Ruang Keluarga by VVDesign

9 Kesalahan yang Perlu Anda Hindari Saat Mendekorasi Rumah

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Anda tentu setuju, selera adalah hal yang subjektif karena setiap orang memiliki cara pandang dan ketertarikan yang berbeda pada setiap hal. Ini sebabnya, sekalipun dibekali material yang sama, dekorasi yang dihasilkan setiap orang akan tetap berbeda-beda. Akan tetapi, terlepas dari fakta ini, ada beberapa kaidah yang sebaiknya diperhatikan saat mendekorasi rumah agar tiap ruangan terlihat indah dan fungsional sekaligus. Nah, lewat Buku Ide kali ini, kami akan merinci 9 kesalahan yang perlu dihindari saat mendekorasi rumah. Berikut selengkapnya:

1. Mengabaikan Aspek Fungsionalitas

 Kamar Tidur by CCVO Design and Staging
CCVO Design and Staging

DORMITORIO PRINCIPAL

CCVO Design and Staging

Tahukah, Anda? Dari sekian banyak kesalahan dalam mendekorasi, mengabaikan aspek fungsionalitas adalah hal yang paling sering dilakukan. Padahal, apa gunanya memiliki ruangan berdekorasi indah, namun tidak fungsional dan justru membuat orang di dalamnya kesulitan saat beraktivitas?

Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Lampu di kamar yang cantik itu diposisikan terlalu rendah, sehingga berisiko membuat kepala terantuk. Tak hanya itu, letak perabotan di sana juga tidak beraturan, sehingga proses membersihkan kamar jadi rumit nantinya. 

Sewaktu mendekorasi, sebisa mungkin, hindari kesalahan semacam ini, ya. Ingat, bagaimana pun, ruangan dibuat bukan sekadar untuk dilihat, melainkan untuk dihuni dan dibersihkan secara teratur.

2. Memilih Cat Tanpa Pertimbangan Matang

 Kamar Tidur by CCVO Design and Staging
CCVO Design and Staging

DORMITORIO PRINCIPAL

CCVO Design and Staging

Seperti yang kita tahu, warna cat yang diaplikasikan pada dinding bisa menciptakan efek tertentu pada ruangan. Jadi, hindari memilih warna cat tanpa pertimbangan yang matang, ya. Warna yang gelap dapat membuat ruangan tampak sempit. Sementara, warna yang terlalu mencolok akan membuat ruangan jadi membosankan. 

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih warna-warna yang “aman”, seperti warna netral. Saat dinding dicat dengan warna netral, Anda akan lebih leluasa memasukkan beragam aksesori dan tekstil warna-warni. Bila mulai bosan dengan aksesori maupun tekstil di dalam kamar, Anda juga dapat dengan mudah menggantinya dengan warna lain yang Anda sukai.

3. Mengabaikan Rencana Dekorasi Awal

  by RIP3D ARCHVIZ
RIP3D ARCHVIZ

Kitchen corner

RIP3D ARCHVIZ

Perencanaan matang adalah kunci utama dekorasi ruangan yang terlihat sempurna. Setiap dekorator profesional selalu memulai proyek mereka dengan merencanakan semua elemen secara terperinci, mulai dari posisi furnitur, hingga warna dan jumlah aksesori dekoratif. Perencanaan ini biasanya dilakukan menggunakan software komputer yang menghasilkan gambaran real. Contohnya, seperti gambar di atas. 

Dengan gambaran hasil akhir yang akurat, evaluasi desain akan lebih mudah dilakukan. Sehingga, berbagai alternatif dan perubahan yang dibutuhkan dapat direncanakan secara tepat, agar nantinya anggaran yang dikeluarkan tidak over budget.

4. Membuat Ruangan Tampak Overload

Menyertakan terlalu banyak barang ke dalam ruangan akan membuatnya tampak penuh dan tidak elegan. Memang sih, sulit rasanya mengekang keinginan untuk membeli aneka aksesori dan perabotan, terlebih yang tampilannya cukup unik. Namun, ingat ya, elemen visual berlebihan dapat merusak dekorasi, lho. 

