Rumah by HYLA Architects

8 Trik Cerdas Manfaatkan Tiap Sudut di Rumah Anda

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Hampir di setiap rumah, pasti ada saja space berlebih berupa sudut dan celah yang cukup sulit dijangkau. Padahal, seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga, tiap meter-persegi yang ada akan terasa amat berharga dan sayang bila tidak dimaksimalkan fungsi keruangannya. Apalagi bila rumah keluarga Anda berukuran minimalis.

Oleh sebab itu, lewat Buku Ide kali ini, Homify akan menunjukkan beberapa trik cerdas a la arsitek kami untuk memaksimalkan fungsi tiap sudut di rumah Anda. Dengan mempraktikkan trik yang solutif ini, rumah Anda akan memiliki ruang penyimpanan yang semakin banyak, sehingga terasa kian lapang. Ayo, simak selengkapnya!

1. Dinding Partisi yang Merangkap sebagai Rak

Saat tinggal di hunian minimalis seperti apartemen, keterbatasan ruang menjadi masalah klasik pertama yang akan Anda jumpai. Akan tetapi, dengan tata ruang yang terencana dengan baik, sebenarnya apartemen mungil Anda bisa kok menjadi hunian yang kompakt sekaligus fungsional. Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Pada apartemen mungil itu, dinding partisi dimanfaatkan sebagai rak sekaligus. Dengan cara ini, ruangan jadi terlihat lebih rapi dan lega sekaligus, bukan?

2. Rak Terbuka

Jika biasanya space di dekat pagar tangga tidak dimaksimalkan dengan baik, pada rumah berikut, hal itu tidak berlaku! Di sini, Hyla Architects memanfaatkannya untuk Home Entertainment Center, di mana TV, DVD, dan aneka console hiburan tertata apik.

3. Rak untuk Sudut Ruangan

Kamar tidur ini tampak cukup menantang. Ukurannya minimalis, namun pemilik rumah harus menyimpan berbagai barang di dalamnya. Nah, rak yang menempel langsung di sudut ruangan seperti yang terlihat pada gambar di atas dapat menjadi solusi untuk hal ini.

4. Laci dan Lemari Bawah Tangga

Selama ini, Anda mungkin beranggapan, ruangan dengan tangga lebih sulit ditata ketimbang ruangan tanpa tangga. Eits, mulai sekarang, buang jauh mindset ini, ya! Anda bisa kok memanfaatkan space kosong di kolong tangga sebagai laci dan lemari.  Dengan begini, ruang penyimpanan di rumah pun semakin banyak, sehingga hunian Anda lebih rapi!

5. Ranjang Fantastis di Sudut Ruang

Ada kalanya, ruangan di rumah cukup sulit diubah penataannya. Nah, bila Anda berhadapan dengan tantangan semacam ini, kreativitas menjadi kata kunci utama untuk membantu Anda mendapatkan solusi terbaik. Contohnya, seperti yang dilakukan INT2ARCHITECTURE pada ruang kamar di atas. 

Pada kamar itu, terlihat bahwa rak buku menyatu langsung dengan ranjang tidur. Ide yang fantastis untuk mengemat ruang sekaligus membuat kamar terlihat unik, ya?

​6. Kamar Mandi Berukuran Mini

Tantangan dalam menata ruang kamar mandi ini adalah ukurannya yang begitu sempit. Nah, profesional kami mengakalinya dengan memanfaatkan ilusi optik cermin untuk menciptakan kesan lega di sana.

7. Rak Dinding di Atas Tempat Tidur

Jangan biarkan dinding di atas tempat tidur Anda hanya menjadi space kosong. Alih-alih membiarkannya seperti itu, akan lebih baik bila Anda menjadikannya lebih fungsional. Misalnya dengan membuat rak untuk menaruh selimut, piyama, dan sebagainya.

​8. Lemari agar Dapur Lebih Rapi

Terakhir, Anda juga dapat menempatkan lemari pada salah satu sudut kosong di dapur. Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Nantinya, lemari itu dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan aneka barang-barang keperluan dapur, agar ruangan itu tak lagi terkesan penuh dan berantakan.

Nah, dari kedelapan ide di atas, mana yang paling Anda sukai? Beri tahu kami di kolom komentar!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!