Ruang Keluarga by Monica Guerra Arquitetura e Interiores

Rumah Minimalis Modern Dua Warna Seluas 400 m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Gaya minimalis modern sepertinya masih akan menjadi primadona di bidang arsitektur di tahun 2018. Meski demikian, tak menutup kemungkinan gaya-gaya desain lain akan unjuk gigi tahun ini. Bila Anda adalah salah seorang yang masih percaya pada keindahan gaya minimalis modern, ulasan rumah karya Monica Guerra Arquitetura E Interiores bisa jadi bahan pertimbangan sebelum menentukan gaya rumah idaman. 

Nuansa gelap dan terang yang saling mengisi

Fasad rumah seluas 400 m² adalah paduan berbagai jenis material. Ada beton, batu bata, kaca, dan kayu dengan paduan warna coklat tua dan putih. Atap datar yang menjadi ciri rumah minimalis diaplikasikan pada ruangan bagian depan dan belakang, sementara atap ruangan di samping rumah adalah atap sandar. Di sini kita bisa mengamati bagaimana pagar menjadi pembatas dan pengaman rumah yang berkarakter. Jendela kaca menjadi bagian pagar bersama teralis kayu bercat putih, menampilkan keterbukaan pada dunia luar dengan tetap menjaga privasi. 

Area masuk rumah

Sebelum masuk ke rumah kita disambut sebuah pintu kayu kokoh dengan furnishing garis-garis. Cat warna coklat tua diaplikasikan untuk menandai area masuk rumah, terpisah dari garasi yang didominasi warna putih. Atap datar yang menaungi garasi dimanfaatkan sebagai balkon, lengkap dengan pagar kaca dan logam berlapis krom. Garasi ini juga menjadi bagian yang tak kalah menarik, karena sebagian areanya beratap pergola dan bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. 

Dapur

Dapur ini kelihatannya kecil, tapi memiliki segalanya. Ada bak cuci piring, kulkas, juga meja dapur yang juga berfungsi sebagai meja makan. Di sini kita lihat ada sentuhan nuansa warna coklat tua dan beige yang harmonis sekali dengan elemen kayu. Sebuah pintu geser menghubungkan dapur dengan area terbuka di halaman belakang. Selain memudahkan keluar masuknya udara dan cahaya, pintu geser adalah gaya pintu yang paling serasi untuk rumah gaya minimalis modern

Dapur tersembunyi

Satu rumah dua dapur, mengapa tidak? Kemungkinan ini bisa dipertimbangkan bila Anda hobi memasak, sering mengadakan acara makan-makan bersama keluarga, atau berencana membuka bisnis makanan olahan di masa mendatang. Kendalanya, salah satu dapur mungkin akan lebih jarang digunakan daripada dapur lainnya. Hal ini pun tidak jadi masalah asalkan dapur tetap kering dan bersih setiap hari. 

Dapur kedua juga dihiasi nuansa warna beige dan elemen kayu. Fitur menonjol adalah meja kustom di samping bak cuci piring yang bisa dipakai untuk menikmati kopi pagi-pagi sendirian saat semua anggota keluarga belum terbangun. Pemanfaatan kayu limbah untuk bangku kayu adalah ide brilian dari sang perancang rumah ini. 

Ruang makan dan ruang tamu

Dari gambar ini tampak jelas bahwa rumah ini menerapkan konsep interior open plan. Tak ada dinding atau pintu yang memisahkan dapur dan ruang makan serta ruang tamu, melainkan semacam koridor dengan jendela kaca dan pemandangan halaman samping. Di sini nuansa warna putih dan coklat tetap dimanfaatkan sebagai warna meja dan kursi makan, sofa, karpet, dan meja televisi, sehingga tercipta kesinambungan antara eksterior dan interior rumah. 

Kamar mandi rustic modern

Rustic yang bernuansa masa lalu bisakah serasi dengan gaya modern yang kekinian? Dua hal yang saling bertentangan bisa 'berdamai' bila telah dipoles dengan nuansa warna yang sama. Kamar mandi ini sekilas mirip dengan kamar mandi lainnya. Ada bathtub, rak moduler kecil, dan dinding berlapis ubin. Namun, meja wastafel berbahan kayu tua seperti pada gambar rasanya tak mudah ditemukan. Apalagi yang dilengkapi dengan kran otomatis dan wastafel mangkuk. Unik bukan? 

Bagaimana pendapat Anda tentang desain rumah ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!