Rumah tinggal  by Schreinerei Fischbach GmbH & Co. KG

10 Kelebihan Material Genteng Warna yang Patut Anda Ketahui

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Atap genteng tanah liat tentu sangat akrab bagi kita semua, karena material arsitektur ini telah digunakan secara awam untuk jangka waktu yang cukup panjang. Saat ini, genteng masih merupakan bahan atap favorit karena disesuaikan dengan iklim tropis. Atap genteng memiliki sifat insulasi yang baik, menjaga agar rumah tetap dingin di musim panas dan hangat di musim dingin. Selain itu, dengan bobotnya, genteng juga membantu rumah berdiri kokoh ketika terjadi  badai atau hujan deras. Dengan perubahan masyarakat modern, bentuk atap genteng juga berangsur-angsur berubah, salah satu inovasi baru antara lain adalah atap genteng dengan warna yang secara fisik terlihat cukup mirip dengan atap genteng tradisional. Jika Anda menyukai atap genteng tapi tetap bertanya-tanya apakah ada bahan alternatif sebagai pilihan lain, artikel ini adalah untuk Anda! Pada buku ide kali ini, Homify mengumpulkan 10 keunggulan atap dengan ubin berwarna untuk mengetahui mengapa bahan ini begitu popular saat ini.

1. Berwarna-warni dan Modern

Hal pertama yang perlu disebutkan dan paling menarik dari material ini adalah warna dan corak dari jenis genteng warna. Jika ubin tanah liat tradisional hanya memiliki nada merah atau gelap, maka ubin modern memiliki lebih banyak pilihan. Warna genteng sangat beragam, cocok untuk arsitektur rumah modern. Biasanya, perusahaan ubin warna menawarkan 10-12 warna, dan beberapa bahkan bisa mencampur dua warna pada ubin yang sama.

2. Anti lumut

Keunggulan berikutnya yang membuat genteng warna yang banyak digunakan saat ini adalah kemampuan mencegah jamur. Jika ubin terakota tradisional digunakan dalam jangka waktu lama, mereka akan mudah terselubungi dengan lumut atau jamur. Namun setiap ubin warna dilapisi cat Nano, sehingga tahan terhadap lumut. Karena itu warna genteng selalu menjaga tampilan modern, segar.

​3. Tanpa Cacat

Ubin berwarna memiliki kekuatan lentur yang lebih tinggi, penyerapan kelembaban, ketahanan panas, waterproofing dan lumut cetakan dengan sangat baik. Hambatan air vertikal dan horisontal dari genteng dapat mencegah air meluap melalui atap genteng saat hujan dan berangin. Selain itu, karena ukuran gentengnya, biaya sistem rak atap bisa dikurangi setengahnya.

​4. Tahan Panas dan Kedap Suara

Sama seperti genteng tradisional, ubin warna juga memiliki kehangatan yang membuat musim panas sejuk, musim dingin selalu hangat, panas yang dating dari luar hampir tidak dapat mempengaruhi Anda. Selain itu, genteng berwarna juga akan membantu menjaga rumah Anda jauh dari kebisingan luar. Atap itu sendiri tebal dan kokoh saat dipasang di genteng, yang berarti suara seperti angin dan hujan tidak mengganggu Anda.

5. Hemat Waktu untuk Konstruksi dan Pemasangan

Karena kenyataan bahwa ubin yang tersedia di pabrik, permintaan untuk bahan bangunan sangat cepat. Pada saat bersamaan pemasangan ubin berwarna juga memakan waktu kurang dari genteng tradisional karena area genteng yang lebih besar, dimensinya sesuai dengan standar.

​6. Jaminan ukuran standar

Dengan ubin berwarna, Anda tidak perlu khawatir ubin akan berbeda ukurannya, sehingga menyulitkan proses pemasangan. Karena ubin warna yang diproduksi di pabrik, sehingga sangat sesuai dengan standar, memiliki kepastian produksi produk dengan keseragaman, standar tinggi.

​7. Pilihan Aksesoris Tambahan

Pada lokasi spesifik dari struktur atap memerlukan perlakuan yang berbeda, genteng warna memiliki banyak aksesoris seperti atap tambahan, atau pinggiran yang membuat atap lebih indah di lokasi tersebut

Jangan lewatkan lebih banyak lagi ide mengenai atap dan pergola di sini: 

30+ Ide Pergola dan Atap untuk Halaman Anda yang Harus Anda Lihat Sekarang Juga

​8. Berat yang Lebih Ringan dari Genteng Tradisional

 Rumah by Model Projects Ltd
Model Projects Ltd

Whole House Renovation, Cheam, Surrey

Model Projects Ltd

Teknologi produksi ubin warna hanya muncul di Asia Tenggara pada 5 sampai 6 tahun terakhir. Produk ini terutama dibuat di Jepang, Jerman, Italia. Ubin dengan ukuran rata-rata 330 x 400 x 15 (mm), masing-masing tablet memiliki berat 4 sampai 4, 2 kg dan berat atap 40 sampai 42 kg / m2, 20% lebih ringan dari pada genteng tradisional.

9. Harga Terjangkau

 Rumah by Model Projects Ltd
Model Projects Ltd

Whole House Renovation, Cheam, Surrey

Model Projects Ltd

Di pasar produk bahan bangunan, harga genteng semen berwarna hanya 50-60% dibandingkan dengan harga Atap keramik tanah liat, karena diperkirakan atap tanah liat juga merupakan bahan atap termahal pada tipe saat ini.

Ingin segera memberikan warna yang lebih cerah pada atap Anda? Cepat hubungi ahli atap pilihan Homify untuk pelayanan cepat dan cermat.

​10. Ramah lingkungan

 Rumah by Model Projects Ltd
Model Projects Ltd

Whole House Renovation, Cheam, Surrey

Model Projects Ltd

Poin terakhir yang ingin disebutkan artikel tersebut, adalah elemen ramah lingkungan dari ubin warna. Ubin warna diproduksi dengan teknologi non-baking modern, yang ramah lingkungan dan berkualitas baik, tidak ada keperluan untuk pengkondisian lebih lanjut setelah masa pemakaian.

Dengan 10 keunggulan yang telah kami bagikan, sudahkan Anda tahu mengapa bahan ini begitu populer?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!