Jendela by BAG arquitectura

20 Inspirasi Teralis Jendela dan Pintu Sempurna Untuk Rumah Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kita perlu memastikan sudahkah rumah cukup aman bagi para penghuninya. Salah satu cara yang lazim diterapkan adalah memasang teralis pada pintu dan jendela. Teralis membantu kita mengamankan rumah dari gangguan pencuri atau tindakan kriminal lainnya. Memasang teralis di jendela dan pintu juga dapat membantu orang tua menjaga keselamatan anak yang baru belajar merangkak. Dengan memilih gaya dan material yang tepat, teralis bisa menjadi pengaman yang sekaligus mempercantik hunian. Beberapa model teralis jendela dan pintu berikut ini semoga bisa menginspirasi Anda. 

1. Serasi dengan gaya rumah

 Jendela by Marvin Architectural
Marvin Architectural

Neo Classical Design For New Build Family Home

Marvin Architectural

Coba sesuaikan gaya teralis dengan gaya arsitektur rumah, agar jendela tak tampak seperti jendela rumah tahanan. Pada contoh ini teralis menjadi detil pada pintu dan jendela kaca. Dari kejauhan kita tidak akan menyangka bahwa aksen garis putih sebenarnya terpisah dari keduanya.  

2. Teralis besi tempa

Besi adalah material yang dapat ditempa, mudah dibentuk setelah dipanaskan dalam suhu tinggi yang pada akhirnya menambah kekuatan dan daya tahan. Inilah tradisi milenarian untuk menghasilkan teralis dekoratif. 

3. Kisi-kisi baja

Kisi-kisi baja mirip dengan aluminium, tapi mempunyai daya tahan lebih. Kisi-kisi baja bisa disesuaikan untuk kondisi apapun, sesuai dengan bentuk jendela dalam segala jenis gaya. 

4. Teralis jendela depan

Idealnya, teralis dipasang pada jendela dan pintu kaca yang menghadap ke jalan. Sesuaikan motif teralis dengan elemen lain di sekitarnya agar tercipta kesinambungan. Pada contoh ini kita bisa melihat teralis di jendela dan pintu kaca yang serasi dengan motif lantai teras. 

5. Detil simpel

Model teralis ini bisa dipilih bila Anda ingin rumah tetap terlihat menarik dari luar. Dari dalam rumah kita masih bisa memandang keluar dari sela-sela teralis. Detil simpel yang memberikan keamanan tanpa menghalangi pandangan. 

6. Kisi-kisi aluminium

 Jendela by Staino&Staino
Staino&Staino

Porta scorrevole Extralight

Staino&Staino

Aluminium adalah material ringan yang dapat memunculkan keragaman dalam desain teralis jendela. Material ini mudah perawatannya, sangat tahan lama, dan harganya lebih terjangkau bila dibandingkan material lainnya. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tabir jendela kaca atau pintu kaca geser seperti contoh, bila menginginkan keamanan dan privasi. 

7. Teralis kayu

 Jendela by RIBA MASSANELL S.L.
RIBA MASSANELL S.L.

ENTRADA PRINCIPAL

RIBA MASSANELL S.L.

Kayu juga bisa menjadi pilihan material teralis. Material ini cocok untuk semua gaya rumah dan menimbulkan kesan alami. Kekurangannya, material kayu membutuhkan perawatan yang sedikit lebih rumit. 

8. Teralis klasik

Di sini kita melihat model teralis yang dipasang di sisi luar jendela. Lihat bagaimana bentuk teralis serasi benar dengan bentuk jendela dan ornamen gaya klasik di atasnya. 

9. Desain mempesona

Bentuk teralis tidak harus tegak lurus dan berjajar rapat. Pasti Anda tidak menyangka kalau ornamen pada kaca pintu ini terbuat dari logam bukan? Anda juga bisa memasang teralis untuk mengamankan bagian-bagian tertentu pintu atau jendela yang rawan dirusak dari luar. 

10. Motif modern

Sifat material besi yang keras dan kaku bisa diperlunak dengan cara mengaplikasikan motif lengkung atau kurva. Berkat motif lengkung, teralis pada contoh berhasil memperkuat gaya arsitektur rumah yang modern. 

11. Motif geometris

Sebelum memasang teralis, kita sebaiknya telah mempertimbangkan agar jangan sampai teralis menghalangi masuknya cahaya ke dalam rumah. Desain teralis ini bukan hanya memungkinkan masuknya cahaya, tapi juga membentuk bayangan yang eksotis ketika cahaya menyinarinya. 

12. Teralis di tangga

Area di sekitar tangga perlu dilengkapi jendela agar area ini terang di siang hari. Agar lebih aman dari kemungkinan kecelakaan rumah tangga, jangan lupa memasang teralis di jendela. 

13. Teralis di jendela sempit

Kisi-kisi kayu menjadi pelindung yang lembut dan elegan untuk jendela ruangan ini. Pola geometrisnya merupakan alternatif sempurna untuk jendela berbentuk kecil dan memanjang, karena berhasil memberikan efek lebar. 

14. Teralis warna terang

Bila Anda ingin teralis tampil beda, tinggalkanlah warna teralis klasik hitam atau putih. Teralis warna kuning lemon turut memberikan kesegaran pada fasad rumah ini. 

15. Teralis bergaris

Di sini, teralis dipasang di bagian dalam jendela. Motifnya yang simpel disesuaikan dengan fasad rumah yang telah terlihat ramai berkat dinding batu alam. 

16. Teralis untuk jendela kecil

Agar dapat tidur nyenyak tanpa gangguan rasa khawatir, pasanglah teralis di jendela kamar tidur Anda. Cukup tentukan bentuk dan ukuran teralis yang sesuai untuk jendela kecil. 

17. Penghias jendela

 Jendela by Conely
Conely

Ventanas de madera con rejas

Conely

Desain ini bisa Anda pilih bila ingin memberikan sentuhan berkarakter pada jendela. Pengukuran seksama perlu dilakukan agar jendela tetap dapat terbuka lebar meskipun ada teralis terpasang di depannya. 

18. Teralis kayu di pintu depan

Teralis juga berfungsi sebagai pemecah cahaya, agar sinar matahari tidak terlalu menyilaukan mata saat kita berada di dalam rumah dengan pintu dan dinding kaca. Di sini, teralis kayu juga berfungsi sebagai kerai

19. Pengaman area terbuka

Memiliki area terbuka di tengah rumah memang bermanfaat untuk menjaga kualitas udara. Namun area ini bisa menjadi pintu masuk bagi para pencuri saat para penghuni rumah sedang tidak ada. Memasang teralis akan membantu Anda menikmati liburan tanpa diganggu rasa cemas. 

20. Penjamin privasi

Rumah yang berhadapan langsung dengan jalan atau rumah tetangga sangat mungkin menjadi bahan tontonan. Atasi hal ini dengan memasang teralis di sekitar pintu depan, terutama bila fasad depan didominasi oleh dinding kaca. 

Manakah material teralis yang paling ideal menurut Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!