup hanya dengan memasang warna atau bahan yang berbeda seperti garis kayu dengan tone alami seperti pada foto di atas saja, sudah cukup. Partisi visual dan non-fisik seperti ini akan membantu Anda membuat sebuah ruang lebih terlihat tanpa membuang banyak space.

2. Rak di Sekeliling Ruangan

Untuk memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya, idealnya, setiap rak laci ditempatkan sejajar dengan dinding. Sehingga Anda bisa menggunakan kotak-kotak penyimpanan dan juga menyisakan space untuk menggantung baju.

3. Custom Made

Jika Anda hanya memiliki sedikit ruang di kamar tidur untuk menempatkan lemari, maka pilihan terbaik adalah memproyeksikan sesuatu yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda itu. Selain akan sesuai dengan selera dan kebutuhan pribadi Anda, juga akan fit dengan area ruangan Anda. Sesuaikan dan nikmati keseluruhan prosesnya: pemilihan bahan, desain dan finishing-nya.

4. Lemari Multifungsi

Terkadang sebuah ruang tidak memiliki cukup space untuk menampung sebuah lemari pakaian atau meja rias. Tapi jika Anda memilih gaya minimalis, maka Anda bisa memiliki keduanya. 

Dengan lemari simpel yang memiliki beberapa detail seperti strip-strip transparan, cermin dan laci kecil berwarna kuning seperti di atas, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan dengan desain yang sempurna untuk ruang yang kecil.

5. Khusus Tempat Penyimpanan

Pilihan terbaik untuk memanfaatkan ruang kosong, adalah membuat sebuah tempat penyimpanan khusus yang memungkinkan Anda memiliki tempat untuk semua barang-barang Anda. Dan untuk melengkapinya, Anda bisa menambahkan beberapa kotak atau wadah plastik dengan ukuran berbeda, yang akan menjaga kerapian barang-barang Anda.

6. Loker Kecil

Jika Anda memiliki rumah yang kecil, maka Anda harus menghindari spot-spot mati di dalamnya. Anda bisa menggunakan koridor atau ruang di bawah tangga untuk membuat lemari penyimpanan untuk barang-barang yang tidak rutin Anda gunakan. Anda bahkan bisa memisahkan barang-barang Anda berdasarkan musim, untuk membuat pengaturan ruang yang lebih baik.

7. Mengoptimalkan Ruangan

 Ruang Ganti by Olivier Olindo Architecte
Olivier Olindo Architecte

Dressing sous mezzanine

Olivier Olindo Architecte

Untuk memanfaatkan ruang di rumah Anda dengan lebih baik, Anda juga bisa menciptakan sebuah lingkungan yang serbaguna. Ingat, rumah Anda bukan area dua dimensi, tapi tiga dimensi. Jadi Anda bisa memanfaatkan ketinggian ruangan untuk mendapatkan tambahan space untuk menyimpan barang-barang Anda.

8. Desain Minimalis (yang) Nyaris Tak Terlihat

 Ruang Ganti by homify

Jika rumah Anda sangat kecil dan membuat Anda hampir tidak memiliki ruang untuk menampung sebuah lemari standar, maka pilihan terbaik adalah membuat lemari built-in. Dengan jenis furnitur seperti ini Anda bisa memanfaatkan ruang dari lantai hingga ke langit-langit, dan membuatnya nyaris tak terlihat jika Anda menggunakan warna atau bahan yang sama dengan lantai Anda.

9. Berjenjang

Beberapa lemari berfungsi untuk menyimpan benda-benda kecil atau benda-benda yang selalu perlu ada di depan mata, seperti sepatu. Dan jika Anda bisa menyediakan sebuah space kecil di dalam ruangan untuk menyimpan sepatu Anda, maka Anda tidak hanya akan mendapatkan keteraturan, tapi juga menghemat waktu saat mencarinya.

10. Manfaatkan Area Dinding

Sebuah ide yang bagus adalah dengan mengeksplorasi area dinding. Anda bisa membangun lemari Anda dengan menggunakan struktur sederhana dan beberapa pengait seperti foto di atas. Hal ini bisa memecahkan masalah penyimpanan pakaian, tas, kalung dan lain-lain, dengan menggantungnya di dinding rumah.

11. Bagian dari Dekorasi dan Furnitur

Untuk membuat visual ruangan menjadi lebih clean, Anda bisa memilih warna yang lebih kalem untuk lemari Anda, sehingga mudah dibaurkan dengan lingkungan sekitarnya seperti dinding, lantai dan beberapa furnitur wajib ada Anda. Pilih warna seperti putih dan abu-abu, yang akan selalu terlihat ramah dan nyaman.

12. Berikan Sedikit Cahaya

 Ruang Ganti by ERRASTI
ERRASTI

VESTIDOR EN DORMITORIO PRINCIPAL.

ERRASTI

Agar lemari Anda bisa tampil lebih stylish, dianjurkan untuk menggunakan cahaya di dalam atau di sekitarnya. Pencahayaan yang lebih baik menjamin ruang yang lebih menarik, disamping memungkinkan untuk memilih pakaian tanpa harus membuka pintunya dan menyalakan lampu di langit-langit. Dengan lampu LED, lemari akan terlihat lebih modern dan kontemporer.

13. Sistem Ditarik

 Ruang Ganti by Trestrastos
Trestrastos

Vestidor con zona de costura.

