Ruang Keluarga by dziurdziaprojekt

15 Ide Untuk Memanfaatkan Ruangan Kecil

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Memiliki ruangan yang terbatas bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi untuk mendandaninya menjadi ruangan yang fungsional dengan dekorasi yang menarik. Dengan pencahayaan yang artistik, warna cat dan furniture yang tepat, dekorasi yang kreatif, ruangan mungil Anda bisa menjadi salah satu ruangan yang sangat nyaman di dalam rumah Anda. Nah, pada Buku Ide ini kami akan memberikan beberapa ide menarik untuk memanfaatkan ruangan kecil. Kita lihat yuk satu-persatu.

1. Warna netral

Ada banyak sekali manfaat ketika Anda mendekorasi ulang dan mengecat ruangan dengan warna netral, diantaranya warna netral dapat menenangkan dan membuat kita nyaman. Warna netral gampang untuk desain ruangan apa saja dan mudah jika dipadukan dengan pola apapun. Dan tentunya untuk ruangan yang kecil warna netral akan memberikan visual ruangan yang terasa lebih luas.

2. Cat Ruangan Mungil Dengan Warna Putih

Putih juga menjadi warna netral yang menjadi favorit untuk menghias ruangan. Nah, untuk ruangan mungil memang lebih baik jika Anda mengecat dinding dengan warna putih, dan padukan dengan furniture bernuansa putih juga atau warna yang hangat. Warna ini memang terbukti dapat memberikan efek luas pada ruangan, dan pilihan sempurna untuk ruangan kecil.

3. Furnitur Sederhana

Menempatkan furnitur dengan bentuk yang tidak fungsional memang tidak disarankan untuk ruangan kecil. Solusi terbaik pilih perabotan dengan bentuk sederhana seperti ini contohnya, yang mempermanis ruangan mungil dengan dekorasi dinding yang artistik, permainan lighting dan juga poster yang menghiasi. Jadi tidak terasa ya jika ruang keluarga ini sebenarnya ukurannya tidak besar.

4. Keajaiban Cermin

 Ruang Keluarga by SAS
SAS
SAS

Trik lain untuk memanfaatkan ruangan kecil agar terlihat lebih besar, coba tempatkan cermin dengan bentuk menarik. Selain dapat menjadi aksesoris sempurna, ruangan kecil jadi terasa nyaman dan elegan.

5. Fokus Perhatian

Saat mendekorasi ruangan kecil Anda harus berhati-hati dengan jumlah furnitur dan aksesoris yang Anda masukkan di dalamnya. Jika terlalu banyak menaruh furniture, ruangan akan malah jadi sumpek. Jadi coba tampilkan objek yang mampu menarik semua mata, sehingga mengalihkan perhatian dari masalah ruangan yang tidak luas. Contohnya sebuah sofa dengan warna terang yang dipadukan dengan warna netral, dapat menciptakan efek menarik di ruangan kecil.

6. Pola

Ide kreatif untuk menghias ruangan mungil adalah menempatkan karpet dengan pola yang menarik. Hal ini dapat menciptakan rasa lapang pada ruangan.

7. Ruangan Yang Artsy

Bagaimana jika menggabungkan beberapa ide kreatif untuk mencapai hasil yang spektakuler? Seperti ruang keluarga ini yang mengkombinasikan nuansa monochrome dan colorful, yang diwakilkan oleh perabotan berwarna netral dan kuning, dan juga karpet garis-garis yang membuat ruangan terlihat keren dan super nyaman!

8. Optimalkan Dinding

Menambahkan hiasan atau rak ambalan ke dinding pada ruangan mungil, merupakan cara untuk menghemat kekurangan ruang sambil menambah pesona pada ruangan.

9. Maksimalkan Sudut Ruangan Kecil

Jika sudut ruangan Anda kosong, coba manfaatkan untuk menaruh perabotan yang fungsional pada sudut tersebut, contohnya seperti sudut kerja, sudut bar atau bahkan rak multifungsi.

10. Taman Vertikal

 Ruang Keluarga by Dotto Francesco consulting Green
Dotto Francesco consulting Green

Living Room, parete in verde stabilizzato.

Dotto Francesco consulting Green

Ide kreatif lain yang bisa Anda apilikasikan ke dekorasi ruangan Anda adalah membuat taman vertikal. Konsep ini semakin populer selain memberikan kesegaran, taman vertikal juga menghadirkan sentuhan alam dan warna yang cantik pada ruangan.

11. Furnitur Multifungsi

Seperti sudah kami sebutkan diatas, ruangan mungil memang lebih baik didekor dengan furnitur yang multifungsi, selain praktis, dengan perabotan multifungsi Anda bisa mengoptimalkan ruang sebanyak mungkin.

12. Berikan Kenyamanan Ekstra

 Ruang Keluarga by Bhavin Taylor Design
Bhavin Taylor Design

Hells Kitchen Penthouse

Bhavin Taylor Design

Keterbatasan ruang tidak harus menyiratkan kurangnya kenyamanan pada ruangan tersebut. Kuncinya adalah menyediakan furniture yang menarik dan sangat nyaman. Misalnya sofa empuk yang kita tambahkan dengan bantal dan selimut, hmm akan terasa nyaman bukan?

13. Lampu Lantai

Pencahayaan memang sangat penting untuk membuat ruangan mungil menjadi nyaman dan hangat. Contohnya seperti menempatkan lampu lantai, selain menambah penerangan, lampu ini sangat dekoratif dan tidak menempati banyak ruang.

14. Detail Warna Pada Dinding

Pilihan palet warna pada ruangan kecil harus dibuat dengan hati-hati. Dan salah satu yang jadi favorit kami adalah warna abu-abu gelap yang dipadukan dengan abu-abu terang, yang memberikan suasan hangat, kenyamanan dan ruangan yang cantik.

15. Hiasi Dinding Dengan Banyak Foto

Hal yang juga jadi favorit untuk mendekor ruangan adalah membuat dinding artistik dengan menaruh banyak frame foto, lukisan atau poster. Trik ini tentu berguna untuk menghias ruangan kecil dengan memanfaatkan ruang yang tersedia.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!