Jadi, usahakan tetap fokus dan ikuti rencana yang sudah dibuat sejak awal. Sah-sah saja memasukkan banyak elemen dekoratif pada ruangan favorit Anda. Namun, cobalah untuk tetap memperhatikan keharmonisan ruangan. Misalnya dengan cara mempertahankan koherensi kromatik menggunakan unsur warna lembut dan netral.

5. Memilih Furnitur yang Ukurannya Kurang Sesuai

  by homify

Memilih furnitur yang ukurannya kurang proporsional dengan luas ruangan adalah kesalahan berikutnya yang juga perlu dihindari saat Anda mendekorasi rumah. Saat ukuran furnitur terlalu besar, ruangan akan terasa sempit sehingga menyulitkan orang-orang yang akan beraktivitas di sana nantinya. Sementara, saat ukurannya terlalu kecil, furnitur dapat membuat ruangan terlihat kosong, sepi, dan tampak tidak proporsional. 

Karenanya, ukur dengan teliti setiap furnitur yang akan dibeli dan digunakan sebagai elemen dekoratif rumah Anda, ya. Jangan sampai sudah keluar bujet besar, tapi hasil dekorasi rumah tetap tidak maksimal karena ukuran furnitur kurang sesuai.

6. Membiarkan Kabel Menggelantung Berantakan

Bagaimana rumah bisa terlihat indah bila kabel dari alat-alat elektronik dibiarkan menggelantung berantakan? Tak sekadar mengurangi estetika ruangan, kabel yang dibiarkan menggelantung juga berpotensi jadi tempat debu berkumpul, lho.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, gunakan cable organizers atau pilihlah furnitur yang desainnya memudahkan Anda menyembunyikan kabel alat elektronik di rumah, ya.

7. Menambah Elemen yang Mengurangi Ruang Secara Visual

Menambah sedikit elemen dekoratif pada area langit-langit memang ampuh untuk mempercantik ruangan. Akan tetapi, pastikan elemen dekoratif yang Anda pilih tidak mengurangi ruang secara visual dan membuat ruangan jadi tampak pendek, ya. Kesalahan semacam ini dapat membuat ruangan terkesan sempit, lho.

Hal ini juga berlaku untuk elemen-elemen dekoratif pada dinding. Bila sekiranya hal itu mengurangi ruang secara visual atau membuat ruang terlihat gelap, hindari saja!

8. Menempatkan Tanaman sebagai Elemen Dekoratif secara Berlebihan

Benar sih tanaman dapat dimanfaatkan sebagai salah satu elemen dekoratif agar ruangan terlihat lebih cozy. Eits, tapi jangan menempatkan tanaman di dalam ruangan secara berlebihan, ya. Bagaimana pun, rumah Anda adalah hunian, bukan hutan tropis! Tips lainnya, hindari memasukkan tanaman artifisial ke ruangan Anda. Warna dan bentuknya yang tidak alami justru dapat mengurangi estetika ruangan, lho.

9. Tidak Menentukan Style Sama Sekali

 Ruang Keluarga by homify

Inilah kesalahan terakhir dalam mendekorasi ruangan yang perlu dihindari: tidak menentukan style sama sekali. 

Untuk menciptakan dekorasi yang memukau, sejak awal, Anda harus menentukan style apa yang hendak dieksekusi. Sebab, bila tidak, nantinya hasil dekorasi Anda bisa saja memiliki elemen yang saling bertolak belakang. Tak hanya membuat ruangan tampak kurang selaras, hal ini juga membuat Anda terkesan ragu-ragu dan tak punya kepribadian kuat, lho.

Jadi, sebelum mulai mendekorasi, lihat dan pelajari desain dari beragam style terlebih dulu, ya. Setelah itu, tentukan mana yang estetikanya paling sesuai selera Anda. Dengan begini, Anda dapat menghindari kesalahan dekorasi seperti yang tertera pada gambar di atas.

Nah, itulah 9 kesalahan yang perlu Anda hindari dalam mendekorasi ruangan. Dari kesembilannya, mana yang pernah Anda alami? Coba ceritakan di kolom komentar!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!