Trestrastos

Sistem penyimpanan dengan cara ditarik dapat membantu Anda memaksimalkan ruang, dengan manfaat tambahan hanya akan mengambil space saat Anda membutuhkannya. Jika tidak, mereka tetap tersembunyi dan rapi, serta memungkinkan Anda memiliki ruang gerak yang bebas.

14. Tambahkan Tekstur

Anda bisa menambahkan tekstur pada lemari Anda dengan gambar atau goresan warna untuk menyesuaikan dengan keseluruhan lingkungannya. Atau, sebaliknya.

15. Nikmati Semua Ruang yang Ada

Di ruang depan atau area akses di lantai pertama, Anda bisa meletakkan lemari sepatu di bawah tangga dan juga beberapa loker kecil untuk menyimpan jaket Anda di lorong depan rumah yang bebas. Ini akan membuat Anda bisa meraih segalanya dengan mudah, dan rumah Anda akan tampil rapi tanpa perlu menggunakan space di ruangan lainnya.

16. Desain yang Stylish

Tidak masalah jika ruangan Anda kecil, yang penting, jangan sampai kehilangan gaya. Jadi jika yang Anda inginkan adalah ruangan yang cantik, Anda bisa memilih lemari pakaian dengan finishing permukaan glossy, dan menambahkan sedikit cahaya untuk membuat furnitur yang spektakuler.

17. Sesuaikan Desainnya dengan Ruangan Anda

Anda butuh lemari yang lebih besar di rumah Anda, namun ukuran ruangan Anda tidak memungkinkannya. Jika ini terjadi, maka pikirkan bagaimana Anda bisa memanfaatkan ruang yang memiliki bentuk tidak biasa seperti foto di atas, lalu buat sebuah lemari pakaian yang bagus setelah mengukur karakteristik ruangan Anda. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan pakaian, dan Anda masih bisa menggunakan keranjang dan rak untuk mengatur barang-barang Anda dengan lebih baik lagi.

18. Lupakan Pintu!

Pintu bisa sangat berguna untuk menyembunyikan barang Anda. Tapi terkadang, mereka mengambil lebih banyak ruang daripada seharusnya. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengganti pintu Anda dengan tirai kain yang indah dan menyenangkan, untuk mencapai dekorasi klasik dan bahkan elegan, tanpa membuat perubahan besar di ruangan Anda.

19. Berikan Tambahan

Jika ukuran walk-in closet Anda kecil, Anda bisa meletakkan beberapa elemen untuk menutup ruang yang kosong. Contohnya ruang pakaian terbuka yang memiliki lemari kayu, meja rias dengan cermin, dan area untuk menggantung jaket ini, yang seolah-olah itu semua adalah bagian dari ruangan Anda.

20. Hanya yang Dibutuhkan Saja

Furnitur dengan model standar sering dianggap membosankan. Namun nyatanya, mereka bisa tampil lebih elegan dan modern, dengan warna-warna netral dan bahan-bahan alami seperti kayu. Hal ini akan menciptakan ruang yang netral dan harmonis.

21. Gunakan Cermin

Ingin tahu rahasia untuk menciptakan lemari yang nyaris tak terlihat? Sangat mudah. Anda hanya perlu mengganti pintu dengan cermin, dan semuanya akan terlihat seperti tidak ada apa-apa. Perubahan kecil ini akan membantu menciptakan ruangan yang lebih luas. Sempurna!

22. Elegan

Pintu lemari Anda akan menjadi detail yang penting, karena bisa membantu menghias lingkungan tempat mereka ditempatkan. Jadi, pilihlah desain cantik yang selaras dengan keseluruhan dekorasi rumah Anda. Dan untuk keperluan ini, pilihan kayu akan sangat berguna, karena merupakan bahan yang sangat multifungsi dan Anda bisa menghiasnya dengan warna apapun.

23. Satu Tempat untuk Semua

Desain furnitur multifungsi dan multitujuan ini bagus untuk berbagai alasan: furnitur compact, elegan dan bahkan memiliki ruang di atas yang bisa digunakan sebagai tambahan tempat penyimpanan, atau sebagai tempat tidur. Bagus untuk apartemen satu kamar atau untuk kamar tidur bersama, sekarang ada cukup ruang untuk tv, sepatu, buku, sound system, pakaian dan barang-barang lainnya.

24. Menyesuaikan Keperluan Anda

 Ruang Ganti by Regalraum GmbH
Regalraum GmbH

Regalsystem Kleiderschrank WALK-IN

Regalraum GmbH

Lemari praktis dan stylish lainnya yang tidak mahal, dan mudah dirakit. Trek vertikal dapat dibeli di toko-toko perangkat keras manapun, dan membuat Anda bisa memindahkan rak ke atas atau ke bawah, sesuai dengan seberapa banyak ruang yang Anda butuhkan. Pilihan yang bagus jika Anda terus menambahkan barang-barang baru ke lemari pakaian Anda. Serbaguna, modern dan simpel.

25. Inovatif

 Ruang Ganti by Reroom

Sebuah contoh lain dari sudut yang sulit digunakan dan sebuah desain lemari pakaian yang inovatif lainnya. Dengan penambahan rel dan rak pakaian, Anda dapat memanfaatkan struktur yang tidak biasa di rumah Anda. Sertakan juga ruang untuk meja rias dan bangku, dan ruang ini akan menjadi lebih unik. Dan cermin dengan lampu-lampu di sekelilingnya, adalah sentuhan yang berkelas – praktekkanlah di rumah Anda.

Lemari manakah yang paling Anda sukai?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!