Koridor dan lorong by Clean Design

10 Tips Membuat Ruang Cuci Pakaian Di Dalam Rumah

Mamora Basaria Mamora Basaria

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Menempatkan mesin cuci memang cukup tricky. Apalagi jika rumah kita tidak terlalu besar, menentukan area untuk binatu terbilang cukup menantang. Jika salah menempatkan, wah bisa-bisa rumah kita malah terasa sesak, tidak nyaman dan tentu tidak enak dilihat. Nah, pada Buku Ide ini kami memberikan beberapa ide menarik untuk menempatkan mesin cuci. Mari kita intip tipsnya di bawah ini.

1. Dapur Sekaligus Ruang Cuci Pakaian

Untuk Anda yang tinggal di apartemen atau rumah dengan area yang terbatas, ruang multifungsi sangat diperlukan pada hunian yang mungil. Nah, ide ini menggabungkan fungsi dapur sekaligus menjadi ruang binatu, dimana mesin cuci ditempatkan pada kitchen set. Ini supaya tetap selaras dengan dekorasi ruangan Anda. Contohnya seperti dapur ini yang memiliki dekorasi elegan, walaupun menempatkan mesin cuci pada kitchen set.

2. Manfaatkan Sudut Kosong

Ada beberapa sudut ruangan yang masih kosong dan tampaknya bisa dijadikan area mencuci pakaian? Kalau begitu Anda bisa langsung mendekorasinya dan diatur secara fungsional agar dapat digunakan menjadi tempat binatu. Pada sudut ini Anda bisa menambahkan kabinet untuk menyimpan mesin cuci. Lalu pada dinding pasang rak untuk menaruh deterjen, pengharum pakaian, pemutih dan peralatan mencuci lainnya. Agar cantik, Anda bisa mengecat dinding dengan warna yang eye catchy!

3. Atur Secara Horizontal Atau Vertikal

Bila ruang yang tersedia sangat sempit, solusi terbaik adalah menumpuk mesin cuci dan pengering untuk mengoptimalkan ruang. Agarideal untuk mempermudah pada saat mencuci, saran kami taruhlah mesin cuci pada bagian atas dan pengering di bagian bawah.

4. Tambahkan Rak Untuk Menggantung Pakaian

 Koridor dan lorong by Clean Design
Clean Design

Laundry Room

Clean Design

Kita harus pandai mendandani area mencuci agar terlihat menarik. Untuk area mencuci yang terbatas seperti gambar ini, Anda bisa contek ide kerennya, dimana pemilik rumah menaruh mesin cuci bersebelahan dengan pengering menggunakan meja kayu yang dimodifikasi. Karena bagian atas berfungsi menjadi meja, Anda bisa menaruh perlengkapan mencuci diatasnya, dan juga dipasang rak gantung serbaguna. Ide yang sangat kreatif!

5. Sembunyikan Di Lemari Penyimpanan

 Kamar Mandi by Lilian H. Weinreich Architects
Lilian H. Weinreich Architects

Master Bathroom with Laundry Closet

Lilian H. Weinreich Architects

Menyembunyikan mesin cuci pada lemari yang bisa ditutup pintunya, tentu jadi ide briliant! Anda bisa membuat lemari mesin cuci yang ditempatkan di sudut ruangan, pada kamar mandi atau ruangan khusus. Jika budget Anda terbatas, alternatif lainnya bisa ditutupi dengan tirai sederhana.

6. Taruh Di Kamar Mandi

 Kamar Mandi by Polygon arch&des
Polygon arch&des

APARTMENT “VERBI”

Polygon arch&des

Tempat paling sering untuk menempatkan mesin cuci, yaitu pada kamar mandi. Agar efisien dan tidak makan banyak tempat, unit mesin cuci dapat ditempatkan di bawah lemari, di bawah wastafel (jika ukurannya sesuai) atau tempatkan di bawah top table. Namun tetap harus diperhatikan keamanan peralatan listriknya ya.

7. Buat Ruang Khusus Untuk Mencuci

Walaupun kecil, ruangan khusus untuk mencuci sangat penting. Di area ini Anda bisa menempatkan mesin cuci dengan aman dan mencuci dengan nyaman. Manfaatkanlah ruang mungil dengan maksimal, seperti membuat rak gantung serbaguna, rak untuk menaruh keranjang, dan rak peralatan mencuci.

8. Tempatkan Dalam Gudang

 Dapur by Arch. Silvana Citterio
Arch. Silvana Citterio

Ripostiglio per le scope in cucina

Arch. Silvana Citterio

Daripada dibiarkan kosong atau dijadikan tempat untuk menumpuk barang-barang didalamnya, bagaimana kalo gudang mungil atau yang berukuran besar kita ubah menjadi area mencuci. Selain lebih fungsional, sudah saatnya kan kita mengganti tampilan gudang menjadi lebih stylish.

9. Mesin Cuci di Dalam Lemari

 Ruang Ganti by Lilian H. Weinreich Architects
Lilian H. Weinreich Architects

Dressing Room with Laundry Closet

Lilian H. Weinreich Architects

Jika biasanya yang kita simpan di lemari adalah baju, bagaimana jika kita taruhp mesin cuci? Hal ini akan membuat peralatan menjadi lebih terorganisir dengan rapi dan juga menghemat tempat.

10. Tempatkan Di Bawah Tangga

 Dapur by PLUS ULTRA studio
PLUS ULTRA studio

Scala con arredo su misura

PLUS ULTRA studio

Mengapa tidak memanfaatkan area kosong di bawah tangga untuk menempatkan mesin cuci? Jika ukurannya memungkinkan, ide genius ini dapat menghasilkan area mencuci yang menarik, dan tentunya Anda pun bisa menghemat ruang Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!