Hotels by Inuk Home Studio

5 Ide Renovasi Rumah Hemat Biaya: dengan Foto Sebelum-Sesudah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Renovasi rumah tidak hanya membutuhkan kerja keras, tapi juga suasana hati yang riang gembira. Siapa yang tidak ingin memiliki sesuatu yang baru di rumah? Mungkin seseorang menimbang dalam hatinya: Apa jadinya bila dinding dirancang secara berbeda? Atau, bagaimana bila gaya furnitur diubah? Dalam waktu tidak lama, pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat Anda ingin mengubah sesuatu dalam rumah Anda. Namun, tahukah Anda apa bagian terbaiknya? Kecuali bila renovasi rumah membutuhkan perubahan struktural pada rumah itu, renovasi dengan hasil memuaskan tak selalu butuh banyak biaya. Dengan sedikit kreativitas dan sedikit material, setiap ruangan dapat menjadi tempat favorit baru secara menakjubkan. Inilah yang akan kami ulas untuk Anda, lima ide luar biasa untuk renovasi rumah yang hemat biaya.  

1. Sebelum: Luas tapi sedikit membosankan

  by Home Staging Studio AP
Home Staging Studio AP

Łazienka przed zmianą

Home Staging Studio AP

Siapa sih yang tidak diam-diam memimpikan sebuah kamar mandi besar hanya untuk dirinya? Mungkin dilengkapi juga dengan bathtub besar untuk mandi berendam dan meregangkan otot-otot. Bagaimanapun, penampilah kamar mandi ini membuktikan bahwa memiliki ruang yang luas ternyata bukan segalanya. Dekorasi kamar mandi ini terlihat kurang menarik, kurang imajinasi, dan ubin kamar mandi terlihat sudah lama. Singkatnya, kamar mandi ini sebenarnya besar tapi membosankan. Sayang sekali bukan? 

Sesudah: Kamar mandi impian

  by Home Staging Studio AP
Home Staging Studio AP

Łazienka po zmianie

Home Staging Studio AP

Setujukah Anda, inilah kamar mandi yang akan membuat siapapun segera merasa nyaman berada di dalamnya? Kenyamanan itu dihadirkan cukup dengan paduan tepat antara fungsionalitas modern dan desain abadi. Bagian terbaiknya lagi adalah: tak satu pun ubin kamar mandi yang dilepas dan diganti. Dengan desain dinding biru abu-abu dan elemen dekorasi berwarna sama, kamar mandi terlihat lebih hidup. Cermin berbingkai kayu turut melengkapi impresi. Sekali lagi, inilah contoh luar biasa bahwa renovasi rumah seringkali hanya membutuhkan sedikit perubahan dan tidak harus mahal. Dengan warna dan dekorasi baru, kamar mandi impian sudah bisa dimiliki. 

2. Sebelum: Sudut fungsional tanpa daya tarik

Tamu yang masuk ke ruangan ini mungkin akan bertanya-tanya, apakah ini ruang tamu atau ruang tunggu? Sofa abu-abu di sudut dinding putih tampak kurang menarik bila dilihat dari meja kaca yang ada di dekatnya. Berdasarkan tampilan langit-kangitnya, ruangan ini memiliki potensi untuk desain yang lebih memikat. Dengan sedikit imajinasi, sentuhan warna dan penataan ulang akan menghasilkan sesuatu yang hebat di sini secara hemat biaya, tentunya. 

Sesudah: Suasana modern

Wow. Mungkin Anda merasa tak percaya melihat penampilan baru ruang tamu ini. Meja kaca dan seperangkat kursi kuno telah diganti, tapi susunan furnitur tetap dipertahankan. Bahkan sofa abu-abu masih berada di tempatnya semula. Berkat rak dinding warna kontras dan perubahan tata cahaya di langit-langit, seluruh ruangan kini memancarkan suasana kehidupan modern. Anda dapat menciptakan sesuatu yang mempesona dengan sedikit sentuhan warna dan banyak sentuhan cahaya. Menakjubkan bukan?  

