by Allnatura

15 Ide Brilian Untuk Ruangan Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kita semua pastinya ingin tinggal di rumah besar, lengkap dengan ruangan luas dan mewah. Namun bila ketersediaan dana tidak memungkinkan kita memilikinya, apakah kita harus berputus asa? Agar dapat bertahan hidup di tengah dunia yang terus berubah, manusia harus cepat beradaptasi dengan situasi apapun. Demikian juga ketika kita (misalnya) tidak mempunyai pilihan selain sebuah rumah kecil sebagai tempat bernaung, baik seorang diri atau bersama keluarga. Kenyamanan dan tidur nyenyak bisa kita nikmati dengan beberapa langkah sederhana. Bagaimana caranya? Inilah beberapa saran dari homify. 

1. Tempat tidur lipat

 Office spaces & stores  by GenesisDecor
GenesisDecor

Cama oculta em escritório

GenesisDecor

Dengan tempat tidur lipat kita bisa menghemat lebih banyak ruang untuk keperluan lain. Tempat tidur ini bisa disimpan dalam rak dinding ketika tidak digunakan. Saat dibutuhkan, kita hanya perlu menurunkannya dari dinding. Salah satu profesional asal Indonesia telah menggunakan tempat tidur lipat dalam apartemen studio rancangannya. Silakan melihat ulasannya di sini.

2. Rak tinggi

modern Bedroom by GenesisDecor
GenesisDecor

Prateleiras ajustáveis e varões de trombone para melhor aproveitamento dos interiores

GenesisDecor

Rak atau kabinet tinggi sampai ke plafon menyediakan banyak tempat penyimpanan. Pertimbangkan cara ini untuk mengurangi keruwetan di kamar tidur kecil Anda. 

3. Rak buku dengan pintu geser

Mereka yang hobi membaca pasti tak bisa jauh-jauh dari buku, dan ini akan jadi masalah bila mereka tinggal di rumah kecil. Rak buku seperti pada gambar bisa membantu kita menyimpan buku-buku kesayangan di satu tempat, karena rak semacam ini bisa menampung banyak buku. 

4. Lemari di bawah tempat tidur

Kolong tempat tidur adalah ruang kosong yang bisa dimanfaatkan jadi tempat penyimpanan. Daripada dibiarkan berdebu, tambahkan saja beberapa laci besar di bawahnya untuk menyimpan seprei, selimut, atau pakaian. 

5. Alternatif desain lemari di bawah tempat tidur

Selain tempat penyimpanan berbentuk laci besar, ruang di bawah tempat tidur juga bisa diubah menjadi lemari seperti contoh. 

6. Bufet untuk ruangan berlangit-langit miring

modern Living room by Allnatura
Allnatura

Regalwürfel-System Basella

Allnatura

Perhatikan baik-baik kondisi ruangan sebelum memutuskan furnitur yang tepat. Untuk ruangan berlangit-lengit rendah dan miring, tempat penyimpanan yang sempurna adalah bufet dengan bentuk melebar di bagian bawahnya seperti contoh. 

7. Rak dinding tempel

Rak seperti pada gambar bisa Anda buat sendiri menggunakan papan kayu tebal yang dipasang pada dinding menggunakan bor atau siku-siku sebagai penopangnya. 

8. Tirai tipis warna terang

Tirai berwarna gelap dan tebal bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih gelap dan sempit. Hindarilah hal ini dan pilihlah tirai dari bahan tipis, ringan, dan berwarna terang. 

9. Dapur di dalam lemari

Furnitur dapur semacam ini mungkin masih sulit didapatkan di sekitar kita. Namun dengan bantuan seorang tukang kayu profesional, Anda bisa menghadirkannya untuk rumah kecil Anda. 

10. Rak terbuka

Rak dengan pintu tertutup bisa membuat ruangan terlihat sempit. Pilihlah rak terbuka dari material kayu berbobot ringan agar suasana ruangan terlihat lebih lapang dan lega. 

11. Pintu geser

Pintu konvensional cukup memakan banyak tempat di rumah kecil. Solusinya, pilihlah pintu geser sebagai pengaman dan pemisah ruangan. 

12. Partisi ruangan

 Ruang Keluarga by Anna Clark Interiors
Anna Clark Interiors

Яркая индивидуальность в типовой квартире

Anna Clark Interiors

Partisi atau penyekat ruangan adalah cara sempurna untuk membatasi beberapa area dengan fungsi berbeda dalam satu ruangan. Ada beberapa penyekat ruangan yang terbuat dari bahan tipis sehingga tidak membuat ruangan terlihat lebih sempit. 

13. Rak sebagai dinding

Jangan sia-siakan dinding kosong ruangan kecil Anda. Buatlah rak tinggi untuk menyimpan benda-benda hiasan atau buku-buku sumber pengetahuan. 

14. Fokus pada konsep mini

'Kecil itu indah.' Itulah prinsip yang harus diingat untuk menata ruangan kecil. Dalam hal ini, artinya Anda harus memilih furnitur berukuran kecil karena ukuran ruangan Anda juga kecil. Dengan pemilihan warna yang tepat, ruangan kecil Anda akan tak kalah mempesona. 

15. Warna putih membuat ruangan terlihat lebih lapang

Selain mencerahkan, warna putih juga akan melapangkan penampilan ruangan kecil dan juga hati Anda. 

Manakah ide yang paling sesuai untuk diterapkan di ruangan kecil Anda saat ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!