Ruang Keluarga by HEBART MİMARLIK DEKORASYON HZMT.LTD.ŞTİ.

13 Ide Menggabungkan Ruang Tamu, Ruang Makan, dan Dapur Sekaligus

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Akhir-akhir ini, desain tata ruang dalam rumah memiliki gaya baru yang cukup populer. Pada desain baru itu, dapur tak lagi menjadi ruang khusus yang terpisah dengan ruangan lainnya. Bahkan, kini dapur justru sengaja digabungkan dengan ruang lain seperti ruang tamu dan ruang makan, yang menjadi spot di mana tiap anggota keluarga biasa berkumpul. 

Nah, pada Buku Ide kali ini, kami akan menunjukkan 13 ide brilian untuk menggabungkan ruang tamu, ruang makan, dan dapur sekaligus dengan elegan. Penasaran seperti apa? Ayo, simak selengkapnya!

1. Menyatu dengan Efektif dan Nyaman Sekaligus!

Ide pertama, Anda dapat menempatkan kursi dan meja a la bar di antara ruang tamu dan dapur seperti pada contoh di atas. Nantinya, di samping bisa berfungsi sebagai spot untuk menikmati sarapan, kursi dan meja itu juga menjadi space tambahan untuk tempat duduk para tamu Anda saat mereka berkunjung. Eits, tak berhenti sampai di situ, kursi dan meja itu juga sekaligus menjadi pembatas yang manis bagi ruang tamu dan dapur Anda, lho!

​2. Dapur yang Nyaman Berkat Kursi Rotan yang Indah dan Natural

Tak perlu ragu menempatkan meja dan beberapa kursi di ruang dapur Anda selama warna, tekstur, dan ukurannya sesuai. Hal ini akan membuat Anda memiliki space tambahan yang nyaman untuk bercengkrama dengan keluarga maupun para tamu.

Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Dapur itu tampak nyaman dan pas untuk menerima tamu, bukan? Itu terjadi berkat kehadiran kursi dan meja rotan yang disesuaikan dengan interior dapur.

​3. Masterpiece Klasik yang Menakjubkan

Pada desain ketiga ini, Anda dapat menyaksikan contoh sempurna bagaimana satu set kursi dan meja tak hanya membuat suasana dapur lebih fresh, tetapi juga sekaligus menampilkan kepribadian “nyentrik” pemilik rumah. Lihat saja bagaimana desain bernuansa klasik, industrial, dan minimalis disatukan dengan berani di sana.

​4. Kursi yang Nyaman dan Sempurna untuk Tiap Kunjungan

Anda tentu setuju, memberikan tempat istirahat yang nyaman bagi tamu selagi Anda asyik membuatkan hidangan untuk menjamunya adalah alasan utama mengapa ruang tamu perlu berdekatan dengan dapur. Nah, ide di atas adalah jawaban terbaik dalam hal ini.

​5. Manfaatkan Dinding Kaca sebagai Pemisah Antar Ruang

Bila Anda masih ragu untuk memfungsikan dapur sebagai ruang tamu sekaligus, ide berikut layak dicoba. Manfaatkan dinding kaca sebagai pemisah ruang tamu dan ruang dapur Anda. Dengan begini, meski terpisah, ruang tamu dan dapur Anda seolah tetap menyatu, bukan?

6. Perpaduan Nuansa Hitam dan Putih yang Elegan

Tak semua orang memiliki kemewahan berupa space yang luas di dapur mereka. Oleh sebab itu, bila Anda termasuk yang beruntung memilikinya, manfaatkan kemewahan itu dengan baik, ya! Anda dapat menempatkan beberapa meja berukuran besar, lengkap dengan kursi a la bar seperti pada contoh di atas. 

Hmmm, suasana makan dan menjamu tamu tentu jadi terasa lebih mewah!

7. Gaya Bohemian yang Menawan

Jika contoh pada pointers sebelumnya lebih menitikberatkan nuansa modern, contoh yang satu ini begitu unik karena bergaya bohemian. Perpaduan dekorasi dinding, model furnitur yang dipilih, serta candle holder di ruangan ini terlihat cantik dan menawan, bukan?

8. Cukup Letakkan Kursi Tambahan

Terkadang, dapur Anda sebenarnya tidak membutuhkan modifikasi berlebihan. Cukup dengan meletakkan beberapa kursi tambahan saja, seketika tempat itu langsung berubah menjadi ruang yang nyaman untuk kumpul keluarga dan menerima tamu di rumah.

​9. Desain Lengkung yang Cantik

Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat mentransformasi ruang Anda ke dalam tampilan lainnya yang tampak lebih cantik dan jauh dari kesan kaku. Salah satunya, desain melengkung seperti pada gambar di atas. 

Berkat desain spesial ini, ruang tamu dan dapur Anda seolah memiliki batas, meski sebenarnya tak ada dinding pembatas apa pun di sana.

​10. Ruang Makan yang Elegan dan Lengkap

Memilih meja makan dengan jumlah kursi lebih banyak adalah cara termudah untuk menambah tempat bersantai bagi keluarga dan tamu Anda di ruang dapur. Nah, agar perubahan yang Anda lakukan tidak terlihat terlalu mencolok, pilihlah furnitur  bergaya elegan seperti yang terdapat pada contoh di atas.

11. Padukan Kursi dan Bangku

Bila menurut Anda menambah jumlah kursi di dapur akan membuat ruangan tampak sempit, trik berikut ini layak dicoba. Di samping kursi, pilih juga bangku yang menempel ke dinding dapur seperti pada gambar di atas.

​12. Letakkan Kursi dan Meja Makan Langsung di Dapur Anda

 Dapur by nuspace
nuspace

​kitchen extension dulwich with flat roof and open brickwork

nuspace

Trik ini sangat populer dan biasa diterapkan untuk rumah-rumah kecil yang memiliki kendala berupa keterbatasan ruang. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, langsung saja letakkan kursi dan meja makan di ruang dapur Anda. 

Eits, agar dapur tetap terlihat cantik, usahakan untuk memilih kursi dan meja makan yang senada dengan interior dapur, ya.

​13. Beberapa Kursi Tambahan untuk Para Tamu Tak Terduga

Bila Anda dan pasangan memiliki kendala berupa keterbatasan ruang di rumah, sementara ada banyak tamu tak terduga yang bisa datang kapan saja, tempatkan saja beberapa kursi tambahan di area dapur seperti pada gambar di atas.  Asalkan Anda memilihnya dengan jeli, kursi-kursi itu tak akan membuat ruangan terlihat penuh dan sempit, kok.

Nah, itulah 13 ide menggabungkan ruang tamu, ruang makan, dan dapur sekaligus. Mana yang paling menginspirasi Anda? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!