3. Sebelum: Kamar tidur gelap

 Hotels by Inuk Home Studio
Inuk Home Studio

Antes de la Reforma

Inuk Home Studio

Bahkan untuk mereka yang suka jalan-jalan dan sering tidur di penginapan, kamar tidur ini adalah tempat yang tidak menarik. Kasur besar tanpa tempat tidur dan hanya ada satu lampu. Siapa yang mau tidur di sini? Adalah sebuah kesia-siaan karena atap miring rustic dan jendela gaya rustic sebenarnya mengandung potensi desain kamar tidur yang lebih menyenangkan. Sebaliknya, ruangan ini seperti kamar tidur dalam film hantu. 

Sesudah: Kamar tidur rumah vila

 Hotels by Inuk Home Studio
Inuk Home Studio

Después de Reforma

Inuk Home Studio

Dengan kepastian naluri dan kreativitas tinggi, para profesional dari Inuk Home Studio telah menciptakan rumah gaya country modern impian. Dua lampu kuningan di kanan kiri tempat tidur mendukung kebutuhan desain modern. Penarik perhatian di kamar tidur ini tentu saja adalah jendela gaya country. Bentuk aslinya dipertahankan bahkan setelah renovasi, dan dipoles ulang secara spektakuler dengan warna tren modern turqoise atau biru hijau. Motif bunga cantik pada bantal dan seprei berpadu harmonis secara sempurna dengan lukisan bergambar bunga di kanan kiri jendela. Siapa sangka, ada banyak inspirasi yang membentuk penampilan baru kamar tidur gaya country ini. 

Rumah gaya country berdinding semen ekspos, bisakah tampil mempesona? Lihat jawabannya di sini

4. Sebelum: Tidak kuno, tidak modern

Saat memandang dapur ini pertama kali, mungkin ada banyak pertanyaan di benak Anda. Di satu sisi, dapur ini sudah memiliki pencahayaan sempurna dan furnitur dapur gaya rustic yang potensial. Penyedot asap adalah kontras menarik yang sebaiknya dipertahankan. Namun, gagang pintu lemari dan laci telah sangat ketinggalan jaman. Apalagi penampilan furnitur dapur kelihatan kurang menarik. Dengan begitu banyak hal yang bertentangan, mungkin hanya satu solusinya, yaitu warna. 

Sesudah: Segar, modern dengan sentuhan gaya country

Benarkah ini masih dapur yang sama? Dengan cat warna baru dan gagang baru yang dua-duanya mudah didapatkan, dapur ini tampil meyakinkan. Dapur yang menarik mata, siapapun tak bosan memandangnya. Biru yang menenangkan tampak harmonis sempurna dengan putih yang netral. Bukankah lantai dapur yang telah dipoles ini juga luar biasa? Asal tahu saja, konstruksi dapur ini tidak mengalami perubahan. Demikian pula langit-langitnya. Sebuah metode renovasi yang perlu ditiru. 

5. Sebelum: Teras luas dengan potensi tersembunyi

Teras ini menjadi tempat berkumpul ideal untuk seluruh anggota keluarga. Lantai kayu yang bersanding bersama hijaunya tanaman, apalagi yang kurang? Mungkin yang diperlukan hanyalah sekaleng cat dan ide cerdas yang didiskusikan bersama seorang desainer interior. Kadang-kadang suasana baru hadir berkat implementasi ide-ide sederhana. Begini contohnya…  

Sesudah: Hasil ide sederhana

Sebuah perubahan minimal dengan efek maksimal. Area hijau yang sempit telah didesain berbeda secara keseluruhan menjadi petak-petak berbentuk segitiga. Pot-pot tanaman hias berukuran besar sekarang menghiasi dinding yang tadinya polos. Sangat mudah bukan? Dengan sedikit kreativitas dan material, Anda bisa membuat sesuatu yang indah jadi lebih indah. Selamat mencoba. 

Jangan lupa baca juga ide hemat biaya lainnya: 

10 Cara Hemat Membangun Rumah 

Manakah ide renovasi yang paling cemerlang dari daftar ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!