Koridor dan lorong by iSTUDIO Architecture

12 Inspirasi Rumah Dengan Dinding Batu Bata Ekspos

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Batu bata adalah material yang sudah tidak asing untuk kita. Material ini mudah didapatkan dan mudah pula dimanfaatkan dalam proses konstruksi. Keindahan yang sederhana adalah keindahan yang abadi, itulah ungkapan paling tepat untuk menggambarkan karakter batu bata. Terlebih lagi, batu bata masih menarik perhatian di tengah beragamnya gaya bangunan modern. Bila ingin tahu bagaimana cara memanfaatkan dinding batu bata ekspos untuk mendekorasi rumah, beberapa ide berikut ini semoga bisa memandu Anda. Kali ini, ide yang kami tawarkan adalah cara memperindah rumah dengan dinding batu bata ekspos atau tanpa finishing.   

1. Dinding batu bata dan vegetasi

Area masuk rumah adalah bagian penting untuk menghadirkan dan membentuk atmosfer hangat untuk menyambut siapapun yang datang. Di sini dinding batu bata ekspos yang terbuat dari tanah turut memperkuat atmosfer alami bersama pilar kayu dan atap pergola. Suasana alami itu lebih hidup berkat tanaman merambat yang membentuk semacam peneduh di area masuk rumah. 

2. Solusi area masuk rumah sempit

Bila area masuk rumah Anda tidak luas, jendela yang dilengkapi daun jendela akan membuat rumah Anda terlihat lebih sempit. Di area semacam ini, dinding batu bata ekspos bisa menjadi solusi. Garis dinding batu bata yang horizontal membantu menciptakan ilusi keluasan, sehingga area mungil ini terlihat lebih lebar dan menarik tanpa banyak detil. 

3. Dekorasi koridor

 Koridor dan lorong by IMPAST
IMPAST

MIESZKANIE

IMPAST

Mengapa tidak memanfaatkan kontur unik dinding batu bata ekspos seperti contoh ini? Dinding batu bata menjadi penarik perhatian yang sederhana, serasi dengan lantai parket kayu dan pintu kayu. Pencahayaan yang tepat membuat aksen dinding batu bata jadi lebih memikat. 

Lihat juga tips mendekorasi rumah dengan dinding semen ekspos di sini

4. Sebagai dekorasi utama

Kelebihan batu bata adalah material ini kuat dan fleksibel. Apa yang Anda lihat pada gambar adalah hasil sebuah ide yang awalnya bertujuan menambah ventilasi ruangan sekaligus menjaga privasi penghuni rumah. Lihat bagaimana halusnya teknik yang digunakan untuk membentuk lubang-lubang angin kecil di dinding dan aksen lengkung pada dinding! Dengan cara ini rumah akan jadi lebih terang, sejuk, dan luar biasa menarik. 

5. Dipadukan dengan material modern

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, batu bata adalah material yang fleksibel. Oleh karena itu, dinding batu bata ekspos bukan hanya sempurna untuk rumah gaya rustic, tapi juga rumah gaya modern atau minimalis. Di sini dinding batu bata solid bertekstur kasar terlihat sempurna bersanding bersama jendela kaca, bingkai jendela dari bahan logam, dan bingkai kaca berlapis krom. Sebuah refleksi gaya hunian Rusia modern. 

Lihat juga beberapa inspirasi interior dengan dinding batu bata ekspos di sini

6. Dinding mengambang

Teknik dinding mengambang pada gambar ini jarang sekali kita temukan. Dengan cara ini, bagian atas dan bawah dinding batu bata menjadi terbuka. Sedikit aneh, tapi unik dan menarik. Dinding batu bata ini dibangun dengan perpaduan antara teknik konstruksi konvensional dan pemasangan rangka baja yang tersembunyi di dalamnya. Hasilnya, dinding batu bata ekspos ini tampak seperti melayang. 

7. Bentuk tak beraturan

Mengingat batu bata adalah material yang fleksibel, kita bebas menciptakan bentuk apa saja dengan material ini. Di balkon ini, batu bata dimanfaatkan untuk membuat pilar berulir dan dinding balkon berbentuk lengkung. Detil sederhana membuat ruangan ini menyenangkan untuk dilihat setiap saat. 

8. Dinding batu bata kuning terang

Terinspirasi oleh arsitektur modern yang menonjolkan dekorasi geometris, sang arsitek merancang fasad rumah ini dengan batu bata kuning terang buatan para tukang batu dan jendela berbentuk lingkaran. Dengan ditemani beton ekspos abu-abu, fasad rumah ini memikat dan tiada duanya. 

9. Mirip dinding batu bata ekspos

Anda ingin dinding batu bata ekspos menghiasi rumah Anda, tapi dinding rumah sudah terlanjur dipoles dan dicat? Membongkarnya tentu akan merepotkan dan butuh biaya ekstra. Saat ini telah tersedia ubin keramik dengan bentuk dan warna kecoklatan mirip seperti batu bata. Cara ini akan membantu Anda menghadirkan dinding batu bata ekspos di fasad rumah dengan cara lebih mudah dan hemat, bila dibandingkan menghancurkan dan membangun dinding baru. 

10. Dinding batu bata ekspos membingkai jendela

Pada gambar ini tone batu bata yang digunakan lebih gelap dari contoh-contoh lainnya. Frame dari bahan beton dibuat di sekitar jendela, agar jendela tidak terlihat sama rata dengan jendela. Dengan adanya frame beton, jendela terlihat lebih berdimensi dan tidak semrawut, mengingat jendela dan sisa dinding di antara jendela dicat dengan warna-warna gelap. 

11. Dinding batu bata sebagai fokus perhatian

Mungkin Anda saat ini sedang ragu, benarkah dinding batu bata ekspos bisa memperindah fasad rumah? Bagaimana kalau sebaliknya? Mulailah dengan bagian terkecil di fasad rumah dan mudah menarik perhatian. Anda tidak perlu membuat dinding baru, cukup melapisinya dengan batu bata tempel yang saat ini telah banyak ditawarkan di toko bangunan online dan offline. 

12. Fasad rustic sempurna

Bila Anda telah mantap memilih batu bata sebagai material utama fasad rumah Anda, lakukan yang terbaik agar terpancarlah keindahan. Perhatikan pemilihan material lain yang berpotensi mengurangi kharisma kesederhanaan batu bata. Selain dinding batu bata, ada pintu dan jendela kayu, lantai teras bernuansa coklat, bahkan tanaman-tanaman hijau di fasad rumah. Meski semuanya memiliki karakter berbeda, ada satu hal yang membuat elemen-elemen ini serasi satu sama lain. Kuncinya ada pada warna natural, yaitu merah bata, coklat, dan hijau.  

Manakah inspirasi dinding batu bata ekspos yang paling Anda suka? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!